Bentoel Group Bagikan Capaian Environmental Social Governance
Dalam gelaran IDX Channel ESG Conference pekan lalu, Bentoel Group turut ambil bagian dalam salah satu diskusi panel. William Lumentut, Presiden Direktur Bentoel Group, adalah salah satu panelis pada sesi pertama yang bertemakan How Can Companies Generate Value through Sustainability Action. Pada sesi diskusi bersama para pembicara dari PT PLN (Persero), PT Kalbe Farma Tbk, dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, William menekankan sebagai korporasi yang bertanggung jawab, Environmental Social Governance (ESG) menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari operasional bisnis Bentoel Group.
Sejalan dengan komitmen BAT Group, Manajemen Bentoel mengungkapkan ingin mencapai status Net Zero Emission pada tahun 2050. Tujuan besar ini diwujudkan melalui berbagai inisiatif reduce, reuse, recycle di berbagai lini bisnis perusahaan. Dalam paparannya, William membagikan perkembangan capaian ESG Bentoel Group yang secara umum lebih baik dari target induk perusahaan maupun kompetitor.
“Capain ESG Bentoel Group antara lain berhasil mengurangi emisi karbon untuk scope 1 dan 2 sebesar 83% pada tahun 2023 dibandingkan baseline tahun 2020. Lalu, daur ulang sebesar 94% sampah yang dihasilkan dari operasional bisnis; dan • pengurangan penggunaan air hingga 75%,” jelas William dalam keterangan resmi, Senin (19/8/2024).
Menanggapi pertanyaan moderator dan peserta tentang perubahan tren konsumen, William mengatakan bahwa perusahaan yang dipimpinnya saat ini tengah berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan memperkenalkan produk-produk alternatif yang memiliki potensi risiko lebih rendah, seperti rokok elektronik dan vape.
William menyampaikan produk-produk tersebut tidak bebas risiko, namun didukung dengan berbagai penelitian internal maupun lembaga independen, baik di luar negeri maupun di Indonesia, bahwa produk-produk alternatif tersebut terbukti memiliki potensi risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan rokok konvensional. Inovasi ini juga merupakan bagian komitmen Bentol Group untuk menciptakan masa depan yang lebih baik dengan mengurangi dampak kesehatan dari bisnis.
“Kami mempunyai komitmen yang jelas dengan master plan terukur. Secara internal, kami memiliki slogan ‘ESG front and centre’ yang kami terjemahkan menjadi aksi nyata dan kami menyebutnya dengan kampanye ’Bangun Bangsa’ yang menjadi pilar dan payung keberlanjutan di Indonesia,” William menambahkan.
Melalui kampanye ’Bangun Bangsa’, Bentoel Group melakukan aksi nyata dalam berbagai bidang seperti: (1) pengurangan emisi karbon; (2) penatakeloaan sumber daya air; (3) pengolahan limbah; (4) menciptakan dampak sosial yang positif melalui pengembangan UMKM yang lebih inklusif.
Sebelumnya, Bentoel Group juga meraih Piala Penghargaan Khusus Sektor Barang Konsumen Primer Pada IDX Channel Anugerah ESG 2024 yang diselenggarakan di Gedung Bursa Efek Indonesia dengan mengusung ‘Komitmen Menjalankan Strategi ESG Terintegrasi’.
Inisiatif Bentoel Group dalam bidang keberlanjutan akan terus berlanjut sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam memastikan keberlanjutan bisnis yang menerapkan prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan. (*)