Strategy

Tokopedia Meracik UMKM Go Digital

Foto : Tokopedia.

Tokopedia bersama ShopTokopedia menargetkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital dengan memperkuat UMKM lokal. Salah satunya dengan memberikan panggung yang lebih luas kepada produk dan brand lokal pada Festival Beli Lokal di Plaza Timur Senayan, Jakarta, pada 24-25 Agustus 2024. Festival ini menghadirkan ratusan merek lokal dari berbagai industri.

Presiden Direktur Tokopedia & TikTok e-Commerce, Melissa Siska Juminto, mengatakan UMKM merupakan tulang punggung ekonomi dan pertumbuhan ekonomi terakselerasi jikalau seluruh pihak merespons peluang baru melalui pemanfaatan teknologi dengan cara baru serta berbagai inovasi.

"Maka selain mengadakan Festival Beli Lokal, Tokopedia dan ShopTokopedia akan terus berupaya membantu lebih banyak pelaku usaha khususnya UMKM lokal memaksimalkan pemanfaatan konten video termasuk live streaming untuk membangun brand, memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan," kata Melisa pada siaran pers di akhir pekan lalu.

Penjual yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat. Hal ini melatarbelakangi manajemen mengadakan sederet pelatihan untuk membuat penjual makin fasih membuat konten video promosi.

Perusahaan pun mencetak lebih banyak kreator konten sekaligus afiliator muda yang bisa membantu promosi produk dari UMKM lokal, misalnya melalui program seperti Creators Lab. Tokopedia dan ShopTokopedia juga telah berkolaborasi bersama sederet menteri dan pemerintah terkait lainnya untuk mempromosikan produk lokal melalui live shopping.

Tokopedia dan ShopTokopedia di melakukan berbagai program pemberdayaan seperti membantu petani kopi meningkatkan kualitas dan nilai jual biji kopi. Pada Juli 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia mengedukasi 1.000 petani kopi di Lahat, Sumatera Selatan.

Selain itu, pemberdayaan perajin batik melalui dukungan dari hulu ke hilir, mulai dari pemberian mesin cetak dan pengering, desain baru, promosi digital menyeluruh, hingga akses ke pinjaman modal.

Sejak Januari 2024, kampanye ini sukses memberdayakan lebih dari 550 perajin batik di Solo, Yogyakarta, dan Pekalongan; 50%nya bergabung dengan ShopTokopedia. Ada ribuan penjual batik baru yang bergabung di Tokopedia selama dua minggu pertama peluncuran kampanye.

Edukasi UMKM

Kini sudah ada jutaan penjual di Tokopedia maupun ShopTokopedia yang mayoritas UMKM. Tokopedia dan ShopTokopedia menargetkan untuk mendigitalisasi sebanyak-banyaknya pelaku usaha di Indonesia. Ini ditujukan agar lebih banyak lagi pelaku usaha, yang bisa merasakan kemudahan dan manfaat berbisnis online.

Pada skala nasional, UMKM memberikan kontribusi signifikan terhadap PDB Indonesia, yaitu lebih dari 60%. Untuk mendorong peran signifikan UMKM lokal terhadap perekonomian Indonesia, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan berbagai inisiatif termasuk edukasi.

Pertama, Kelas Maju Digital dan Kelas Perempuan Maju Digital, Tokopedia dan ShopTokopedia bekerja sama dengan pemerintah untuk melatih pelaku UMKM. Sejumlah kelas pelatihan sudah diadakan sejak tahun 2022, dan berhasil mengedukasi lebih dari 20.000 UMKM lokal di 73 wilayah.

Yang kedua, adanya Pusat Edukasi Seller dan Shop Academy sebagai acuan untuk edukasi berbisnis online yang mudah diakses seluruh pihak. Pada halaman ini, tersedia ratusan modul edukasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelaku usaha dari berbagai skala.

Yang ketiga, Seller Conference, Tokopedia dan ShopTokopedia mengundang sejumlah pakar, influencer, dan penjual inspiratif, untuk memberikan wawasan pasar dan strategi bisnis di era digital kepada penjual. Sejak tahun 2022, upaya itu telah mengedukasi lebih dari 4.000 penjual melalui lebih dari 20 konferensi.

Keempat, sertifikasi legalitas UMKM bekerja sama dengan pemerintah, mulai dari NIB, Halal, PIRT, hingga KI. Sepanjang tahun 2022-2023, upaya ini sudah membantu lebih dari 8.000 UMKM lokal di lebih dari 20 wilayah.

Kelima, MikroEx Challenge bersama Kemenkop UKM, Tokopedia dan ShopTokopedia melatih pendamping usaha mikro terkait berbisnis di era digital. Sejak Juni 2024, lewat kolaborasi tersebut, Tokopedia dan ShopTokopedia berhasil mengedukasi 400 mentor di 5 provinsi dan mendampingi 20.000 usaha mikro.

Keenam, Host Academy dan Creators Lab, di mana Tokopedia dan ShopTokopedia mengadakan pelatihan bagi generasi muda untuk menjadi kreator konten yang kreatif, dan bisa membantu penjual. Sepanjang tahun 2023-2024, para kreator konten binaan telah membantu lebih dari 2.000 UMKM.

Ketujuh, digitalisasi pasar bersama Kemendag, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan digitalisasi toko pedagang di pasar tradisional terutama saat pandemi. Melalui inisiatif itu, Tokopedia dan ShopTokopedia telah memberdayakan lebih dari 6.000 pedagang di 12 pasar tradisional.

Solusi Hulu ke Hilir Bantu Pemasaran UMKM

Selain melakukan berbagai upaya edukasi, Tokopedia dan ShopTokopedia juga bekerja sama dengan berbagai mitra strategis untuk mendorong kemajuan UMKM, dan membuat produk dari UMKM lokal makin menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

Melalui live shopping, Tokopedia dan ShopTokopedia kerap berkolaborasi bersama sederet menteri dan pemerintah terkait lainnya untuk mempromosikan produk UMKM melalui live shopping. Kerja sama ini sukses mempromosikan sejumlah brand lokal.

Ramadan Ekstra, sebuah kampanye spesial selama Ramadan dan Lebaran, persembahan Tokopedia dan ShopTokopedia, untuk meningkatkan penjualan para pelaku usaha. Ramadan Ekstra 2024 berhasil membuat pesanan penjual meningkat lebih dari 79%.

Promo Guncang, promo setiap tanggal kembar di Tokopedia dan ShopTokopedia untuk meningkatkan transaksi penjual. Promo Guncang 5.5 dan 6.6, pada tahun 2024, masing-masing berhasil meningkatkan penjualan lebih dari 66% dan lebih dari 72%.

“Lalu ada Jakarta Muslim Fashion Week, sebuah program kerja sama kami dengan Kemendag RI untuk mempromosikan fesyen muslim. Pada tahun 2023, kolaborasi ini berhasil membantu peningkatan transaksi sejumlah brand lokal fesyen muslim dengan total lebih dari Rp750 juta (16-21 Oktober 2023),” ujarnya.

Pemberdayaan petani kopi, Tokopedia dan ShopTokopedia bekerja sama dengan organisasi maupun instansi terkait, untuk membantu petani kopi meningkatkan kualitas dan nilai jual biji kopi. Pada Juli 2024, kami telah mengedukasi 1.000 petani kopi di Lahat, Sumatra Selatan.

Melokal dengan batik, bekerja sama dengan lembaga dan instansi terkait, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan pemberdayaan perajin batik melalui dukungan dari hulu ke hilir. Mulai dari pemberian mesin cetak dan pengering, desain baru, promosi digital menyeluruh, hingga akses ke pinjaman modal.

Sejak Januari 2024, kampanye ini sukses memberdayakan lebih dari 550 perajin batik di Solo, Yogyakarta, dan Pekalongan. 50%nya bergabung dengan ShopTokopedia. Di sisi lain, ada ribuan penjual batik baru yang bergabung di Tokopedia selama dua minggu pertama peluncuran kampanye.

"Beli Lokal merupakan kampanye Tokopedia dan ShopTokopedia yang diluncurkan pada momen 12.12 tahun 2023 bersama pemerintah, untuk meningkatkan eksistensi produk dan brand lokal. Kolaborasi tersebut berhasil mendongkrak transaksi sejumlah kategori produk lokal hingga 19 kali lipat (transaksi harian bulan Desember 2023 dibandingkan November 2023)," ucapnya.

Sejumlah wilayah mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal di Tokopedia, yaitu: Jepara (Jawa Tengah), Cirebon (Jawa Barat), dan Ciamis (Jawa Barat), dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat.

Di Tokopedia, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal, antara lain: popok, hampers, dan aksesoris kamera dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 9 kali lipat. (Sumber: Tokopedia, Semester I 2024 dibandingkan Semester II 2023)

Sejumlah wilayah mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal di ShopTokopedia, yaitu: Sumatera Selatan, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Selatan.

Di ShopTokopedia, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal, antara lain: parfum, deodoran, dan hijab, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi lebih dari 3,5 kali lipat. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved