Trends

Yummy Choice Targetkan Penjualan Produk Ready to Eat Tembus Rp 1 Triliun Tahun ini

Burhan Bahar, Special Project Director PT Indomarco Prismatama (Indomaret) (kedua dari kiri) dan Bastari Akmal, Marcomm Executive Director Indomaret (ketiga dari kiri), saat menerima Penghargaan rekor MURI, Penjualan Onigiri Terbanyak Secara Serentak di 5.132 toko Indomaret, di Menara Indomaret (8/7). (Foto: Darandono/SWA).

Agresivitas Yummy Choice, salah satu anak usaha Indomaret yang fokus di bidang makanan cepat saji, kian tak terbendung. Dengan semangat untuk terus berinovasi, Yummy Choice menghadirkan beragam produk ready to eat yang menggugah selera, salah satunya adalah Onigiri, nasi kepal khas Jepang.

Burhan Bahar, Special Project Director PT Indomarco Prismatama (Indomaret), menuturkan bahwa penjualan Onigiri yang diperkenalkan sejak tahun 2018 terus meningkat dan kian disukai konsumen, khususnya anak muda.

Sangat wajar jika Onigiri disukai. Maklum, dari sisi bentuk dan kemasannya pun menarik dan bisa diisi dengan berbagai varian sehingga sangat variatif dan jadi pilihan konsumen baik untuk sarapan maupun bekal sekolah karena makanan ini tidak mengenyangkan. Onigiri semakin diminati masyarakat Indonesia dan menjadi pilihan favorit di tengah kehidupan yang serba cepat. Apalagi Onigiri semakin mudah ditemukan di toko-toko Indomaret di Indonesia.

Saat ini, Onigiri Yummy Choice memiliki 10 varian rasa, antara lain chicken teriyaki, spicy chicken mayo, chicken mayo, tuna mayo, tuna spicy, salmon mayo, daging sapi cincang, spicy salmon, dan salmon teriyaki. Burhan mengungkapkan bahwa ke depannya, Onigiri akan terus menambah varian rasa dengan berkolaborasi bersama para Chef untuk menghasilkan varian kekinian. Selain itu, Yummy Choice juga akan mengadakan berbagai event untuk memperkenalkan Onigiri kepada masyarakat yang lebih luas.

Onigiri menjadi salah satu produk andalan di Indomaret yang penjualannya meningkat dari tahun ke tahun. Sebagai informasi, pada tanggal 28 Juni 2024, telah dilakukan penjualan onigiri terbanyak secara serentak di 5.132 toko Indomaret di seluruh Indonesia. Tahun ini Yummy Choice kembali memecahkan rekor MURI, Penjualan Onigiri Terbanyak Secara Serentak.

Total terjual 104.763 pcs Onigiri dalam satu hari. Produk ini diproduksi dari 10 central kitchen di Indonesia yang didistribusikan ke toko-toko Indomaret dalam keadaan segar.

”Kami menargetkan sampai akhir tahun, jumlah toko yang menjual Onigiri akan meningkat hingga 10.000 toko,” Burhan.

Selain Onigiri yang menjadi produk andalan, Yummy Choice yang telah mengembangkan lebih dari 90 varian produk ready to eat, juga mengandalkan produk Yummy Sosis dan Yummy Fried Chiken. Kontribusinya, menurut Burhan, penjualan Onigiri baru sekitar 20% bagi Yummy Choice, mengingat produk ini baru dijual di 5.132 toko Indomaret di seluruh Indonesia. Berbeda dengan Yummy Sosis, kontribusi penjualan paling besar sekitar 50%. Hal ini sangat wajar karena saat ini Yummy Sosis dijual di 9.000 toko Indomaret, dan yang memberikan kontribusi terbesar adalah Yummy Chicken, sekitar 30%.

Diakui Burhan, penjualan produk Yummy Choice terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, meskipun baru memberikan kontribusi sekitar 1,5% terhadap penjualan Indomaret. Tahun lalu misalnya penjualan produk Yummy Choice sekitar Rp80 miliar-Rp90 miliar per bulan.

“Tahun ini rata-rata penjualan sudah mencapai sekitar Rp120 miliar/bulan. Kami berharap penjualan tahun ini mencapai Rp1,5 triliun,” kata Burhan kepada swa.co.id disela-sela pemberian penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori Penjualan Onigiri Terbanyak Secara Serentak.

Untuk mendongkrak penjualan, Yummy Choice juga menggelar berbagai program loyalitas pelanggan dan promo untuk memberi benefit pada konsumen. Misalnya memberikan potongan harga bagi konsumen yang melakukan transaksi melalui Indomaret Pointku ataupun Klik Indomaret, dan lain-lain. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved