Strategy

Krakatau Sarana Properti Ekspansi di Luar Cilegon

Direktur Utama PT Krakatau Sarana Properti Iip Arief Budiman (Foto: KSP)

PT Krakatau Sarana Properti (KSP) yang merupakan Sub Holding PT Krakatau Sarana Infrastruktur sekaligus cucu perusahaan dari PT Krakatau Steel (Persero), baru saja merayakan HUT ke-3. Perusahaan yang bergerak dalam bisnis non-baja seperti pengelola Kawasan Industri Krakatau, hotel, sport center dan lapangan golf, perumahan, dan restoran ini, sekarang mulai mengembangkan sayap bisnisnya di luar kawasan industri Cilegon, Banten.

Direktur Utama PT Krakatau Sarana Properti Iip Arief Budiman mengatakan, salah satu bisnis KSP yang akan mulai merambah ke Jakarta adalah buka cabang restoran The Surosowan.

“Dalam dua tahun terakhir kami sudah mengembangkan restoran The Surosowan dan The Kaibon di Kawasan Industri Krakatau Cilegon dan respons pasar positif. Karena itu, kami berencana untuk membuka cabang baru The Surosowan di Jakarta yang akan diresmikan bulan Agustus 2024 berlokasi di Kantor Wisma Baja, Jalan Gatot Subroto Jakarta,” kata Iip dalam keterangan tertulis (09/07/2024).

Pertimbangan ekspansi ini, lanjut Iip karena besranya potensi bisnis kuliner di Tanah Air, khususnya Jakarta. Dalam data terkait, industri makanan dan minuman masih terus tumbuh dan diminati oleh investor. Tercatat di periode 2023, perkembangan realisasi investasi di sektor ini mencapai Rp85,1 triliun. Industri makanan dan minuman juga masih bisa tumbuh 4,3% pada tahun lalu.

Iip menambahkan, industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Berdasarkan data BPS, industri ini menyumbang 6,55% terhadap PDB nasional pada tahun 2023.

“Karena itu, KSP optimistis pembukaan cabang baru resto The Surosowan di Jakarta bisa memberikan tambahan revenue baru bagi perusahaan. Optimisme kami ini didukung oleh Gabungan Perusahaan Makanan dan Minuman yang memperkirakan industri ini akan tumbuh 7% di sepanjang tahun ini,” Iip menambahkan.

Menu makanan yang tersaji di The Surosowan merupakan kombinasi dari signature food lokal serta menu internasional seperti, Nasi Campur Surosowan, Sate Sineret, Tomahawk Steak, Salmon Lemon Butter, Korean Chicken Wing, Sate Maranggi, Sop Buntut, masakan daging lainnya, seafood medley serta minuman wedang secang dan wedang uwuh.

Selain mengembangkan resto The Surosowan, KSP juga akan meningkatkan pemasukan dari lini bisnis lainnya antara lain sport center, salah satunya yang tengah dikerjakan adalah memperbaiki driving range yang ada di The Royale Krakatau Golf. Rencana lainnya di bulan Agustus nanti, KSP akan meresmikan proyek perumahan baru yaitu Krakatau Rakata Arum. Perumahan ini nantinya akan menjadi solusi dari kebutuhan properti warga Cilegon dan juga Banten sekaligus menambah pemasukan PT KSP dari sektor unit bisnis properti.

“Kami juga mulai menjalin kerja sama dengan pihak lain untuk membangun properti. Apabila selama ini kami yang menyiapkan ekuitas atau permodalannya, maka nanti bisa berkolaborasi dengan pihak luar,” jelas Iip.

Iip mengapresiasi seluruh karyawan di lingkungannya atas kinerja dan pencapaian yang telah diberikan mereka untuk perusahaan, meski KSP baru berusia tiga tahun. Namun, harapannya perusahaan yang seumur balita ini memiliki kemampuan berlari kencang. Artinya KSP harus bisa maju dan berkembang pesat untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan induk yaitu Krakatau Steel.

“Selanjutnya pada semester dua 2024 ini, kami berencana untuk meminta tambahan investasi guna meningkatkan value dan revenue. Ada 2-3 proyek yang akan dikembangkan selain yang sudah existing. Prioritas adalah proyek yang kami anggap nilai investasinya masih terjangkau, masa pembangunan konstruksi tidak terlalu lama sehingga bisa mendapatkan revenue dengan cepat. Sama seperti tema HUT yang kami usung yaitu ‘Chasing Dreams and Achieving Goals’ tahun2024 KSP akan fokus mengejar mimpi dan mencapai tujuan perusahaan,” Iip menguraikan. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved