Trends

Inilah 3 Bank Digital Pilihan Gen Z

Indah Tanip, VP of Research Populix, mengungkapkan temuan riset (Ist)

Bank Indonesia (BI) mencatat nominal transaksi perbankan digital mencapai Rp5.570,49 triliun hingga Mei 2024, meningkat 10,82% secara tahunan. Hal ini menunjukkan adanya pertumbuhan signifikan dalam sektor perbankan digital di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Yang menarik, pertumbuhan ini sebagian besar didorong oleh peran penting Gen Z, generasi pertama yang tumbuh dengan akses internet dan teknologi digital sejak usia muda, yang kini menjadi kelompok generasi terbesar di Indonesia.

Menurut riset terbaru Populix bertajuk “Studi Analisis Ekosistem dan Persepsi terhadap Bank Digital di Indonesia”, terdapat beberapa fitur utama yang dicari oleh pengguna aplikasi bank digital. Fitur-fitur tersebut antara lain keamanan data dan transaksi (31%), fleksibilitas dalam mengakses aplikasi (12%), fitur aplikasi yang lengkap (12%), integrasi dengan layanan keuangan lain (11%), dan adanya promo khusus (10%). Hal ini mencerminkan ekspektasi pengguna terhadap kenyamanan dan keamanan dalam menggunakan layanan perbankan digital.

Riset tersebut juga menunjukkan bahwa SeaBank menjadi bank digital yang paling banyak dipilih oleh Gen Z dengan market share sebesar 57%, diikuti oleh Bank Jago (36%) dan Blu by BCA (26%). Di area Jabodetabek, studi menemukan bahwa responden cenderung menggunakan 2-3 aplikasi bank digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Kecepatan dan kemudahan dalam melakukan transfer dana, integrasi dengan e-wallet dan layanan pembayaran lain, serta fleksibilitas untuk melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja, merupakan beberapa alasan utama yang mendorong Gen Z memilih bank digital.

Indah Tanip, VP of Research Populix, mengungkapkan bahwa SeaBank memiliki positioning yang kuat dibandingkan bank digital lainnya. "Pasalnya berdasarkan survei terlihat bahwa brand awareness Seabank 95%, hal ini terlihat dari 66% responden pernah menggunakannya dan 57% masih menggunakannya dalam satu bulan terakhir. SeaBank dipilih karena banyak fitur-fitur yang ditawarkan seperti bebas biaya admin hingga promo-promo menarik," ujarnya. Selain itu, Bank Jago dipilih karena terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lain, sementara Blu by BCA dipilih karena keamanan aplikasi dan layanan pelanggan yang responsif.

Survei juga memperlihatkan beberapa alasan yang mendorong Gen Z menggunakan bank digital, seperti kecepatan dan kemudahan transfer dana, biaya admin yang lebih terjangkau, serta mendukung berbagai transaksi dalam satu aplikasi. Penggunaan bank digital banyak dilakukan untuk isi ulang e-wallet (54%), transfer antar bank (49%), berbelanja di e-commerce atau platform online (48%), serta transfer antar rekening (47%).

"Oleh karena itu, para pemain bank digital dituntut untuk terus berinovasi memberikan solusi perbankan dan fitur-fitur yang sesuai dengan harapan para nasabah lintas generasi, terutama Gen Z," tambah Indah.

Penelitian Populix dilakukan pada 11-16 Juni 2024 dengan metode survei online terhadap 250 responden laki-laki dan perempuan, di mana 60% adalah Gen Z dan 40% adalah Milenial berusia 17-39 tahun yang berasal dari Jabodetabek, Jawa, Sumatera, dan beberapa kota lainnya. Pertanyaan survei dikemas dalam bentuk kuesioner dengan format pilihan ganda tunggal, pilihan ganda kompleks, dan skala Likert, dengan durasi pengerjaan sekitar 15 menit. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved