Perfect Corp Dorong Brand Kecantikan dan Fesyen Lebih Berdaya dengan AI dan AR
Industri fesyen selalu bergerak dengan cepat, ditandai dengan munculnya koleksi baru pada setiap musim.
Terus berinovasi memanfaatkan teknologi terkini menjadi salah satu kunci agar brand kecantikan dan fesyen dapat mengembangkan bisnis dan tidak tertinggal dengan persaingan yang ada. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi AI (artificial intelligence) dan AR (augmented reality) untuk memberi layanan personal bagi konsumen dan meningkatkan pengalaman mereka dalam berbelanja secara daring.
Pemanfaatan teknologi AI di dunia fesyen sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru, tapi pemanfaatan AI generatif yang muncul beberapa tahun terakhir baru mulai dilakukan oleh industri fesyen. Walau baru dimulai, tapi berbagai pihak memprediksi bahwa pemanfaat AI generatif akan membantu mendorong perkembangan segala aspek bisnis secara signifikan.
Salah satunya adalah McKinsey & Company yang hasil analisisnya pada 2023 menyebutkan bahwa dalam rentang 3—5 tahun ke depan, AI generatif dapat menambah USD 150—275 milyar sebagai laba operasional sektor busana, fesyen, dan barang-barang mewah.
Selain itu, laporan The State of Fashion 2024 yang dirilis oleh Business of Fashion (BoF) dan McKinsey juga menyebutkan bahwa industri fesyen akan lebih serius mengeksplorasi potensi AI generatif. Bahkan 73 persen dari pelaku bisnis menyebutkan bahwa AI generatif akan menjadi prioritas mereka untuk mengembangkan bisnis pada 2024.
Keseriusan dalam memanfaatkan teknologi AI tidak lepas dari meningkatnya jumlah konsumen yang memilih untuk berbelanja produk-produk fesyen secara daring, mulai dari busana, tas, sepatu, hingga aksesori.
Namun pilihan ini memiliki beberapa kendala dan tantangan, di antaranya adalah standarisasi ukuran produk yang masih tidak konsisten, bentuk dan ukuran tubuh konsumen yang beragam, serta rumitnya proses berbelanja secara daring tanpa disediakan bantuan.
Membantu menjawab tantangan ini, Perfect Corp. sebagai perusahaan terkemuka yang menyediakan solusi berteknologi AI dan AR untuk kecantikan dan fesyen, telah mengembangkan berbagai inovasi untuk membantu brand perhiasan, jam tangan, make up, dan kacamata dalam memberi layanan personal bagi konsumen.
Inovasi-inovasi yang memanfaatkan teknologi AI metode machine learning ini dapat membantu konsumen mendapatkan kepuasan dari proses berbelanja produk fesyen, sehingga tercipta loyalitas dan penjualan produk yang meningkat.
Untuk membantu konsumen yang ingin membeli gelang, Perfect Corp. menyediakan perangkat yang membantu mengukur pergelangan tangan mereka secara akurat, yaitu Virtual bracelet sizer.
Caranya sangat mudah, konsumen cukup menempelkan pergelangan tangan di layar ponsel atau menggunakan kamera ponsel untuk mengambil foto pergelangan tangan, kemudian diatur sesuai ukuran. Jika dipadukan dengan perangkat virtual try-on yang menggunakan AR, konsumen bisa mendapatkan visualisasi 3D jika gelang dikenakan di pergelangan tangannya.
Inovasi lain dari Perfect Corp. yang tak kalah canggihnya adalah AI Face Shape Detector for Glasses, yaitu pendeteksi bentuk wajah yang dapat membantu konsumen untuk menentukan bentuk dan ukuran kacamata yang cocok.
Melalui interface yang mudah digunakan, AI akan menganalisis berbagai fitur wajah dan proporsinya, serta melakukan pengukuran untuk menentukan keseluruhan bentuk wajah secara akurat.