CSR Corner

BAF Donasikan Lebih dari 20 Ribu Bibit Mangrove pada Tahun 2024

Jajaran direksi dan perwakilan senior management BAF memberikan donasi kepada LindungiHutan, dalam acara penanaman simbolis di Pantai Indah Kapuk, Sabtu (6/7/2024).

Dalam upaya mendukung kelestarian ekosistem mangrove, PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar program Corporate Social Responsibility (CSR) melalui Gerakan Penghijauan BAF ECO Move. Sebagai perusahaan pembiayaan yang fokus pada pembiayaan motor baru Yamaha, BAF mengambil langkah proaktif dalam mengatasi isu lingkungan dan polusi udara melalui gerakan penghijauan yang telah dimulai sejak 2021.

Melanjutkan inisiatif penanaman bibit mangrove pada 2023, tahun ini BAF ECO Move kembali memilih kawasan mangrove sebagai lokasi kegiatan CSR. BAF bertujuan untuk melanjutkan kontribusinya dalam menjaga kelestarian ekosistem mangrove, sekaligus melindungi pesisir dan habitat hewan laut. Penanaman lebih dari 20.000 bibit mangrove ini dilakukan bekerja sama dengan LindungiHutan, sebuah platform crowd planting yang berfokus pada pemberdayaan petani bibit dan penanaman pohon untuk menyelamatkan Indonesia dari krisis kerusakan biosfer dan deforestasi.

Kegiatan penanaman bibit mangrove dilakukan serentak di lima lokasi ekosistem mangrove, yakni Pantai Indah Kapuk di Jakarta Utara, Pesisir Tambakrejo di Semarang, Pantai Bahagia di Kabupaten Bekasi, Hutan Mangrove Mempawah di Pontianak, dan Pesisir Untia di Makassar. Presiden Direktur BAF, Lynn Ramli, menegaskan pentingnya penanaman mangrove untuk melindungi pesisir Indonesia dari erosi dan abrasi serta memberikan dampak positif terhadap kualitas ekosistem yang hidup di sekitarnya.

Penanaman mangrove secara simbolis di Pantai Indah Kapuk oleh jajaran direksi dan perwakilan senior management BAF dilakukan pada Sabtu (6/7/2024). Lynn mengungkapkan, "Gerakan Penghijauan BAF ECO Move merupakan salah satu langkah nyata BAF dalam mendukung upaya pemerintah untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG Nomor 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Sebagai pelaku industri jasa keuangan, BAF turut andil dalam melakukan kegiatan bisnis yang mengedepankan keselarasan terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup."

Pananaman mangrove secara simbolis di Pantai Indah Kapuk oleh jajaran direksi dan perwakilan senior management BAF, Sabtu (6/7/2024). (dok BAF)

Lebih dari 20.000 bibit mangrove yang didonasikan berasal dari dukungan karyawan BAF (BAFers), konsumen BAF (BAF Friends) yang mengajukan pembiayaan selama periode 1 – 31 Mei 2024, dealer resmi Yamaha, dan rekanan BAF lainnya.

Melalui BAF ECO Move, BAF berharap kegiatan ini akan terus berlanjut dan memberikan manfaat luas, tidak hanya dalam peningkatan keanekaragaman hayati, tetapi juga mengurangi konsentrasi karbondioksida di atmosfer yang menjadi penyebab utama pemanasan global. Selain BAF ECO Move, BAF juga fokus pada peningkatan kualitas hidup anak-anak Indonesia melalui program CSR BAF Caring for Children yang rutin dilakukan setiap tahun sejak 2019. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved