Management

Inovasi Japfa (JPFA) dalam Hilirisasi Produk Peternakan

Konferensi pers Apresiasi Karya Jurnalistik Japfa 2024. (Foto: Ubaidillah/SWA)

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), melalui anak usahanya Japfa Food terus melakukan hilirisasi produk peternakan. Hilirisasi ini menjadi salah satu upaya perseroan untuk mendorong pertumbuhan bisnis. Memperkuat segmen hilir menjadi salah satu upaya strategis Japfa pada tahun ini.

Melvany Kasih, Head of Japfa Food Solutions mengatakan Japfa Food merupakan segmen hilir Japfa yang berkomitmen dalam menyediakan produk protein hewani yang aman, sehat, utuh dan halal. Di samping itu, menjadi solusi food service yang memudahkan para pelaku usaha di industri makanan untuk memperoleh layanan komprehensif hingga kustomisasi produk.

Japfa Food bertindak sebagai pusat informasi dan pemasaran yang menyediakan layanan terpadu yang menjembatani antara pelanggan maupun calon pelanggan baru untuk mendapatkan akses ke berbagai produk dan kapabilitas dari Japfa Food.

Untuk semakin mendekatkan diri kepada masyarakat, Japfa memiliki gerai ritel offline yakni Best Meat dan Japfa Food Online. Gerai tersebut melakukan penjualan untuk produk-produk yang diproduksi oleh unit-unit usaha. Saat ini terdapat sebanyak 218 gerai Best Meat yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Selain menggarap pasar offline, Japfa juga mengembangkan pemasaran di jalur daring melalui Japfa Food Online. Japfa Food juga terus melakukan inovasi dan pengembangan produk, salah satunya dengan peluncuran ayam probiotik dengan brand Olagud pada pertengahan tahun ini,” kata Melvany dalam konferensi pers Apresiasi Karya Jurnalistik Japfa, Kamis (8/8/2024).

Olagud hadir menjadi salah satu inovasi yang dilakukan JAPFA Food dalam menambah variasi produk berupa ayam probiotik. Ayam Olagud dibudidayakan dengan pakan probiotik dan metode modern farming yang telah dilengkapi dengan biosekuriti dan fasilitas pendukung lainnya untuk menjamin kesehatan dan kesejahteraan ayam. Ayam Olagud telah berhasil memasuki pasar Singapura pada pertengahan tahun 2023 lalu. Total sebanyak 110 ribu ayam probiotik yang sudah diterbangkan ke negeri Singa tersebut.

Diluncurkan pada bulan Mei 2024 lalu, kini produk Olagud dapat ditemui di seluruh area Jabodetabek dan dapat ditemukan di berbagai supermarket seperti Meat Market, Ranch Market, Farmers, AEON, Grand Lucky, Foodhall, Lottemart dan Market City. Selain itu, Olagud dapat dipesan secara daring melalui akun toko resmi JAPFA Food Online yang tersedia di Tokopedia, Shopee dan BliBli.

Melvany menegaskan, pihaknya senantiasa berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang dinamis, meningkatkan kualitas produk, dan menjaganya agar tetap terjangkau. Mereka juga menyediakan pilihan produk yang variatif dan menarik dengan standar nutrisi yang baik.

Didukung oleh tim R&D yang kuat, inovasi produk terus dilakukan untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar, salah satunya dengan menambah jumlah dan jenis produk yang dipasarkan lewat outlet ritel Best Meat dan Japfa Best. Tidak hanya memenuhi permintaan lokal, JAPFA telah mengekspor produk protein hewaninya ke beberapa negara di Asia, Eropa dan US.

“Japfa berkomitmen mematuhi standar keamanan dan kualitas yang ketat. Hal ini didukung dengan sistem produksi yang efisien, sehingga produk yang dihasilkan aman, sehat dan berkualitas tinggi. Japfa juga mengadopsi praktik-praktik produksi yang aman, dapat ditelusuri dan meningkatkan nutrisi masyarakat Indonesia secara berkelanjutan. Pendekatan holistik yang dilakukan untuk keamanan pangan di antaranya manajemen peternakan dan tambak yang optimal seperti penerapan biosekuriti, mematuhi praktik manufaktur yang ketat sepanjang seluruh proses produksi, mempertahankan sertifikasi yang diperlukan demi menjamin keamanan pangan,” ujarnya. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved