Capital Market & Investment

Ada Sentimen Laporan Keuangan Q2, 3 Saham Ini Bisa Jadi Pilihan

Papan saham di Bursa Efek Indonesia. (Foto Vicky/SWA)

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus melejit dengan tren positifnya yang naik sebesar 189,79 poin atau 2,69% dalam sepekan di akhir perdagangan pada Jumat, 5 Juli 2024. Sektor penopang laju IHSG adalah 2 top gainers: IDX INDUST yang tumbuh +6,17% dan IDX ENERGY yang tumbuh positif sebesar +5,86%. Sementara itu, 2 sektor pemberat laju IHSG yakni 2 top losers: IDX HEALTH yang minus sebesar -0,57% dan IDX INFRA yang terkoreksi -0,01%.

Berbicara tentang potensi market pada pekan ini (8-12 Juli 2024), Community Lead Indo Premier Sekuritas (IPOT) Angga Septianus mengimbau para trader untuk memerhatikan sejumlah sentimen.

Pertama, sentimen dari China, dimana kalau industrial production, retail sales, GDP naik dan unemployment turun, ini artinya aktivitas ekonomi di China mulai recover lagi dan bakal jadi sentimen positif buat Indonesia karena berpotensi menaikkan demand outlook untuk energy (batu bara)

Kedua, sentimen dari Indonesia, dimana kalau kalau consumer confidence bagus maka bisa jadi sentimen untuk sektor retail yang dari awal tahun secara kinerja relatif stagnan dibandingkan dengan sektor lainnya. "Ada pula kemungkinan neraca dagang surplus di atas konsensus karena rupiah lemah, ekspor naik dan impor turun. Surplus neraca dagang bisa menaikkan lowongan kerja dan pertumbuhan ekonomi dengan anggaran negara yang meningkat," jelas Angga, Senin (8/7/2024).

Ketiga, sentimen IPO, di mana bakal banyak saham IPO yang listing (GUNA, BLES, ISEA dan GOLF). Biasanya, turnover IHSG akan naik dan market ramai berkat IPO. "Kalau performance saham-saham IPO yang listing minggu depan bagus, perputaran dana di IHSG bakalan gede dan semoga bisa semakin mendorong laju recovery IHSG dari bottom-nya," jelasnya.

Keempat, sentimen ekspektasi laporan keuangan Q2 yang bagus pada emiten ESSA, AUTO dan JPFA. Laba ESSA di Q1 +245% YoY, Laba AUTO di Q1 +9,7% YoY disertai kemungkinan penjualan mobil yang akan naik lagi di Q2 atas ekspektasi analis dan laba JPFA di Q1 +366% YoY.

Berkaca pada sejumlah sentimen dan ekspektasi laporan keuangan Q2 yang bagus, Angga merekomendasikan 3 saham ini untuk trading pada minggu ini:

1. Buy on Pullback AUTO (Support 1.975, Resist 2.120)

Emiten ini rebound cukup cepat setelah membuat pola reversal double bottom. Kenaikannya didukung oleh volume yang besar selama 1 minggu berturut-turut. Emiten ini sedang berada di area resistance 2.100 - 2.150 dan berpotensi untuk koreksi menuju support 2.000 dan membuat pola reversal inverted head and shoulder. Dengan penjualan mobil di Indonesia yang naik dan laporan keuangan untuk kuartal 2 yang berpotensi di atas konsensus analis, AUTO layak untuk ditradingkan.

2. Buy ESSA (Support 775, Resist 845)

Struktur rally - base - rally emiten ini membuat pola bullish pennant dan diakumulasi secara masif. Selling pressure mulai mereda dan konsisten membuat higher low sejak bulan Juni. Jika berhasil breakout dari resistance 820, ESSA berpotensi untuk melanjutkan rally-nya dan uptrend secara jangka menengah - panjang.

3. Buy on Pullback JPFA (Support 1.430, Resist 1.635)

Emiten ini berhasil breakout dengan volume yang masif dari area konsolidasi 1.410 - 1.475. Laporan keuangan Q1 meningkat 366% YoY dan sudah direfleksikan oleh harga sahamnya. JPFA berpotensi kuat untuk melanjutkan uptrend dengan support 1.430 dan resistance 1.635. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved