Automotive

Ini 5 Tips Membeli Mobil Baru Sebelum ke GIIAS

Ilustrasi. Booth Suzuki di pameran mobil. Sebelum membeli mobil baru, 5 tipa sini bisa menjadi acuan. (dok Suzuki)

Pameran otomotif menjadi waktu tepat bagi masyarakat untuk membeli mobil baru, salah satunya ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang tahun ini digelar lebih awal, pada bulan Juli 2024. Beragam pilihan mobil dan promo menggiurkan akan lebih mudah ditemui, namun, dengan banyaknya opsi mobil yang tersedia, di perlukan navigasi yang mudah sebelum mengambil keputusan pembelian.

Beberpa tips sebelum membeli mobil baru di aantaranya dari perencanaan keuangan, riset, test drive, konsultasi layanan purna jual, serta memanfaatkan promo khusus. Cara-cara tersebut akan memberikan rasa aman serta kepuasan saat mengambil keputusan pembelian.

Pameran GIIAS yang diadakan setiap tahun sering dimanfaatkan pengunjung untuk membeli mobil baru impiannya. Memutuskan membeli mobil baru butuh berbagai pertimbangan namun semua itu bisa direncanakan. Menjelang GIIAS 2024, sejumlah masyarakat sudah memiliki rencana untuk pembelian. Agar calon pelanggan lebih mudah menjatuhkan pilihan paling tepat, kami memberikan panduan termudah dan komprehensif,” kata Harold Donnel, 4Wheels Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales di Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Perbedaan kebutuhan setiap calon pelanggan turut berpengaruh pada pemilihan mobil. Urutan panduan berikut memberikan kemudahan serta dapat memberikan rasa yang lebih aman pada pengambilan keputusan.

1. Pastikan kebutuhan dan tentukan budget yang sesuai

Keberagaman pilihan mobil baru menyajikan fungsi, teknologi maupun fitur yang terkadang menggiurkan, tetapi hanya menjadi pelengkap dari kebutuhan dasar. Sebelum memutuskan membeli mobil baru, sebaiknya pahami inti kebutuhan dasar dan rencana penggunaannya karena dapat berpengaruh pada anggaran yang akan dikeluarkan. Pastikan dana tabungan bisa dialokasikan untuk uang muka ditambah asuransi, hingga pelunasan yang bisa dilakukan secara tunai atau melalui cicilan. Setelah itu, buatlah daftar pilihan mobil sesuai kriteria kebutuhan dan anggaran agar lebih mudah melakukan seleksi.

2. Melakukan riset

Perkembangan media saat ini memudahkan pencarian informasi mengenai ulasan dan rekomendasi dari mobil secara lebih objektif. Riset melalui media berguna untuk mendapatkan berbagai sudut pandang baik dari fitur, teknologi, fungsi, biaya, hingga jaminan purna jual sebagai tambahan bahan pertimbangan. Di tengah maraknya isu hoax karena kemudahan masyarakat untuk mengakses internet, sangat penting memperhatikan sumber bacaan ketika melakukan riset agar informasi diterima secara valid. Suzuki menyarankan para calon pelanggan untuk mempercayakan artikel ulasan dari media ternama serta teruji kredibilitasnya.

3. Lakukan test drive

Melakukan test drive sangat disarankan karena calon pelanggan dapat menguji kinerja mesin, transmisi, maupun kelengkapan fitur lainnya guna memberikan pengaruh pada kenyamanan juga kepuasan berkendara. Melalui test drive, calon pelanggan bisa sekaligus mempelajari hingga mengevaluasi fitur-fitur pada mobil yang diinginkan agar sesuai dengan ekspektasi maupun karakteristik pengguna. Untuk menambah keyakinan calon pelanggan dalam mengambil keputusan, Suzuki menyediakan fasilitas test drive yang dapat dilakukan di dealer maupun ketika pameran mobil berlangsung, misalnya saat GIIAS 2024 di pertengahan Juli mendatang.

4. Tanyakan biaya perawatan

Setiap pelanggan tentu berharap dapat menggunakan mobilnya dalam jangka waktu panjang, salah satunya melalui perawatan secara periodik. Sehingga sangat penting untuk memastikan bahwa layanan after sales telah sesuai dengan kebutuhan dan dapat diakses dengan mudah serta dengan biaya terjangkau. Mengakomodir kebutuhan ini, calon pelanggan dapat berkonsultasi mengenai biaya service, keberadaan bengkel resmi terdekat, ketersediaan suku cadang, dan hal penting lainnya dengan wiraniaga Suzuki.

5. Manfaatkan momentum

Setelah melakukan ke-empat tahapan penting, selanjutnya adalah menentukan saat yang tepat untuk membeli mobil baru. Momentum GIIAS 2024, ini dapat dimanfaatkan untuk meraih lebih banyak keuntungan bahkan hadiah menarik yang ditawarkan para brand, termasuk Suzuki. “Suzuki selalu berkomitmen pada kepuasan pelanggan melalui produk yang memiliki sisi fungsionalitas tinggi dan value for money. Sebagai tambahan keuntungan, kami menawarkan banyak promo pada GIIAS 2024 yang bisa dimanfaatkan oleh calon pelanggan,” tutup Harold.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved