GWM Catat Penjualan 201.500 Unit, Laba Diproyeksikan hingga Rp16 Triliun
GWM baru saja mencatatkan pencapaian mengesankan yaitu catatan pertumbuhan penjualan yang pesat di pasar luar Tiongkok. Penjualan GWM di luar Tiongkok dari Januari hingga Juni telah mencapai 201.500 unit, dengan pertumbuhan year-on-year sebesar 62,59%. Pada bulan Juni, 38.104 unit telah terjual, mencetak rekor tertinggi dalam volume penjualan di luar Tiongkok dalam satu bulan.
Seiring dengan penjualan global yang meningkat pesat, GWM juga diproyeksikan akan mencatat laba bersih antara 6,5 hingga 7,3 miliar yuan atau sekitar Rp14.3 triliun hingga Rp16 triliun di periode paruh pertama tahun 2024. Ini merupakan peningkatan sebesar 377,49% hingga 436,26% dibanding periode yang sama tahun lalu.
Jika dikurangi non-recurring profit, laba bersih diperkirakan mencapai 5 hingga 6 miliar yuan atau sekitar Rp11 hingga Rp13 triliun, naik 567,13% hingga 700,56%. Kenaikan ini terjadi karena GWM terus melakukan terobosan inovasi dan penyempurnaan pada lini produknya. Pertumbuhan produk saat ini didorong oleh kesuksesan model-model unggulan dan inovasi teknologi.
"GWM adalah pendukung globalisasi. Kami berkomitmen kuat terhadap pengembangan pasar luar negeri dalam jangka panjang. Pasar internasional adalah area yang luas, di mana perubahan di lingkup lokal tidak mampu mengubah arus besar globalisasi. Di saat bersamaan, dalam menghadapi peningkatan ketegangan geopolitik di beberapa negara, GWM fokus pada pengelolaan risiko dan mengembangkan pendapatan melalui bisnis bernilai tinggi, sembari mengikuti serangkaian persaingan di berbagai lini agar dapat beradaptasi dengan lebih baik menghadapi dinamika pasar yang terus berubah,” kata Parker Shi, President GWM International, Selasa (13/8/2024).
Untuk menjalankan strategi pengembangan global yang berkelanjutan, GWM aktif mendorong pembangunan ‘lokalisasi kapasitas produksi’, yaitu bertransformasi dari pengembangan produk dan perdagangan menjadi pengembangan manufaktur, sehingga secara bertahap membentuk pola produksi lokal 1+3+N (Chinese factory + three overseas factories + multiple KD factories).
Selain tiga pabrik utama yang memfasilitasi proses produksi secara penuh di luar Tiongkok, GWM juga telah berhasil menjalankan beberapa proyek fasilitas perakitan di luar Tiongkok untuk menambah kapasitas produksi. Setelah proyek fasilitas pabrik perakitan di Ekuador, Pakistan, Uzbekistan, dan Ghana mulai beroperasi, beberapa proyek di Indonesia, Malaysia, dan negara lain juga akan mulai beroperasi di tahun ini. Proyek-proyek ini tidak hanya menciptakan lapangan kerja lokal tetapi juga memperluas jaringan produksi GWM di luar negeri, serta secara lebih baik memenuhi kebutuhan konsumen di pasar global di luar Tiongkok.
Dalam hal produk, GWM menyesuaikan portofolio produknya dengan kondisi lokal. Saat ini, GWM telah mencapai tata letak produk dengan berbagai sumber energi, sumber tenaga, dan kategori, menanggapi tuntutan yang semakin tinggi bagi perusahaan otomotif untuk mendunia di era baru. Hal ini telah mempercepat laju pengenalan produk baru dan pengembangan pasar baru.
GWM telah menetapkan target penjualan luar Tiongkok sebesar 500.000 unit di tahun ini. Secara keseluruhan, ekspor GWM telah memasuki periode pengembangan dan pencapaian hasil berkualitas tinggi. Melihat total volume penjualan tahun lalu dan momentum pertumbuhan saat ini, ada alasan yang kuat bahwa GWM akan mencapai target pertumbuhan global pada 2024. (*)