CSR Corner

Aqua Mengumpulkan Sampah Plastik 200 Kilogram di Prambanan Jazz Festival

Proses Pengumpulan Sampah oleh Aqua. (Foto : Dok)

Aqua dan tim Prambanan Java Festival mengumpulkan sampah plastik sebanyak 200 kilogram sampah plastik pada penyelenggaraan Prambanan Jazz Festival (PJF) di Yogyakarta pada 4-6 Juli 2024 . Sampah plastik yang telah terkumpul itu dibawa ke reko hub, tempat pemilihan sampah, untuk didaur ulang. Sampah plastik akan dikumpulkan dan diolah kembali menjadi kemasan botol Aqua dan barang plastik lainnya.

Sedangkan sampah non plastik dan organik akan dikelola dan dapat dimanfaatkan kembali seluruhnya sehingga menghindari terbuang ke lingkungan atau berakhir di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA). Komitmen tersebut sekaligus sebagai upaya lanjutan Aqua dalam mewujudkan penerapan Zero Waste to Landfill.

Merek air minum mineral ini merupakan salah satu sponsor utama PJF di tahun ini . Aqua menyediakan air minum berkualitas untuk memastikan para pengunjung tetap terhidrasi dengan baik dan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan selama menikmati alunan musik merdu dari berbagai musisi tanah air dan internasional yang beraksi di panggung PJF. Mereka diantaranya Tulus, Nadin Amizah, Maliq & D'Essentials, Kahitna, Yura Yunita, Queen at the Opera, Javier Parisi, hingga JKT48. “Aqua senang dapat kembali mendukung Prambanan Jazz Festival, salah satu festival musik terbesar dan bergengsi di Indonesia. Mengusung semangat hidrasi sehat dan kelestarian lingkungan, kami berharap para pengunjung dapat menikmati festival ini dengan nyaman, tetap terhidrasi, dan bersama-sama menjaga kebersihan serta kelestarian lingkungan Candi Prambanan yang indah,” jelas Sri Widowati, Vice President Marketing Danone Indonesia dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa (9/7/2024)

Di kesempatan yang sama, Aqua bersama dengan tim PJF turut mengampanyekan aksi pelestarian lingkungan dengan memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan serta penanganan sampah yang baik dan benar. Aqua menyediakan 10 dropbox di area sekitar acara dan menggandeng Rekosistem, perusahaan pengelolaan sampah dan daur ulang, untuk melakukan pengumpulan dan pemilahan sampah.

Candrari Ceri, Project Manager Prambanan Jazz Festival ke 10, mengatakan penyelenggara PJF mengapresiasi dukungan Aqua yang mendukung terlaksananya Prambanan Jazz Festival tahun ini. "Khususnya, upaya edukasi dan pengumpulan sampah di sekitar lokasi yang menjadikan event kami senantiasa ramah lingkungan,” ujar Candrari.

Aqua berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan sehingga keberlanjutan dan kualitas airnya dapat terus terjaga. Komitmen ini ditunjukkan melalui berbagai upaya, termasuk perlindungan sumber daya air yang terintegrasi dari hulu ke hilir. Bersama para mitra, Aqua konsisten melakukan berbagai inisiatif konservasi seperti menanam lebih dari 2,5 juta pohon di berbagai wilayah konservasi di Indonesia, membangun hingga 2.300 sumur resapan, 93.000 biopori, 74 penampung air hujan (PAH), serta mengembangkan 17 taman keanekaragaman hayati untuk menjaga keberlanjutan ekosistem termasuk flora dan fauna endemik.

Aqua aktif dalam mengoptimalkan pengumpulan dan pengelolaan sampah pasca konsumsi melalui gerakan #BijakBerplastik. Kampanye yang dimulai sejak 2018 itu mengembangkan berbagai infrastruktur pengelolaan sampah, memberikan edukasi kepada konsumen dan masyarakat terkait dengan pengelolaan sampah, serta mengembangkan inovasi kemasan ramah lingkungan.

Aqua mengembangkan enam unit bisnis daur ulang (RBU) dan 10 collection center, melakukan pendampingan kepada 26 Tempat Pengolahan Sampah Reuse-Reduce-Recycle (TPS3R), dua Tempat Pemrosesan Sampah Terpadu (TPST) serta lebih dari 60-unit bank sampah. Pada tahun 2018, AQUA juga telah meluncurkan botol Aqua Life yang 100% terbuat dari recycled PET dan 100% dapat didaur ulang kembali. Inisiatif ini berhasil mengumpulkan sampah plastik sebanyak 22 ribu ton per tahunnya yang kemudian didaur ulang kembali menjadi bahan baku kemasan botol baru ataupun produk lain yang memiliki nilai ekonomi. Upaya-upaya ini adalah bukti nyata dari komitmen Aqua untuk menjaga kelestarian lingkungan demi keberlanjutan dan kualitas air yang optimal hingga generasi depan. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved