Strategy

Strategi Global DRMA: Ekspansi Pasar dan Peningkatan Efisiensi Produksi

Groundbreaking pembangunan pabrik baru untuk menambah kapasitas produksi (Dok. DRMA)

PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA), emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, mengincar ekspansi komponen otomotif ke pasar luar negeri sebagai upaya untuk mendongkrak kinerja Perseroan di Semester II – 2024 dan di tahun-tahun berikutnya.

Langkah strategis ini diambil untuk menghadapi tantangan penjualan di dalam negeri yang mengalami penurunan.

Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan bahwa penjualan mobil secara wholesale selama periode Januari hingga Juli 2024 mencapai 484.236 unit, yang mengalami penurunan sebesar 17,5% dibandingkan tahun sebelumnya. Penjualan ritel mobil juga mengalami penurunan sebesar 12,2%, dengan total 508.050 unit terjual.

“Melihat kondisi industri otomotif saat ini, salah satu upaya untuk mendongkrak kinerja Perseroan di semester kedua adalah dengan mengincar pasar ekspor komponen otomotif. DRMA telah menyuplai suspension member untuk beberapa model mobil yang sudah diekspor ke berbagai negara. Hal itu menunjukkan bahwa komponen yang kami produksi memenuhi standar kualitas internasional. Berkat kompetensi yang dimiliki Perusahaan, DRMA mendapatkan kepercayaan untuk menyuplai komponen kepada pabrikan otomotif dari merek-merek internasional,” kata Presiden Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso.

Pada bulan Mei 2024, PT Dharma Kyungshin Indonesia (DKI), joint venture (JV) DRMA dengan Kyungshin Corporation dari Korea Selatan, berhasil mengirimkan ekspor wiring harness pertamanya ke Amerika Serikat.

Hingga Semester I – 2024, total nilai ekspor DKI telah mencapai USD 5 juta, yang berkontribusi pada peningkatan pendapatan sebesar 61,2% YoY pada Semester I - 2024. Keberhasilan ini telah memposisikan Dharma Group sebagai pemain baru di pasar global, sesuai dengan visi Perseroan untuk menjadi perusahaan manufaktur kelas dunia.

Dalam rangka mendukung pertumbuhan bisnis DKI, pada tanggal 23 Agustus 2024, DRMA melakukan groundbreaking pembangunan pabrik baru untuk menambah kapasitas produksi DKI, baik untuk produk domestik maupun ekspor.

Peletakan batu pertama dilakukan oleh Irianto Santoso selaku Presiden Direktur DRMA dan disaksikan oleh pejabat pemerintah setempat serta pimpinan usaha Dharma Group. Pabrik baru ini akan dibangun di area tanah seluas 2 hektar dengan bangunan seluas 2,3 hektar yang terdiri dari tiga lantai.

Untuk memaksimalkan peluang ekspansi komponen otomotif ke luar negeri, DRMA juga fokus pada peningkatan kualitas dan efisiensi biaya produksi, karena produksi komponen otomotif merupakan core competency perseroan.

“Peningkatan kualitas dan efisiensi biaya produksi akan meningkatkan kemampuan kami dalam memperluas pangsa pasar sekaligus mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Guna mendukung visi jangka panjang Perseroan untuk menjadi perusahaan manufaktur kelas dunia, kami sedang mempertimbangkan kemungkinan ekspor secara langsung, serta terus mengeksplorasi peluang ekspansi komponen otomotif ke pasar global,” tutup Irianto. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved