Trends

BCA (BBCA) Menyajikan Produk UMKM di Pusat Belanja dan Platform Digital

Jumpa pers BCA UMKM Fest di Jakarta, Rabu (7/8/2024). (Foto : Sri Niken Handayani/SWA).

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) menyelenggarakan BCA UMKM Fest di Mal Kota Kasablanka, Jakarta. Melalui UMKM Fest, BCA berikhtiar untuk menciptakan peluang kepada pelaku usaha dan memperluas jangkauan ke pasar domestik dan luar negeri. Acara ini berlangsung 7–11 Agustus 2024 di pusat perbelanjaan itu. Kemudian, BCA melanjutkan kegiatan sejenis di platform online pada 12 Agustus–12 September 2024.

Pada festival ini terdapat lebih dari 50 UMKM terpilih untuk memajang dan memasarkan produk-produk andalannya. Sekitar 1.200 pelaku UMKM pada dapat diakses melalui website umkmfest.bca.co.id. BCA berkolaborasi dengan platform e-commerce Blibli dan Grab. Lebih dari 300 pelaku usaha lokal juga memeriahkan penyelenggaraan UMKM Fest di KCU (Kantor Cabang Utama) BCA di 47 kantor di berbagai daerah.

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya perusahaan untuk berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi yang inklusif, berkelanjutan, dan mendorong agar lebih banyak pelaku UMKM naik kelas. Menurutnya, UMKM memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia semakin menguat. "Karena itu, kolaborasi antara UMKM dengan berbagai pihak harus semakin intensif dilakukan, disertai pemberian akses lebih baik terhadap pasar, sumber daya, dan jaringan demi meningkatkan daya saing pelaku usaha," tuturnya di Jakarta, Rabu (7/8/2024).

BCA UMKM Fest 2024 diramaikan dengan beragam produk unggulan mulai dari makanan dan minuman, fesyen, hobi, hingga kesehatan dan kecantikan. Selain itu, hadir juga produk-produk unggulan Desa Binaan BCA, serta BCA Travel Service yang ikut meramaikan acara di Mal Kota Kasablanka.

Pada kesempatan ini, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menyampaikan sektor UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia selama ini. Per 2023, kontribusi UMKM mencapai 61% dari produk domestik bruto (PDB) Indonesia serta menyerap sekitar 117 juta pekerja atau 97% dari total tenaga kerja. "Jumlah UMKM yang terus bertambah setiap tahun mencerminkan semangat masyarakat dalam membangun usaha, dan membuktikan bahwa peran UMKM cukup signifikan bagi kondisi perekonomian nasional," ujar Teten. (*)

Adapun [ada UMKM Fest 2023, volume transaksi yang dihasilkan dari kegiatan offline dan online mencapai lebih dari 79.000. Hal ini menunjukkan antusiasme tinggi masyarakat menelusuri dan membeli produk-produk lokal.

Selain melalui UMKM Fest, BCA juga memiliki kegiatan lain yang mendukung perkembangan pelaku usaha kecil dan menengah seperti BCA Bangga Lokal dan BCA UMKM Pride 2024. BCA juga turut memfasilitasi UMKM dengan workshop dan penerbitan sertifikat halal, yang tahun ini ditargetkan menjangkau 2.000 pelaku usaha.

Pada 2023 lalu, BCA membantu penerbitan 1.000 sertifikat halal bagi UMKM dan upaya tersebut menempatkan perseroan di peringkat kedua nasional sebagai lembaga dengan kuota sertifikat halal terbanyak. Dalam hal pembiayaan, BCA telah menyalurkan kredit UKM Rp114,4 triliun, naik 12,7% secara YoY (year-on-year) per Juni 2024. Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial (RPIM) BCA mencapai 22,2% per Juni 2024

Pada BCA UMKM Fest 2024, BCA tidak hanya berperan sebagai penyedia layanan pembayaran dan fasilitator UMKM berjualan, tetapi juga menawarkan berbagai promo menarik untuk pengguna setia produk dan layanan perseroan. Berbagai promo yang bisa dinikmati seperti voucer belanja hingga Rp200 ribu dengan pembelanjaan menggunakan QRIS di myBCA/BCA mobile/Sakuku, Paylater BCA, atau Kartu Kredit BCA. Selain itu, terdapat promo 2x voucer belanja dengan menukarkan Reward BCA, serta promo cicilan BCA 0% hingga 12 bulan dengan Kartu Kredit BCA.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved