Astra Dorong UMKM di Banyuwangi Naik Kelas
Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) menyelenggarakan program #UMKMSiapBeraksi. Program yang dikemas dalam bentuk kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan UMKM binaan Astra kepada stakeholders.
Penyelenggaraan di wilayah Banyuwangi ini bukan hanya memperkenalkan bisnis UMKM yang dibina, tetapi juga menyampaikan berbagai progress hasil pembinaan dan target yang ingin dicapai UMKM ke depan, sehingga dapat menjadi acuan program kolaborasi yang dapat dijajaki, baik kolaborasi baru maupun kolaborasi lanjutan bersama stakeholders yang hadir dalam kegiatan tersebut.
Kegiatan #UMKMSiapBeraksi di Banyuwangi sendiri dihadiri oleh Ketua Pengurus YDBA Rahmat Samulo dan beberapa stakeholders, antara lain Sekretaris Kementerian Koperasi & UKM RI Arif Rahman Hakim, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kab. Tegal Nanin Oktaviantie, Direktur PT Nusa Tropical Indonesia (Nusa Fresh) Mohammad Iqbal dan Branch Manager PT Astra Otoparts Tbk Regional Jawa Timur Willy Christ Richard.
Rahmat Samulo mengatakan pihaknya terus mendorong UMKM binaan Astra untuk terus melakukan inovasi. "Harapannya UMKM dapat terus menunjukkan pencapaian lebih yang berbeda dari UMKM lainnya, sehingga mereka dapat terus berkembang, maju dan mandiri," ujar Rahmat, dikutip, Rabu (14/8/2024).
Terbukti, saat ini para petani buah naga berkolaborasi dengan PT Oreng Osing yang merupakan UMKM Kuliner binaan YDBA dalam menghasilkan produk olahan berupa selai buah naga. Begitupun UMKM Bengkel yang terus melakukan inovasi, baik dalam hal proses maupun pemasaran yang mengoptimalkan media sosial secara intens.
Sedangkan, Arif Rahman Hakim dalam kegiatan ini menekankan pentingnya para petani buah naga di Banyuwangi untuk terus meningkatkan produk olahan (hilirisasi) dan merapihkan organisasi Kelompok Tani (Poktan) hingga terbentuk koperasi. “Selain itu penting untuk berkoperasi karena dengan berkoperasi akan lebih mudah bagi anggotanya mengakses peralatan dengan harga lebih murah agar bisa mengolah produk dari buah naga”, ucap Arif.
Dalam program ini, para stakeholders berkesempatan untuk mengunjungi 5 UMKM binaan Astra melalui YDBA baik sektor pertanian, bengkel R4 dan kuliner. Kelima UMKM tersebut, yaitu pertama, Sumartini, Ketua Kelompok Tani Buah Naga Sinar Cabe yang telah mengikuti pembinaan sejak tahun 2021. Ia berhasil menerapkan program pembinaan dari konvensional menjadi organik, salah satunya dengan mengoptimalkan limbah menjadi pupuk untuk kebutuhan budidaya buah naga.
Saat ini, Sumartini tengah melakukan pengembangan budidaya jenis buah naga kuning yang dikenal manis dan memiliki harga pasar yang tinggi. Hadilnya, ia berhasil memasok hasil budidayanya ke pasar ekspor, yaitu Singapura dan Hongkong pada tahun 2022 – 2023 lalu.
Kedua, Nanang, Ketua Kelompok Tani Buah Naga Tunas Sejahtera yang merupakan petani muda berusia 26 tahun yang menjadi anggota binaan Astra melalui YDBA sejak tahun 2021. Saat ini Nanang dipercaya untuk memimpin kelompok petani buah naga Tunas Sejahtera yang memiliki anggota sebanyak 70 orang. Hasil budidaya diserap bukan hanya ke pasar induk, tetapi juga ke pasar modern.
Ketiga, PT Oreng Osing merupakan UMKM kuliner yang memiliki 270 partner bisnis berupa pusat oleh-oleh di Indonesia ini menjadi UMKM pilot untuk program pembinaan UMKM Kuliner di Banyuwangi. Jenis produk yang dikembangkan, antara lain kue kering bagiak, sale buah naga, kue kering klemben dan berbagai produk camilan khas Banyuwangi.
Keempat, Bengkel R4 Azzahra merupakan UMKM Bengkel R4 Mandiri yang berhasil meraih penghargaan sebagai Bengkel Terbaik yang menerapkan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) dalam bengkelnya. Untuk meningkatkan pelayanan dalam bisnisnya, Bengkel Azzahra juga berkolaborasi dengan PT Astra Otoparts Tbk dalam menyediakan sparepart original yang meningkatkan kepercayaan para pelanggan.
Kemudian kelima Bengkel R4 Kampoeng Auto yang tengah menerapkan standar pelayanan bengkel berdasarkan pembinaan yang dilakukan YDBA untuk sektor bengkel R4. Untuk memperluas segmen pasar dalam bisnisnya, Kampoeng Auto mengoptimallkan media sosial untuk menyasar para pelanggan. Terbukti, berkat komitmennya dalam mengoptimallkan media sosial tersebut, 30% pelanggannya adalah mereka yang mengetahui Kampoeng Auto dari media sosial. Saat ini Kampoeng Auto juga berkolaborasi dengan PT Astra Otoparts Tbk dalam menyediakan sparepart original agar kepercayaan pelanggan terhadap bengkelnya terus meningkat.(*)