Strategy

Blu Shaak Bawa Cita Rasa Kopi Korea ke Indonesia

Setelah kehadiran Coffee Shop Blu Shaak di mal Central Park, akan buka di Kemang dan Pantai Indah Kapuk (Foto: Eva/SWA)

Setelah memiliki lebih dari 200 outlet di negara asalnya, Blu Shaak, kedai kopi asal Busan, Korea Selatan (Korsel), ekspansi ke mancanegara. Wilayah yang diincar adalah Asia Tenggara dan Indonesia menjadi negara pertama untuk menyuguhkan cita rasa kopi khas Negeri Ginseng itu.

Di Indonesia, pemegang master franchise Blu Shaak adalah PT Helena Chloe Gracia. “Kami membawa Blu Shaak dari Korea ke Indonesia untuk memberikan pengalaman baru bagi pecinta kopi di Indonesia yang ingin merasakan cita rasa kopi asli dari Korea dengan kualitas tinggi yang dibalut suasana modern dan nyaman. Di antara berbagai pilihan menu, dua minuman signature yang wajib dicoba adalah Shaak Latte dan Peanut Latte. Kedua minuman ini telah mendapatkan tempat di hati banyak pelanggan di Korea,” jelas Jonathan Frankie, Managing Director PT Helena Chloe Gracia di Jakarta (07/07/2024).

Outlet perdana Blu Shaak di Indonesia berlokasi di mal Central Park, Jakarta Barat. “Tahun ini kami akan buka dua gerai lagi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan dan Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara,” ucap Jonathan kepada Swa.co.id seraya mengatakan Blu Shaak membawa cita rasa kopi Korea yang unik dan inovatif dengan menggunakan biji kopi yang didatangkan langsung dari Korea.

Dalam memperluas jaringan coffee shop di dalam maupun luar negeri dengan model bisnis franchise, Blu Shaak mempertahankan autentisitasnya. Mulai dari bahan-bahan, peralatan, cara pembuatan, dan cara penyajiannya sama persis dengan yang di Korsel.

Di Blu Shaak, biji kopinya premium dan di-roasting di Korsel. Kemudian, seluruh prosesnya dari penyimpanan, peracikan, hingga penyajiannya mengikuti standar yang sudah ditetapkan Blu Shaak. Untuk tahap awal pembukaan cabang di Jakarta ini ada barista asli Korea yang datang ke Jakarta untuk transfer knowledge dan keterampilan. Nantinya, ketika sudah beroperasi, juga akan ada proses audit berkala dari mereka untuk memastikan semua proses sesuai standar Blu Shaak. Hal ini diharapkan bisa memberikan pengalaman baru bagi pecinta kopi di Indonesia.

Di Korsel, Blu Shaak pertama kali membuka gerai di Nampo-dong, Busan pada tahun 2019. Produk andalan ada dua. Pertama, Shaak Latte salah satu signature drink yang memberikan rasa gurih dengan perpaduan rich espresso serta krim yang dibuat dengan resep asli Blu Shaak. Kedua, Peanut Latte, minuman khas dengan topping espresso yang kaya rasa dan krim kacang yang gurih menyajikan cita rasa minuman unik. Dalam pembuatannya, Blu Shaak menggunakan tiga jenis biji kopi spesial; Rich “Night” yang menghadirkan rasa kopi lebih tajam, “Sunset” menawarkan perpaduan cita rasa lembut dan asam, dan terakhir “Decaffeinated”.

“Kami berkomitmen untuk menjaga kualitas dan cita rasa yang sama seperti di Korea, sekaligus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan kami di Indonesia untuk dapat merasakan langsung kelezatan Shaak Latte, Peanut Latte, dan berbagai menu yang kami hadirkan,” ujar Jonathan yang enggan membeberkan berapa nilai investasi pembuakaan coffee shop Blu Shaak. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved