Raih SPK 833 Unit, Penjualan Mazda di GIIAS 2024 Lampaui Ekspektasi
PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), sAgen Pemegang Merek (APM) dan distributor kendaraan Mazda di Indonesia, membukukan penjualan mobil lebih dari 800 unit di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Pada ajang pameran bergengsi ini, Mazda memperkenalkan edisi terbaru dari flagship premium SUV Mazda CX-60, yaitu Mazda CX-60 Pro (2.5L AWD), dengan harga Rp799 juta (OTR Jakarta). Mazda juga mengumumkan kerjasama dengan AutoExe, rangkaian tuning parts premium dari Jepang yang memaksimalkan filosofi Jinba-Ittai dan impresi fun to drive pada kendaraan Mazda.
Di GIIAS 2024, Mazda mengantongi surat pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 833 unit. SPK ini merefleksikan penjualan mobil Mazda di GIIAS tahun ini. Lima besar produk Mazda dengan penjualan tertinggi terdiri dari Mazda CX-5 yang berkontribusi sebesar 28,5% dari total SPK atau sebanyak 237 unit), Mazda CX-3 (26,8% dan 223 unit), Mazda3 Hatchback (16,1% dan 134 unit), Mazda CX-60 (12,7% dan 106 unit) dan Mazda CX-30 (5,5% dan 46 unit)
Melampaui ekspektasi, Mazda CX-60 yang awalnya ditargetkan untuk terjual 30 unit, berhasil mencapai penjualan lebih dari 100 unit sepanjang GIIAS 2024. Keberhasilan ini didorong oleh tingginya minat terhadap Mazda CX-60 Edisi Kuro dan Elite (3.3L AWD), yang menyumbang sebagian besar dari total penjualan Mazda CX-60. Selain itu, edisi terbaru SUV ini, Mazda CX-60 Pro (2.5L AWD), juga menerima respons yang sangat positif dan terjual habis selama pameran berlangsung. Pencapaian ini menunjukkan bahwa Mazda CX-60 sudah diterima dengan baik oleh konsumen produk premium di Indonesia, menjadikan brand positioning Mazda masuk dalam jajaran brand otomotif premium, dan siap bersaing di kelasnya.
Ricky Thio, Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia, menyampaikan terima kasih atas antusiasme seluruh pengunjung, terutama para pelanggan Mazda. “Walaupun pasar otomotif nasional mengalami tantangan di awal tahun ini, kehadiran GIIAS telah memberikan angin segar dan harapan baru. Kami percaya bahwa perekonomian nasional, khususnya di sektor otomotif, akan terus berkembang. Di Mazda, kami berkomitmen untuk terus menghadirkan kendaraan yang tidak hanya memiliki performa superior tetapi juga desain yang memukau dan menginspirasi. Kami akan terus melangkah lebih jauh dalam menciptakan inovasi yang melampaui ekspektasi dan menetapkan standar baru dalam industri otomotif, terutama di Indonesia,” ujar Ricky pada keterangannya yang ditulis swa.co.id di Jakarta, Sabtu (3/8/2024).
Mazda pada GIIAS 2024 ini meraih prestasi dengan menerima penghargaan sebagai Favorite Booth untuk kategori Passenger Car 1.000-1.500 meter persegi. Selain itu, Media Room Mazda dianugerahi penghargaan Best Fast Food oleh komunitas media Otokuliner. Penghargaan-penghargaan ini menegaskan kualitas dan inovasi yang terus dihadirkan oleh Mazda dalam setiap partisipasinya di ajang otomotif bergengsi.
Mazda akan kembali memeriahkan GIIAS The Series 2024 di beberapa kota besar di Indonesia, termasuk Surabaya, Bandung, dan Semarang, dimana Mazda akan membawa line-up produk yang unggul dalam desain dan inovasi. (*)