Management

SCG Menautkan Prinsip ESG di Lini Operasional

Smart Grid Intellegent Network untuk manajemen energi. (dok SCG)

SCG, perusahaan Asia Tenggara dengan lini bisnis utama Cement & Green Solutions, Smart Living, Decor, Distribution & Retail, Packaging, Chemicals, Cleanergy (Clean Energy), Logistics, Deep Technology & Digital, dan Investment, bertekad menerapkan dan mematuhi tata kelola di atas semua operasinya. Ini sebagai komitmen berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas hidup setiap pemangku kepentingannya, mulai dari pelanggan, karyawan, hingga komunitas.

Komitmen tersebut tercermin dalam landasan operasi Perusahaan, ESG 4 Plus, yang dipersonalisasi dari kerangka kerja ESG (Environmental, Social, dan Governance). ESG 4 Plus menitikberatkan pencapaian net-zero tahun 2050, pembangunan dan percepatan industri hijau, pengentasan kesenjangan sosial, dan kolaborasi antar pemangku kepentingan, dengan penekanan pada ‘Keadilan dan Transparansi’ sebagai poin Plus. “Praktik tata kelola yang berintegritas dan berkelanjutan Perusahaan telah menempatkan kami sebagai salah satu pemimpin bisnis terkemuka di kawasan Asia Tenggara, yang berkomitmen memenuhi kebutuhan pelanggan dengan pendekatan pembangunan berkelanjutan,” kata Warit Jintanawan, Country Director SCG di Indonesia pada siaran pers di Jakarta, Kamis (11/7/2024).

Sejak pertama kali berdiri pada tahun 1913 hingga kini terus melebarkan cakupan bisnis ke berbagai lini, SCG mengklaim berkontribusi terhadap pembangunan setiap negara dan komunitas tempatnya beroperasi sebagai prioritas utama, dengan memastikan setiap aktivitas berjalan secara transparan, akuntabel, dan efisien. Hal ini kami lakukan melalui kepatuhan terhadap berbagai kebijakan yang diberlakukan di semua negara dan lini bisnis, baik di internal maupun eksternal Perusahaan.

Selama beroperasi, Perusahaan telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan yang memengaruhi baik bisnis maupun pemangku kepentingannya. Namun, kepercayaan bisnis SCG selalu sesuai dengan Nilai Inti SCG yakni Kepatuhan terhadap Keadilan, Dedikasi pada Keunggulan, Kepercayaan pada Nilai Individu, dan Kepedulian untuk Tanggung Jawab Sosial.

Kode Etik SCG wajib dipatuhi oleh semua karyawan di semua level, dan Perusahaan mendorong seluruh karyawannya untuk menjadi panutan satu sama lain dalam setiap praktik Kode Etik SCG. Setiap tahunnya, Perusahaan pun rutin menyelenggarakan Ethics e-Testing sebagai mekanisme asesmen wajib untuk memantau dan menguji pengetahuan dan aplikasi karyawan di semua lini bisnis terkait Kode Etik SCG dengan skor 100% sebagai syarat kelulusan. Melalui tes rutin ini, Perusahaan dapat konsisten meninjau pengetahuan karyawan demi memitigasi kesalahpahaman kolektif dan mengidentifikasi potensi risiko.

Dalam melindungi data pribadi pemangku kepentingannya, Perusahaan pun telah memasuki era baru dalam tata kelola data pribadi, yakni dengan menerapkan kebijakan internal berstandar Undang-undang Perlindungan Data Pribadi yang berlaku di Indonesia dan Thailand. Salah satu anak perusahaan SCG di lini retail, PT Renos Marketplace Indonesia, baru-baru ini mengesahkan penerapan standar ISO 27001 sebagai sistem manajemen keamanan informasi yang memberlakukan enkripsi data dan mitigasi risiko kebocoran data pelanggan.(*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved