Trends

80,1% Lulusan BINUS University Langsung Berkarier

Wisudawan BINUS University (Ist.)

BINUS University baru saja mengadakan Wisuda 69 pada 10 dan 11 Juli 2024, meluluskan sebanyak 4.441 wisudawan. Acara ini menjadi bukti nyata kontribusi BINUS dalam membantu mengatasi masalah pengangguran di Indonesia dengan mencetak lulusan yang memiliki keterampilan relevan dengan kebutuhan sektor industri saat ini. Sebanyak 80,1% lulusan sarjana telah bekerja, dengan rincian 36,2% di perusahaan global, 19,9% di perusahaan non-global maupun nasional teratas, 17,7% menjadi wirausahawan, 1,3% bekerja di perusahaan startup, dan 5,1% melanjutkan studi.

Dr. Nelly. S.Kom., M.M., CSCA, Rektor BINUS University, menyampaikan kebanggaannya terhadap pencapaian ini. “Sebagai Perguruan Tinggi Indonesia berkelas dunia yang telah 43 tahun berdiri, BINUS University terus melakukan inovasi pembelajaran untuk membantu menyiapkan lulusan berkualitas global dan dapat berkontribusi memberikan solusi atas tantangan yang ada dalam masyarakat global,” tutur Nelly. Dia juga memberikan pesan inspiratif kepada para wisudawan, “Teruslah berjuang, teruslah menanamkan Binusian Values untuk memiliki karakter yang baik, terus menjadi pembelajar seumur hidup untuk berkontribusi membina dan memberdayakan masyarakat.”

Salah satu inovasi yang diusung BINUS adalah Program Kuliah 2,5 Tahun, Langsung Gapai Karier. Program ini memungkinkan mahasiswa untuk menyelesaikan studi dalam 2,5 tahun dan langsung memulai karier impian mereka lebih awal. Mahasiswa dapat memilih salah satu dari tujuh track pembelajaran yang sesuai dengan minat dan rencana karier mereka, yaitu entrepreneurship, research, internship, further study, community development, study abroad, serta specific independent study. Program enrichment ini telah diterapkan sejak 2015 dan menjadi bagian integral dari sistem pendidikan BINUS.

Komitmen BINUS dalam mencetak lulusan berkualitas mendapat apresiasi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem A. Makarim. “Dalam lima tahun terakhir, BINUS University terus berkembang menjadi kampus berkelas dunia yang memberikan kemerdekaan bagi para mahasiswa untuk belajar dan berkarya di luar kampus, sehingga generasi muda kita dapat mengasah kompetensi dan pengalaman yang relevan dalam kehidupan dunia saat ini," tutur Nadiem. “Selamat bagi 4.441 Wisudawan BINUS yang diwisuda hari ini. Saya berharap wisudawan dapat menjadi agen perubahan di mana pun berkarya, berdiri di garda terdepan memberikan kontribusi yang bermakna,” tambahnya dalam sambutan melalui video.

Wisuda kali ini juga menampilkan kisah sukses wisudawan Nadia Tjandra, Binusian 2024 Jurusan Teknik Informatika, yang mengambil jalur internship pada Apple Developer Program @BINUS. Nadia menciptakan aplikasi iOS bernama Circuit Craze yang membuatnya terpilih sebagai Distinguished Winner pada WWDC24 Swift Student Challenge dan diundang ke Apple Park untuk mempresentasikan karyanya di hadapan Tim Cook, CEO Apple.

“Bersyukur mendapat banyak pengalaman ketika kuliah, terutama program enrichment yang membuka peluang bagi saya untuk magang di Apple Developer Academy @BINUS. Saya mendapat banyak ilmu terutama bagaimana membuat aplikasi yang bermanfaat bagi banyak orang,” ucap Nadia.

BINUS University terus berkomitmen membina dan memberdayakan masyarakat dengan menyiapkan generasi muda untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., IPU., turut mengapresiasi BINUS atas komitmennya dalam pengembangan kompetensi dan karakter mahasiswa. “Salah satu nilai yang ditanamkan, luar biasa: integrity, terbukti menyontek akan drop-out, dan alumni yang terjerat korupsi, akan dicabut ijazahnya. Ini super keren!,” tegas Samsuri.

Dengan berbagai inovasi dan komitmen yang kuat, BINUS University terus mencetak lulusan yang siap menghadapi tantangan global dan berkontribusi positif bagi masyarakat. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved