Gratis untuk Pemotor, Castrol Luncurkan Castrol Protect untuk Asuransi Kecelakaan
Castrol Indonesia meluncurkan program asuransi kecelakaan diri, Castrol Protect, yang bekerjasama dengan Zensung (Fintech-InsureTech company), Asuransi MSIG Indonesia (perusahaan asuransi personal dan komersial), dan Standard Chartered Indonesia (penyedia layanan cash management). Keempat perusahaan ini menyepakati kerja sama tersebut pada nota kesepakatan yang menandakan peresmian program Beli Oli Motor Castrol Gratis Asuransi Kecelakaan Diri yang berlaku se-Indonesia
Enjelita Jahja, President Director Castrol Indonesia, menjelaskan Castrol Indonesia memberikan asuransi kecelakaan diri yang gratis berskala nasional untuk pemotor di Indonesia yang telah membeli Oli Motor Castrol dan mengaktifkan polis Castrol Protect. “Program perlindungan yang kami pelopori merupakan bentuk kepedulian kami kepada para pemotor dan terlebih konsumen setia kami,” ungkap Enjelita pada siaran pers yang dikutip swa.co.id di Jakarta, Selasa (27/8/2024).
Enjelita mengatakan proteksi asuransi itu sudah selayaknya bisa menjadi bagian dari antisipasi kondisi darurat, mengingat pemotor sangat rentan dengan kecelakaan. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, jumlah kecelakaan lalu lintas di 2023 mencapai 155 ribu kasus. Asuransi kecelakaan diri Castrol Protect yang didukung oleh Zensung (platform yang menggunakan teknologi AI) ini memudahkan pemotor mengakses asuransi dengan melakukan pembelian rangkaian Oli Motor Castrol Power1 Ultimate, Castrol Power1, dan Castrol Activ.
Jadi, setiap pembelian Oli Motor Castrol ini memiliki manfaat asuransi perlindungan otomatis tanpa dipungut bayaran. Total klaim polis asuransi senilai Rp 10 juta per klaim polis. Konsumen yang sudah membeli Oli Motor Castrol hanya tinggal mengaktifkan polis melalui handphone di website Castrol Protect yang dapat di akses melalui QR Code yang tersemat di bengkel-bengkel rekanan Castrol se-Indonesia. “Ini tentunya keuntungan bagi pemotor, ganti Oli Motor pakai Castrol, mesin terlindungi, Anda terlindungi di setiap perjalanan,” ungkap Augustnine Adrianto, Marketing Director Castrol Indonesia. Setelah polis asuransi aktif, maka pemilik polis akan terlindungi selama 30 hari.
Pada kesempatan ini, Amod Dixit, Founder & CEO Zensung, mengatakan Zensung Indonesia berupaya untuk mengakselerasi transformasi digital di industri asuransi. Dalam mendesain aplikasi mobile-web Castrol Protect, perusahaannya menjamin alur kerja yang mudah dan andal, memastikan proses yang sederhana bagi pengguna. Mulai dari pendaftaran di bengkel motor menggunakan handphone hingga integrasi proses berasuransi yang berujung pada pengiriman dokumen polis ke email maupun nomor WhatsApp pelanggan, dalam waktu 10 hingga 15 menit. “Komitmen kami adalah membuat asuransi menjadi lebih mudah diakses dan inklusif melalui penggunaan teknologi canggih seperti AI dan IoT,” ungkap Amod.
Hal senada juga dipaparkan Bernardus P. Wanandi, Vice President Director Asuransi MSIG Indonesia, “Kami merasa bangga dapat berkolaborasi dengan Castrol Indonesia dalam program Castrol Protect,” ujarnya. Dengan semakin banyaknya pengguna motor di Indonesia, terutama di kotakota besar, risiko kecelakaan di jalan juga meningkat.
MSIG, sebagai bagian dari grup asuransi umum terkemuka di Asia, berkomitmen untuk mendukung keselamatan dan kesejahteraan nasabah kami. Kerja sama ini n merupakan langkah strategis MSIG untuk memperluas jangkauan di Asia bersama mitra yang se-visi. "Di tingkat lokal, MSIG Indonesia mendukung program ini dengan kemudahan verifikasi, aktivasi polis, serta proses klaim. Kami optimis program ini akan meningkatkan kesadaran pentingnya asuransi di kalangan pengendara motor, ” imbuhnya.
Standard Chartered Indonesia turut mendukung program asuransi kecelakaan diri Castrol Protect, melalui penyediaan layanan cash management kepada Castrol Indonesia. “Standard Chartered Indonesia bangga bisa mendukung Castrol dalam peluncuran program Castrol Protect. Program asuransi ini sekaligus mencerminkan komitmen bersama kami untuk terus meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Sebagai penyedia layanan cash management bagi Castrol, Standard Chartered berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan bisnis Castrol melalui solusi keuangan terintegrasi kami,” ujar Donald Sianipar, Presiden Komisaris Standard Chartered Indonesia
Program jangka panjang ini diharapkan dapat membuka wawasan pengguna motor betapa pentingnya memberikan perlindungan diri dengan asuransi. Dengan melakukan pembelian Oli Motor Castrol di bengkel yang bermitra Castrol ataupun pembelian melalui Castrol official store di e-commerce, konsumen bisa langsung mendapatkan keuntungan asuransi kecelakaan diri. (*)