Live Shopping Lagi Hits, Penjualan Bisa Naik 7 Kali Lipat
Live shopping terus menjadi fenomena yang kian melekat dengan gaya hidup masyarakat Indonesia. Menurut sebuah riset, sebanyak 87% masyarakat Indonesia mengaku pernah menonton live shopping dan 77% di antaranya melakukan transaksi via fitur tersebut.
Peluang ini terus dimanfaatkan oleh Tokopedia dan ShopTokopedia untuk membantu pelaku usaha lokal memaksimalkan bisnis online, salah satunya lewat pemanfaatan fitur live shopping.
Kolaborasi antara Tokopedia dan ShopTokopedia terus menghasilkan dampak yang signifikan. Saat ini, ada lebih dari 21 juta penjual tergabung di platform Tokopedia dan ShopTokopedia, yang memungkinkan masyarakat untuk mengakses lebih banyak produk kebutuhan dengan kualitas dan harga yang transparan, sekaligus berbelanja online dengan cara yang lebih menarik.
Selain itu, data terbaru mencatat 60% konten promosi di TikTok dukung produk lokal di ShopTokopedia. Hal ini mendorong Tokopedia dan ShopTokopedia terus menggencarkan kampanye Beli Lokal dan Promo Guncang agar produk buatan brand lokal selalu mendapatkan panggung khusus.
“Fitur live shopping di ShopTokopedia, yang tersedia dalam aplikasi TikTok, memberikan strategi pemasaran interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha termasuk brand lokal dari berbagai kategori, mulai dari Kecantikan dan Perawatan Diri, Fashion, Makanan dan Minuman, hingga kategori lainnya, untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan berinteraksi langsung dengan calon pembeli,” kata Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Rizky Juanita Azuz, Senin (19/8/2024).
Hasil survei MetrixLab pada tahun 2024 menyatakan bahwa live shopping penjual di ShopTokopedia membawa dampak signifikan pada calon pembeli, yaitu pengguna 3,4 kali lipat lebih mungkin browsing TikTok untuk mengeksplor produk baru, pengguna 2,5 kali lipat lebih mungkin mempertimbangkan melakukan pembelian setelah menyaksikan live stream penjual, 2 dari 3 pengguna cenderung melakukan pembelian di hari yang sama setelah melakukan pembelian di ShopTokopedia, dan 64% pembeli akan meninggalkan ulasan setelah melakukan pembelian di ShopTokopedia.
Pengalaman live shopping dapat mempermudah penjual dalam meningkatkan kunjungan bahkan penjualan, sebab masyarakat bisa memperoleh informasi lebih mendalam tentang produk yang dibutuhkan, lengkap dengan berbagai promosi yang menarik. Kemudahan ini juga tercermin dari berbagai dampak positif yang dicatat Tokopedia dan ShopTokopedia selama semester I 2024 dibandingkan semester I 2023.
“Pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual lainnya yang tidak melakukan live shopping. Beberapa kategori yang paling laris di live shopping di ShopTokopedia selama semester I 2024, antara lain, kategori Skin Care atau Perawatan Kulit, Hijab dan Dessert atau Makanan Manis,” kata Rizky.
ShopTokopedia juga mencatat bahwa di DKI Jakarta, jumlah pelaku usaha yang melakukan live shopping melonjak hampir 2 kali lipat selama semester I 2024 dibandingkan semester I 2023. ShopTokopedia juga melihat beberapa daerah lainnya, seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur, mengalami kenaikan jumlah penjual yang melakukan live shopping hingga 1,5 kali lipat. (*)