Trends

Kini Mitra Driver Gojek Bisa Cicil Harian dengan GoPay Pinjam

Gojek, penyedia layanan on-demand dari Grup GoTo (BEI: GOTO), terus berinovasi untuk mendukung kesejahteraan mitra driver dengan memperluas manfaat program Gojek Swadaya. Di bawah payung Swadaya Finansial, mitra driver kini dapat memanfaatkan berbagai layanan keuangan, termasuk GoPay Pinjam dari PT Mapan Global Reksa, bagian dari GoTo Financial, yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan dan penghasilan harian mereka.

Gojek Swadaya memberikan kemudahan melalui program cicilan harian pada produk GoPay Pinjam, dengan limit pinjaman hingga Rp 15.000.000. Pinjaman ini disesuaikan dengan profil risiko dan kemampuan membayar masing-masing mitra driver.

Gede Manggala, Head of Regions Gojek, menjelaskan, “Kesejahteraan mitra driver dan keluarga dalam jangka panjang selalu menjadi prioritas kami ketika merancang program dan inovasi. Berdiri di bawah program Gojek Swadaya, Swadaya Finansial merupakan salah satu inisiatif dari berbagai upaya meningkatkan akses keuangan yang inklusif dan terpercaya untuk seluruh mitra kami. Dengan program ini, kami berharap mitra driver Gojek bisa terhindar dari pemberi kredit ilegal dan dapat menggunakan produk ini untuk memenuhi kebutuhan dan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.”

Selain menghadirkan layanan finansial, Gojek dan GoTo Financial juga menggelar edukasi finansial pada Juni 2024 yang diikuti oleh lebih dari 1.000 mitra pengemudi Gojek di seluruh Indonesia secara daring. Edukasi finansial ini bekerja sama dengan platform literasi keuangan BigAlphaID yang memberikan materi perencanaan keuangan untuk mitra driver.

“Perencanaan keuangan sangat diperlukan khususnya bagi mitra driver yang penghasilannya tidak tetap agar tidak lebih besar pasak daripada tiang. Saya sering mendapat pertanyaan boleh atau tidak mengajukan pinjaman, jawabannya boleh, asalkan digunakan untuk membeli aset produktif bukan hanya konsumtif, membeli pengeluaran pokok, digunakan ketika jatuh sakit, maupun untuk modal usaha. Perlu diketahui, total cicilan tidak dianjurkan melebihi dari 35% pendapatan untuk menghindari keuangan yang tidak sehat,” jelas Farizy Yunaz, CFP, Perencana Keuangan Bersertifikat.

Untuk memberikan rasa aman kepada mitra driver dan keluarganya, produk GoPay Pinjam menawarkan informasi yang transparan, memberikan pinjaman berdasarkan kemampuan meminjam pengguna, serta berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Gojek juga bekerja sama dengan tim ahli inklusi keuangan independen dari Consultative Group to Assist the Poor (CGAP) oleh Bank Dunia sejak 2022 dalam menghadirkan sistem penilaian kelayakan kredit mitra pengemudi (Driver Credit Scoring) sehingga produk pinjaman yang diberikan bersifat non-predatory atau tidak menjebak.

Selain GoPay Pinjam, Gojek berkolaborasi dengan GoTo Financial untuk menghadirkan berbagai pilihan layanan keuangan, seperti GoPay Tabungan by Jago, GoPay Tabungan Syariah by Jago, dan rekening simpanan di GoPay Tabungan by Jago dengan bunga yang lebih tinggi hingga 3,75 persen. Berdasarkan riset LPEM UI di 2023, pemanfaatan layanan keuangan mitra driver Gojek semakin meningkat tiap tahunnya, dengan tingkat kepemilikan tabungan, mobile banking, dan asuransi kesehatan di atas rata-rata nasional.

Program Gojek Swadaya, yang telah hadir sejak 2016, bertujuan untuk meringankan beban operasional mitra sehari-hari hingga memberikan akses terhadap ragam layanan keuangan seperti tabungan, asuransi, hingga layanan pinjaman yang mudah diakses dan terpercaya. Selain itu, program ini juga menawarkan beasiswa untuk anak mitra driver dan berbagai voucher diskon untuk operasional sehari-hari seperti perawatan kendaraan dan paket data internet. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved