Rahasia Superbank Menjaring 1 Juta Nasabah
Superbank mengumumkan pencapaian 1 juta nasabah dalam waktu kurang dari 2 bulan sejak peluncuran aplikasi secara luas. Keberhasilan ini mencerminkan kepercayaan tinggi nasabah terhadap inovasi dan keamanan menabung di Superbank, yang didukung oleh pemegang saham seperti Grab, Emtek, Singtel, dan KakaoBank Korea. Sebanyak 62% dari nasabah Superbank telah menghubungkan akun mereka dengan aplikasi Grab, menunjukkan sinergi ekosistem yang kuat antara kedua platform.
Pertumbuhan pesat nasabah Superbank merefleksikan besarnya potensi sektor perbankan digital di Indonesia. Menurut Bank Indonesia (BI), transaksi bank digital mencapai volume 5,26 miliar transaksi pada Triwulan II tahun 2024, atau meningkat hingga 32,03% dibandingkan tahun sebelumnya. Prospek cerah sektor ini juga diperkuat oleh dominasi generasi muda usia 16-30 tahun di Indonesia, sekitar 25% dari total populasi, yang menurut Laporan Youth Finsight 2.0 memiliki kesadaran tinggi dalam menabung dan menggunakan layanan keuangan untuk mencapai tujuan finansial mereka.
Menyambut pencapaian ini, Tigor M. Siahaan, Presiden Direktur Superbank, mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan oleh para nasabah. "Dalam waktu yang begitu singkat, dukungan telah memungkinkan kami untuk mencapai 1 juta nasabah. Tentunya pencapaian ini baru permulaan dan menjadi modal kuat untuk terus meningkatkan inovasi dan kolaborasi dengan ekosistem demi menghadirkan solusi perbankan yang mudah, aman, dan relevan dengan kebutuhan finansial masyarakat," ujar Tigor pada keterangannya yang ditulis swa.co.id di Jakarta, Jumat (16/8/2024).
Tigor menjelaskan Superbank berencana memperkenalkan produk dan fitur inovatif lainnya untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Sebagai satu-satunya bank dengan layanan digital yang terintegrasi dengan platform Grab, Superbank memberikan kemudahan kepada jutaan pengguna dan mitra Grab untuk membuka rekening, menabung, dan menggunakan rekening tersebut sebagai metode pembayaran langsung di aplikasi Grab tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.
Fitur ini menjadi fitur terfavorit dan paling banyak digunakan nasabah, diikuti oleh tabungan harian otomatis Celengan by Superbank, dan fitur pengelolaan keuangan Saku by Superbank.
Berbagai manfaat dari fitur dan produk perbankan Superbank juga dirasakan oleh mitra Grab. Hal ini memperkuat posisi Superbank sebagai solusi finansial inklusif dan berdampak nyata bagi masyarakat underbanked di Indonesia.
Misalnya, Yodhi Ahyad, mitra merchant GrabFood dan pemilik Asli Geprek, yang sudah bergabung dengan Grab sejak 2018. “Sejak pakai fitur pencairan dana 2 kal sehari di Superbank, uang hasil jualan sehari-hari di Grab bisa langsung masuk ke rekening saya lebih cepat. Perputaran uang yang lebih cepat ini ditambah dengan fitur free transfer bikin saya lebih mudah menghitung pemasukan dan mengatur anggaran, jadi saya bisa lebih fokus jualan," tuturnya.
Riska Amalia, mitra pengemudi GrabBike yang bergabung dengan Grab sejak 2016, menyampaikan pengalamannya menabung di Superbank yang memberikan beragam benefit, antara lain bunganya tinggi, promo, dan kesempatan buat dapat penghasilan tambahan jika mengajak orang lain menabung lewat program referral. "Selain itu, ada fitur Celengan yang bikin makin semangat nabung karena mudah dan terjangkau,” ucap Riska.
Saat ini, Superbank menawarkan produk tabungan dan deposito komplit dan fleksibel untuk memenuhi berbagai kebutuhan nasabah. Produk deposito menawarkan bunga hingga 7,5% per tahun, dengan pilihan tenor yang fleksibel dan kemudahan pendaftaran melalui aplikasi Superbank. Selain itu, Superbank juga menyediakan produk tabungan yang bebas biaya admin dengan bunga tinggi. Semua ini dirancang untuk memberikan manfaat optimal bagi nasabah dalam mengelola keuangan mereka dengan lebih baik dan mencapai tujuan finansial mereka.
Perlu diketahui, Superbank, sebelumnya dikenal sebagai PT Bank Fama International, adalah bank dengan layanan digital di Indonesia dengan lebih dari 1 juta nasabah per Agustus 2024. Didirikan di Bandung tahun 1993, Superbank memasuki era baru setelah bergabung dengan Emtek Group pada 2021, diikuti oleh Grab dan Singtel pada awal 2022, serta KakaoBank pada 2023 sebagai bagian dari konsorsium. Dengan misi memperluas akses kredit bagi nasabah ritel dan UMKM, Superbank memberdayakan penggunanya melalui solusi inovatif dan kolaborasi kuat dalam salah satu ekosistem terluas di industri. (*)