Technology

Plugo Gandeng Clome, Dorong Fashion Lokal Naik Kelas di Era Digital

Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan kemajuan UMKM lokal dengan menyediakan dukungan dan sumber daya yang komprehensif di era digital (Foto: Clome)

Plugo, platform manajemen toko all-in-one asal Singapura yang dirancang untuk membantu bisnis melalui pengembangan platform penjualan online seperti website dan omnichannel marketplace, mengumumkan kemitraannya dengan Clome, local brand aggregator untuk bisnis fashion di bawah naungan Kemenkop dan Smesco, yang bekerja untuk menciptakan peluang bagi brand lokal untuk berkembang dan sukses di pasar yang kompetitif.

Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) lokal dengan menyediakan dukungan dan sumber daya yang komprehensif di era digital.

Penandatanganan kemitraan ini akan diumumkan di Indonesia Clothing Summit (ICS) 2024 yang diadakan oleh Clome dan didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) serta Smesco, 1 Agustus 2024 di Smesco Convention Hall sekaligus menandakan dibukanya perhelatan fashion tersebut. Acara ini menandai tonggak penting dalam perjalanan kedua perusahaan dalam memajukan pertumbuhan dan perkembangan bisnis fashion lokal.

Indonesia Clothing Summit 2024 ini dihadiri lebih dari 1.000 peserta dengan 30 lebih pembicara, termasuk salah satunya adalah Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI.

Sebagai bagian dari kemitraan strategis ini, Izki Aldrin Iswarna, Direktur Plugo Indonesia, menjadi salah satu pembicara utama di talkshow "How to Build Your Clothing Business into a Market Leader in The Digital Era" di hari pertama rangkaian acara ICS 2024.

Izki memberikan wawasan dan strategi bagi para pengusaha fashion yang ingin berkembang di pasar yang kompetitif saat ini. Pembicara lain dalam talkshow ini adalah Deryansha Azhary (CEO Kasisolusi), Arfianto Ramadhian (Senior VP Bank BJB), dan Ardy Rachman Fauzi (Founder Chambredelavain).

Plugo juga berpartisipasi aktif dalam workshop Indonesia Fashion Preneur yang juga merupakan rangkaian acara ICS. Workshop yang bertajuk "Elevate Your Clothing Business with The Digital Marketing Strategy" ini bertujuan untuk membekali brand fashion lokal dengan pengetahuan dan alat yang diperlukan untuk memanfaatkan pemasaran digital secara efektif dan mencapai pertumbuhan bisnis.

“Kami antusias berkolaborasi dengan Clome di ICS 2024. Visi kami yang sama dalam memajukan UMKM lokal sejalan dengan tujuan dari summit ini. Melalui partisipasi kami, kami ingin memberikan dukungan dan sumber daya kepada pengusaha fashion lokal untuk sukses di dunia digital,” ujar Izki.

Furqanda Labarza selaku Senior Marketing Manager Plugo juga menambahkan bahwa acara Indonesia Clothing Summit ini juga sejalan dengan komunitas Seller Juara yang diinisiasi oleh Plugo. Harapannya, business owner yang hadir dalam rangkaian acara ini akan dapat menjadi Juara sebagai bisnis yang punya daya saing dan berkelanjutan. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved