UBS Gold: Lebih dari Sekadar Perhiasan, Ini Dia Rahasianya
Merek UBS Gold telah menjadi ikon dalam industri perhiasan emas di Indonesia. Sejak diperkenalkan pada tahun 1981, UBS Gold telah berhasil memikat hati konsumen dengan desain yang elegan dan kualitas yang tak tertandingi. Apa rahasia di balik kesuksesan panjang UBS Gold? Mari kita telusuri lebih dalam.
Sejak dikenalkan di pasar pada 1981, pengelolanya terus aktif melakukan branding dengan baik. Brand produk UBS Gold termasuk yang digarap paling serius sejak awal ketimbang pemain lain. Pengelolanya sadar branding sejak awal sehingga UBS Gold dikomunikasikan dengan strategi branding yang terprogram.
Dalam 1-2 tahun terakhir, UBS Gold juga telah melakukan berbagai inovasi. Di antaranya, meluncurkan koleksi terbaru dengan desain yang hanya bisa dibuat oleh UBS Gold dan mengikuti perubahan selera pasar, mengembangkan platform e-commerce yang lebih user-friendly, serta menjalin kerjasama dengan berbagai influencer, brand ambassador, dan brand-brand lainnya.
UBS Gold berfokus pada produk berkualitas dan desain yang sesuai dengan selera konsumen. Untuk itu, UBS Gold terus berusaha berinovasi dalam teknologinya agar bisa menciptakan produk-produk yang berkualitas dan tidak mudah ditiru oleh pesaing.
“Service juga menjadi hal yang penting untuk membuat pengalaman berbelanja produk UBS Gold semakin mudah dan menyenangkan yang membuat konsumen puas dengan produk UBS Gold dan merekomendasikannya kepada rekan-rekan mereka,” Michael Yahya, Creative Head UBS Gold, menegaskan.
Kini, untuk mendekatkan diri kepada konsumen, misalnya, UBS Gold mendirikan Offline Pop Up Store yang berada di berbagai kota di Indonesia dan menunjuk brand ambassador yang dinilai memiliki nilai-nilai yang sesuai dengan UBS Gold sendiri dan konsumen.
“Kami sangat aktif memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi dengan pelanggan dengan membuat konten-konten yang menarik, relevan, dan engaging dengan target konsumen,” kata Michael .
UBS Gold tak mau kalah dalam pemanfaatan platform promosi medsos seperti Instagram & TikTok, antara lain dengan memberikan program Giveaway, Kompetisi Desain Logam Mulia, event-event offline seperti Iam24k Roadshow, dan mensponsori kompetisi E-Sport MPL.
Dari aspek produk, hal itu menjadi pilar penting yang dibangun. “Kami fokus pada memproduksi perhiasaan emas yang berkualitas dan memiliki variasi yang lengkap sehingga memudahkan konsumen dalam memilih perhiasan sesuai dengan selera masing-masing di setiap daerah,” Michael menerangkan.
Kelebihan lain yang ditawarkan, kemudahan dalam transaksi, jaminan keaslian, dan kadar yang bisa dipercaya. “Kami menarget pasar yang sangat beragam, mulai dari investor pemula, kolektor, hingga mereka yang ingin memberikan hadiah ke orang terdekat,” lanjutnya.
Sementara untuk aspek distribusi, penjualan UBS Gold dilakukan melalui berbagai kanal, baik online maupun offline. Saat ini, kontribusi penjualan offline masih mendominasi distribusi produk UBS Gold, tetapi penjualan melalui e-commerce selalu meningkat setiap tahun. Kombinasi antara kedua kanal ini terus dioptimalkan untuk mempermudah akses pelanggan. (*)