Management

Gunung Bara Utama Giatkan Praktik Penambangan Terbaik ke Karyawan

Seminar mengenai praktik penambangan terbaik digelar PT Gunung Bara Utama (GBU) yang diiikuti pegawai GBU pada Jumat, 5 Juli 2024. (Foto : GBU)

PT Gunung Bara Utama (GBU) dan bersama dengan intansi terkait menekankan pentingnya pengelolaan lingkungan pada kegiatan operasional penambangan sesuai prinsip penambangan yang baik (Good Mining Practice/GMP). Hal ini merujuk Keputusan Menteri ESDM No. 1827 Tahun 2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik, serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) No. 22 Tahun 2021 mengenai Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Adi Rachmani, Pejabat Sementara Kepala Teknik Tambang GBU. mengatakan tata kelola pertambangan yang baik harus memperhatikan lingkungan hidup di sekitar yang sejalan dengan program pemerintah yang mewajibkan perusahaan tambang dapat bertanggung jawab menjaga keberlanjutan lingkungan di area operasional. “Kami yakin bahwa dengan komitmen dan kerjasama dari seluruh pihak, kita dapat mewujudkan pengelolaan lingkungan lestari dan berkelanjutan di masa depan,” ujar Adi pada keterangan tertulis yang dikutip Rabu (10/7/2024).

Untuk menggiatkan praktik GMP ini, GBU menggelar seminar bertemakan Implementasi Kegiatan Operasi Pertambangan yang berwawasan Lingkungan pada Jumat pekan lalu. Kegiatan ini menghadirkan beberapa pembicara dari kementerian serta pemerintah setempat. Beberapa narasumber adalah Inspektur Tambang Kementerian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Andi Luthfi, Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup (PPLH) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kutai Barat, Ery Sulastyo.

Seminar ini diikuti oleh karyawan dan jajaran dari manajemen GBU beserta perwakilan mitra kerja di wilayah operasi GBU. Dialog Interaktif membahas lebih lanjut tentang masalah lingkungan dalam dunia pertambangan. Kegiatan ini menjadi kesempatan seluruh peserta guna menambah pengetahuan untuk dapat diaplikasikan oleh semua pihak.

Seminar yang diadakan GBU ini merupakan rangkaian dari kegiatan yang mengusung tema Tanah Kita, Masa depan kita, Kami adalah #GenerationRestoration. Kegiatan ini selaras dengan tema global untuk restorasi lahan, penggurunan, dan ketahanan terhadap kekeringan. GBU adalah perusahaan pertambangan batubara Indonesia yang didirikan pada bulan Maret 2007. Tambang GBU seluas 5.350 hektare terletak sekitar 60 km sebelah barat Sungai Mahakam, tepatnya di Desa Mantar, Kecamatan Damai, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. GBU mengedepankan keberlanjutan dalam setiap aspek operasional dengan meningkatkan keahliaan dalam kemampuan pemrosesan ekstraksi mineral serta memanfaatkan teknologi mutakhir dan pengalaman manajemen. Sebagai perusahaan tambang, GBU juga memiliki komitmen untuk mencapai standar tertinggi dalam keselamatan dan lingkungan. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved