Automotive

Penjualan Suzuki Naik 9% Pada Juli 2024

Suzuki Grand Vitara/ Foto : PT SIS

Setelah menghadapi dinamika pasar yang menantang pada semester pertama, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berhasil membalikkan keadaan dengan membukukan peningkatan penjualan ritel sebesar 9% di bulan Juli 2024. Kenaikan ini terjadi baik pada kategori passenger car maupun commercial car, masing-masing mencatat eskalasi sebesar 8% dan 11% jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Randy R. Murdoko, Dept. Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, peningkatan penjualan didorong oleh beberapa faktor, termasuk peningkatan kebutuhan dan kepercayaan konsumen. "Pertengahan tahun ini biasanya diwarnai oleh berbagai aktivitas dan mobilitas perkotaan, seperti bekerja, menjalankan usaha, atau mengantar anak sekolah. Kami menyadari bahwa Baleno menjadi jawaban yang tepat bagi kalangan aktif ini dengan tingginya nilai yang ditawarkan secara terjangkau," jelas Randy pada keterangan tertulis yang diterima swa.co.id di Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Salah satu model yang mencatatkan peningkatan penjualan yang signifikan adalah Baleno, dengan kenaikan retail sales mencapai 40% dan mendominasi kompetisi di segmennya. Sementara itu, New XL7 turut berkontribusi dengan kenaikan penjualan sebesar 20%, di mana sebagian besar, yakni 65%, merupakan varian hybrid. Selain itu, Grand Vitara dan S-Presso juga mencatat pertumbuhan positif masing-masing sebesar 14% dan 13% dibandingkan bulan sebelumnya.

Teknologi hybrid terus menjadi magnet bagi konsumen, dengan penjualan produk Suzuki dalam kategori ini meningkat 18% secara akumulatif. Pertumbuhan terbesar terjadi pada New XL7 Hybrid dengan kenaikan 32%, serta Grand Vitara sebanyak 14%. Kepercayaan konsumen terhadap teknologi rendah emisi dan praktis ini didukung oleh jaminan garansi baterai lithium-ion selama 8 tahun.

Pada kategori komersial, New Carry tetap menjadi andalan para pelaku usaha di Indonesia. Kendaraan niaga ringan ini mencatat pertumbuhan penjualan 11% sejalan dengan meningkatnya semangat kerja dan aktivitas bisnis yang membutuhkan kendaraan dengan ketangguhan dan biaya perawatan terjangkau. "Kami menemukan bahwa konsumen saat ini sangat menghargai kepemilikan mobil yang efisien dan berkualitas dalam penggunaan sehari-hari. Kendaraan Suzuki dipersepsikan sebagai solusi mobilitas yang bermanfaat dan meringankan kesibukan pemiliknya," kata Randy. (*)

.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved