Kopi Kenangan Pada Kuartal II/2024 Membukukan Gross Revenue Rp571 Miliar
Kenangan Brands (Kopi Kenangan) pada kuartal kedua tahun ini mencetak kinerja keuangan yang ciamik. "Kami berhasil mencapai gross revenue Rp571 miliar di kuartal kedua tahun ini dan mencapai positive net income untuk pertama kalinya pada periode ini," jelas Edward Tirtanata, Group CEO Kenangan Brands di Jakarta, Selasa (27/8/2024).
Kinerja finansial Kopi Kenangan hingga pertengahan tahun in melampaui performa di periode sebelumnya. Penjualan kopi, misalnya, melonjak sebesar 27% jika apabila kuartal II/2023. EBITDA Kopi Kenangan di kuartal kedua tahun ini turut terkerek lantaran mencapai sebesar 23% dan margin keuntungan bersih (net profit margin) sebesar 5% secara tahunan.
Tidak hanya itu, Kopi Kenangan berhasil meraih performa penjualan produk baru tertinggi di tahun 2023 dan 2024 lantaran produk dari Matcha Series terjual lebih dari 940.000 gelas hanya dalam waktu dua bulan. Kemudian, penjualan produk O.G Aren Series sebanyak 890.000 gelas dalam waktu dua bulan.
Adapun, menu minuman favorit pilihan konsumen di Indonesia adalah Kopi Kenangan Mantan, Creamy Aren Latte dan Americano. Sementara, untuk menu makanan favorit pilihan konsumen Butter Croisaant, Roti Cokelat Klasik, dan Bambang Choco Cheese Toast.
Kopi Kenangan selama tujuh tahun beroperasi telah membuka gerai sebanyak 900 unit. "Guna mewujudkan visi untuk menghadirkan kopi lokal berkualitas untuk seluruh lapisan masyarakat, kami menargetkan untuk membuka gerai Kenangan Brands di Indonesia sebanyak 2 ribu unit pada tahun 2027,” kata Edward menjabarkan.
Edward menyebutkan Kenangan Brands mengekspor biji kopi dari Dampit, Sidakalang, Aceh dan Kintamani ke luar negeri. Ekspor ini dirancang sebagai ekspor biji kopi yang memberikan nilai tambah menjadi segelas kopi. (*)