CSR Corner

ITDC Ajak Anak-Anak Menelusuri Destinasi Wisata

School Holiday Campaign oleh ITDC

Memeriahkan hari libur sekolah, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC menggelar kegiatan School Holiday Campaign bertajuk Bringing Holiday Smiles to Everyone yang digelar di dua kawasan ITDC, yaitu The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, Lombok Tengah.

Kegiatan kampanye ini mengajak 14 anak dari desa penyangga di sekitar kawasan ITDC untuk ikut berkeliling area kawasan menjadi bagian selebrasi periode liburan sekolah pada Juni - Juli 2024. Kegiatan di The Nusa Dua, Bali telah berlangsung pada Kamis pekan lalu.Sedangkan kegiatan di The Mandalika, Lombok Tengah digelar pada Rabu kemarin.

Anak-anak diajak berkunjung ke salah satu hotel bintang lima sebagai perkenalan kawasan The Nusa Dua selanjutnya anak-anak juga diajak mengunjungi Posko Pemadam Kebakaran ITDC untuk edukasi tentang bahaya api dan cara memadamkan api, serta memperkenalkan mobil pemadam kebakaran oleh Tim pemadam ITDC. Untuk memperkaya wawasan anak-anak, mereka diajak untuk mengunjungi Museum Pasifika yang menampilkan kebudayaan Asia dan Pasifik melalui berbagai artefak budaya.

Kegiatan dilanjutkan, dengan berkunjung ke Destinasi Tujuan Wisata (DTW) Water Blow, tempat wisata alam dengan deburan ombak besar di antara karang yang menciptakan efek dramatis semburan air ke udara. Mereka juga menikmati panorama samudera yang biru dan jernih, memberikan pengalaman berwisata yang tak terlupakan. Setelah mengelilingi destinasi lainnya, anak-anak melanjutkan perjalanan ke shopping center Bali Collection, The Nusa Dua, mengunjungi stand kebudayaan Sawelas Nusantara Bali Collection (Studio Seni) yang mengajarkan seni melukis wajah, memainkan gamelan rindik, membuat canang/sajen, serta edukasi mengenakan kamben bagi perempuan dan busana adat bagi anak laki-laki. Bali Collection menjadi rekreasi terakhir yang ditawarkan kepada anak-anak, ditutup dengan menikmati Es Krim Gelato berbagai rasa yang menyegarkan.

Dalam rangkaian InJourney Holiday School di The Mandalika ini, kegiatan melibatkan 25 anak dari program Mandalika Child Learning Center (CLC) yang merupakan program Tanggung Jawab dan Lingkungan (TJSL) ITDC yang bergulir sejak Oktober 2023. Selain itu, terdapat tambahan berbagai games seru seperti ular tangga, tebak kata, tangkap ekor yang digelar di area Bazaar Mandalika dan Kuta Lane, kawasan The Mandalika. Ada juga pembagian makanan bernutrisi seperti susu, roti, biskuit, dan puding yang merupakan kerjasama ITDC dengan Yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI), yang berfokus pada pendidikan anak-anak dan peningkatan perekonomian masyarakat.

Direktur Utama ITDC Ari Respati menyatakan kegiatan itu dirancang untuk memberikan pengalaman liburan yang berkesan dan menyenangkan untuk anak-anak dan masyarakat lokal. "Berbagai kegiatan dan selebrasi seru untuk anak-anak yang diselenggarakan di dua kawasan yang kami kelola,” tuturnya seperti ditulis swa.co.id pada Kamis (11/7/2024).

Program Mandalika CLC menawarkan fasilitas edukatif informal gratis bagi para pedagang asongan anak-anak, masyarakat lokal, maupun wisatawan di sekitar kawasan The Mandalika. Program edukatif ini meliputi kelas bahasa Inggris, bahasa Prancis, ekoliterasi, dan keterampilan kreativitas.

Kegiatan ini menawarkan serangkaian kegiatan yang menghibur dan edukatif, termasuk workshop kreatif, pertunjukan seni, kompetisi anak, dan berbagai atraksi menarik lainnya. "Kami berharap melalui kampanye ini, dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan memberi inspirasi bagi anak-anak untuk terus menjelajahi dan menghargai keindahan destinasi pariwisata Indonesia. Terima kasih atas partisipasi dan dukungan dari semua pihak yang turut serta menjadikan liburan sekolah ini lebih berarti dan berkesan kepada generasi muda,” ujar Ari. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved