Marketing

Cocok Untuk Pengidap Diabetes, HOKI Agresif Pasarkan Dailymeal

Foto : HOKI.

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) semakin fokus dalam menggenjot penjualan produk beras sehat alternatif melalui anak usaha, PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) di tahun 2024 ini. Sambutan pasar yang sangat positif terhadap produk alternatif beras putih merek Dailymeal telah meningkatkan keyakinan Perseroan bahwa transformasi bisnis HOKI ke sektor fast moving consumer goods (FMCG) melalui HDN telah berada di jalur yang tepat.

Hal tersebut dibuktikan dengan kinerja pada semester pertama tahun ini lantaran penjualan produk Dailymeal itu naik sebesar 145% atau menjadi Rp5,4 miliar secara tahunan (year on year). Raihan ini sudah jauh melampaui targetpenjualan produk Dailymeal yang dipatok tumbuh 10% di tahun ini. “Fakta bahwa sambutan pasar jauh melebihi perkiraan ini merupakan petunjuk yang sangat kuat bahwa transformasi bisnis HOKI ke sektor FMCG sudah on the right track. Oleh karenanya, kita dapat berharap bahwa percepatan pertumbuhan kinerja perseroan akan terus berlanjut,” ujar Direktur HOKI, Budiman Susilo, Senin (19/8/2024).

Produk Dailymeal itu berupa beras jagung, beras singkong, dan beras merah memiliki indeks glikemik (indikator yang memengaruhi kenaikan gula darah) yang rendah, serat yang tinggi, serta bebas gula. Oleh karenanya, produk ini mendapat sebutan beras sehat yang bisa menjadi alternatif asupan yang baik bagi penderita diabetes dan mereka yang ingin diet.

Sejalan dengan semakin semaraknya hasrat masyarakat untuk mengkonsumsi makanan sehat, Perseroan menyadari bahwa produk Dailymeal telah meluncur dan berselancar pada aliran arus yang tepat. Oleh karenanya, HOKI semakin optimistis produk Dailymeal bukan cuma sukses diterima di saat ini saja, tetapi juga mempunyai ruang pertumbuhan yang sangat besar. Dan ruang pertumbuhan tersebut akan semakin membesar seiring dengan semakin meningkatnya gelombang perubahan masyarakat menuju gaya hidup yang semakin mengedepankan pentingnya mengkonsumsi makanan yang lebih sehat.

Besarnya penerimaan pasar serta arus perubahan gaya hidup masyarakat tersebut telah meyakinkan HOKI untuk mempercepat transformasi bisnis ke sektor FMCG. Oleh karenanya, Perseroan telah menyiapkan belanja modal sekitar Rp12 miliar untuk membangun pabrik baru di Jawa Tengah. Pabrik baru Dailymeal tersebut direncanakan akan mulai beroperasi pada pertengahan 2025 .

Semakin meningkatnya kepercayaan diri dalam Perseroan juga didukung oleh kinerja keuangan Semester I yang positif. HOKI berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp15 miliar, membalikkan kerugian yang dialami pada periode yang sama tahun 2023. Adapun total penjualan konsolidasi pada Januari-Juni 2024 tercatat sebesar Rp744 miliar, meningkat 6% dibandingkan periode yang sama tahun 2023. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved