Technology

Alibaba Cloud Akselerasi Penerapan AI Generatif di Indonesia

Sean Yuan, General Manager of Indonesia, Alibaba Cloud. (Foto: Jeihan Kahfi/SWA)

Kecerdasan buatan (AI) generatif telah mendapatkan banyak perhatian dalam beberapa waktu terakhir. Diperkirakan AI generatif akan terus mengalami pertumbuhan, seiring dengan semakin meningkatnya kemajuan dalam pembelajaran machine learning. Selain itu, model dan kemampuan akan dilatih dengan lebih banyak data, sehingga menghasilkan tools AI generatif yang lebih kuat.

Berdasarkan Statista Market Insights, market size AI generatif diproyeksikan mencapai US$204,60 juta pada tahun 2024 dan diperkirakan tingkat pertumbuhan tahunan (CAGR 2024-2030) sebesar 46,48%, menghasilkan volume pasar sebesar US$2,021,00 juta pada tahun 2030. Sebagai perbandingan global, ukuran pasar terbesar berada di Amerika Serikat (US$11,66 miliar pada tahun 2024).

Untuk menangkap peluang tersebut, Alibaba Cloud sebagai penyedia layanan cloud publik menunjukan komitmennya untuk mempercepat adopsi AI generatif di Indonesia melalui serangkaian inisiatif baru.

Inisiatif-inisiatif ini mencakup perluasan kemitraan AI lokal, menghadirkan lebih banyak perangkat pengembangan AI, dan meluncurkan program pelatihan bakat digital AI yang baru. Upaya ini bertujuan untuk memberdayakan bisnis dan masyarakat Indonesia agar dapat memanfaatkan peluang besar yang ditawarkan oleh teknologi transformatif terkini.

"Dengan membangun ekosistem AI yang kolaboratif, menyediakan perangkat pengembangan canggih, dan membina talenta-talenta lokal, Alibaba Cloud bertekad mendorong perjalanan Indonesia menjadi pemimpin dalam ruang AI generatif," kata Sean Yuan, General Manager of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence dalam konferensi ‘Indonesia AI Conference 2024’ di Jakarta, (10/7).

Alibaba Cloud akan berfokus tiga penggerak utama adopsi AI generatif yakni kemampuan model dasar yang canggih, pengembangan software mutakhir untuk pemanfaatan large language model, dan solusi infrastruktur yang hemat biaya.

"Untuk membantu pelanggan kami lebih baik dalam memanfaatkan kekuatan AI generatif dan meningkatkan adopsi kemajuan teknologi, kami akan berfokus dalam menyediakan lebih banyak sumber daya AI yang lebih komprehensif melalui ekosistem lokal kami yang berkembang, alat dan solusi baru yang mempermudah pembuatan aplikasi, serta daya komputasi AI yang lebih mudah diakses dan hemat biaya," tambah Yuan.

Alibaba Cloud secara aktif membangun ekosistem mitra AI yang kuat di Indonesia supaya bisa menyatukan para penyedia teknologi terkemuka dari berbagai sektor untuk memicu inovasi dan kolaborasi bersama. Alibaba Cloud lebih lanjut memberdayakan mitra-mitra ini dengan solusi cloud yang komprehensif, dukungan teknis khusus, dan sumber daya yang luas untuk memfasilitasi pertumbuhan dan kesuksesan para mitra.

Di konferensi ini, Alibaba Cloud memperkenalkan tiga mitra baru ke dalam ekosistem yang terus berkembang. Ketiganya adalah:

Pertama, Lenna.ai: merevolusi pengalaman pelanggan untuk berbagai merek melalui solusi berbasis AI yang canggih.

Kedua, Xquisite.ai: menyediakan solusi pengalaman pelanggan yang didorong AI untuk meningkatkan interaksi dan mendorong pertumbuhan bisnis.

Dan ketiga, Mapid: menghubungkan berbagai data spasial dari sumber terpercaya untuk memberikan wawasan analisis lokasi optimal, membantu bisnis dengan visualisasi yang ditingkatkan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved