Prestasi Junior Indonesia Dorong Pelajar Berwirausaha
Prestasi Junior Indonesia (PJI) sebagai anggota organisasi non-profit global, Junior Achievement (JA) Worldwide di bidang pekerjaan dan kewirausahaan generasi muda, kembali menggelar ajang tahunan ‘PJI Company of the Year Competition (PJI COY) 2024’.
Ajang ini menjadi gerbang awal bagi wirausaha muda terbaik dari 11 SMA dan SMK di berbagai daerah di Indonesia menuju kompetisi wirausaha tingkat Asia Pasifik di Tokyo, Jepang, dan juga tingkat global di tahun 2025. Program edukasi kewirausahaan ini memperoleh dukungan dari Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks Indonesia, dan AIG Indonesia.
Untuk membekali pengetahuan, keterampilan, dan motivasi kewirausahaan melalui program Student Company, para siswa didampingi secara intensif sekaligus didorong agar dapat membentuk tim, mengembangkan ide dan strategi, serta mengoperasikan bisnis di sekolah untuk kemudian berkompetisi di tingkat nasional sejak Agustus 2023. Pada periode sebelumnya, program Student Company berhasil mengedukasi 1.336 siswa di 15 kota serta melahirkan 55 bisnis baru yang mengontribusikan total pendapatan bisnis hingga Rp 545 juta (total omzet selama 4-6 bulan beroperasi).
Pribadi Setiyanto, Ketua Dewan Pengurus Prestasi Junior Indonesia, mengatakan Student Company dan PJI COY tahun ini menitikberatkan pada keseimbangan antara profitabilitas, keberlanjutan, dan optimasi teknologi pada bisnis.
“Siswa didorong untuk menggali kreativitas dan inovasi tanpa batas dalam menciptakan peluang ekonomi baru yang mengedepankan etika dan kontribusi sosial ekonomi. Dengan fokus ini, kami berharap bisnis yang mereka rintis dapat memberikan manfaat untuk masyarakat serta unggul di kancah internasional,” ujar Pribadi dalam pameran bisnis Student Company di Kota Kasablanka, Jakarta, (13/7).
Pada kesempatan yang sama, Heriyanto A. Putra, Wakil Presiden Direktur PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (Zurich Indonesia), mengungkapkan, “Bersama PJI dan dengan dukungan dari Z Zurich Foundation, kami akan memperluas kesuksesan program edukasi ini dengan melibatkan lebih banyak siswa, guru, dan sekolah di periode implementasi berikutnya. Kami melibatkan karyawan untuk menjadi mentor para siswa dalam membangun bisnisnya.”
Dalam PJI Company of the Year Competition 2024 ini, dewan juri yang datang dari kalangan akademik, pengusaha dan profesional bisnis mengevaluasi kinerja bisnis para siswa secara komprehensif, termasuk pembelajaran yang diperoleh dari partisipasi mereka dalam program Student Company. Selain penghargaan PJI Company of the Year, kesebelas tim juga memperebutkan tiga penghargaan baru tahun ini, yaitu Best Financial Management, Sustainability Excellence, dan Best Use of Technology.
Melalui proses pembelajaran dengan pengalaman langsung, para pelajar dibinda untuk mendirikan dan mengoperasikan sebuah perusahaan di sekolah. Hal ini termasuk menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, menjual produk, hinga likuidasi perusahaan. Para pelajar diberdayakan untuk memenuhi kebutuhan serta memecahkan masalah di komunitas dan lingkungan melalui bisnis mereka. (*)