Capital Market & Investment

Anak Usaha Surge (WIFI) Terbitkan Obligasi, Raup Dana Segar Rp600 Miliar

PT Integrasi Jaringan Ekosistem (IJE) mencatatkan obligasi di Bursa Efek Indonesia pada Jumat, 5 Juli 2024. (Foto : BEI).

PT Integrasi Jaringan Ekosistem (IJE) atau Weave, anak usaha dari Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI), mencatatkan emisi obligasi perdana senilai Rp600 miliar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat pekan ini. IJE berfokus melakukan ekspansi infrastruktur telekomunikasi dan mengembangkan ekosistem digital di Indonesia yang handal dan terjangkau.

Mayoritas dana yang terkumpul dalam penerbitan obligasi ini digunakan untuk belanja modal (capital expenditure) untuk perluasan infrastruktur konektivitas, dan sebagian kecilnya untuk memperkuat modal kerja perseroan. Obligasi IJE mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) dalam gelaran penawaran umum Obligasi I Integrasi Jaringan Ekosistem Tahun 2024. “Penerbitan Perdana Obligasi I IJE Tahun 2024 ini merupakan salah satu milestone penting perusahaan yang akan menjadi awal dari percepatan pengembangan infrastruktur telekomunikasi yang kami bangun," ujar Hermansjah Haryono, Presiden Direktur IJE di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (5/7/2024).

IJE tetap berfokus menyediakan konektivitas internet yang handal dan terjangkau kepada seluruh masyarakat. "Dengan keunggulan infrastruktur yang IJE miliki dengan kolaborasi yang terus berkembang dengan berbagai partner strategis, kami yakin dapat memberikan konektivitas internet yang handal dan terjangkau bagi 25 juta rumah tangga di Pulau Jawa yang berdampak signifikan bagi transformasi digital dan ekonomi masyarakat," ucap Hermansjah.

IJE terus mempersiapkan diri dalam menghadapi potensi lonjakan kebutuhan konektivitas di masa yang akan datang. Rransformasi digital akan terus tumbuh seiring dengan transformasi ekonomi. Saat ini, IJE telah mengoperasikan 7.000 km infrastruktur backbone serat optik berkapasitas besar di sepanjang jalur kereta serta jalur lainnya di Pulau Jawa.

Perseroan juga telah berinvestasi pada penyediaan bandwidth berkapasitas besar hingga 64.000 Gbps. Dan dalam mendukung aktivitas Cloud Computing ke depannya. Perseroan juga telah membangun dan mengoperasikan 58 Edge Data Center (EDC) yang tersebar di berbagai kota di Pulau Jawa, yang masih dapat ditingkatkan hingga 592 lokasi di Pulau Jawa.

Edge Data Center perseroan telah digunakan Cloud Provider untuk solusi Content Delivery Network (CDN). Seluruh ekosistem digital perseroan yang saling mendukung ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada 25 juta rumah tangga di Pulau Jawa yang dapat berdampak pada perkembangan ekonomi digital ke depan.

IJE melalui induk usaha telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan Nokia untuk mendukung kebutuhan teknologi end to end connectivity perseroan dengan didukung Artificial Intelligent, Machine Learning, Automation, dan User Experience Development untuk mewujudkan 25 juta sambungan internet ke rumah (home connections) dalam 3 tahun ke depan.

Kerjasama ini diharapkan juga dapat berdampak pada perkembangan dunia pendidikan, mendukung pembelajaran jarak jauh, pengembangan keterampilan digital esensial yang akan mempersiapkan generasi muda dalam meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan bangsa.

Seperti yang diketahui Pertamina Gas Negara juga telah menggandeng perseroan dalam Pengembangan Jaringan Pipa Gas dan Penyediaan Layanan ICT untuk Sektor Rumah Tangga dan Komersial bagi 2,5 juta rumah tangga. Kedua belah pihak telah secara resmi menandatangani Key Term Sheet yang merupakan pokok-pokok Perjanjian Kerjasama.

Kerjasama ini diharapkan dapat mempercepat ekspansi jargas dan memberikan nilai tambah atas layanan jaringan gas kepada calon pelanggan yaitu berupa layanan berlangganan internet yang terjangkau sehingga dapat meningkatkan nilai keekonomian proyek jargas. Di sisi lain, perseroan juga telah menyelesaikan tahap pertama pembangunan 200 ribu homepass untuk ISP (Internet Service Provider) lokal.

Pencapaian ini menjadi tonggak penting IJE yang memperluas jaringan infrastrukturnya di seluruh daerah. Rampungnya pembangunan homepass tersebut diharapkan berdampak besar dan positif terhadap pendapatan perseroan di periode mendatang. Perseroan sedang merampungkan kerjasama dengan operator dalam membangun 1 juta homepass sambungan internet tetap (fixed broadband) dalam 1 tahun ke depan.

Kolaborasi dengan berbagai pihak strategis ini menjadi fokus perseroan dalam mempercepat pencapaian visi perusahaan. Perseroan juga telah menjalin kemitraan strategis dengan Qualcomm Technologies, Inc sejak tahun 2023 untuk mengembangkan ekosistem digital di Indonesia melalui pengembangan perangkat yang didukung teknologi terbaru Qualcomm, bertujuan untuk mendukung visi memberikan konektivitas yang terjangkau ke seluruh masyarakat.

Pengembangan infrastruktur melalui penerbitan obligasi ini akan memperkuat posisi IJE sebagai pemain kunci pada industri telekomunikasi. Saat ini, IJE telah memiliki sekitar 200 mitra dan klien dengan reputasi baik di industri telekomunikasi yang diantaranya NTT Indonesia, Starlink Indonesia, My Republic, Lightstorm, Huawei Cloud, Qualcomm, BDDC, Trans Hybrid Communication, Pertamina Gas Negara, dan lainnya. Dengan seluruh perkembangan, kolaborasi, dan integrasi seluruh ekosistem digital, Perseroan siap menjadi tulang punggung konektivitas yang mendukung transformasi digital di Indonesia dan memberikan nilai tambah bagi ekonomi nasional. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved