Marketing

Malaysia, Singapura, Sekarang Filipina dan India: Kenangan Coffee Terus Melaju!

Jumpa Pers Perayaan 7 Tahun Kopi Kenangan. (Foto: Audrey/SWA)

Sudah hampir dua tahun berlalu sejak Kopi Kenangan memulai langkah pertamanya dalam ekspansi internasional dengan membuka gerai di Malaysia.

Tumbuh 360%

Mengingat kembali hari peluncuran pertama di Suria KLCC, di mana lebih dari 1.440 gelas terjual, kini, per Juni 2024, Kenangan Coffee Malaysia telah memiliki lebih dari 48 gerai yang tersebar di lima negara bagian.

Tak hanya di Indonesia, di mana Kopi Kenangan telah menunjukkan performa penjualan yang mengesankan, Kenangan Coffee Malaysia juga mencatat pertumbuhan penjualan yang luar biasa sebesar lebih dari 360% pada kuartal II 2024.

Pertumbuhan ini didorong oleh pembukaan gerai baru serta peningkatan Same Store Sales Growth (SSSG) yang signifikan. Dengan hasil yang memuaskan di semester pertama 2024, Kenangan Coffee Malaysia menargetkan untuk menutup tahun ini dengan total 100 gerai di seluruh Malaysia.

Sementara itu, Kenangan Coffee Singapura juga menunjukkan prestasi yang tak kalah gemilang. Pada hari pertama peluncurannya di tahun 2023, lebih dari 1.500 gelas terjual. Meski belum genap satu tahun, Kenangan Coffee Singapura berhasil meraih pertumbuhan margin EBITDA sebesar 17% pada kuartal II tahun ini.

Penjualan di kuartal yang sama juga meningkat sebesar 43% dibandingkan dengan kuartal I 2024. Saat ini, Kenangan Coffee Singapura memiliki tujuh gerai dan menargetkan penambahan satu gerai lagi hingga akhir 2024.

Di Malaysia, menu favorit para konsumen mencakup Kenangan Latte, Salted Caramel Macchiato, dan D’Spanish Latte, sementara untuk makanan, donut, curry puff, dan muffin menjadi pilihan utama.

Jordan Lung, General Manager Kenangan Coffee Malaysia & Singapore, menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian yang diraih, “Dalam dua tahun sejak ekspansi internasional pertama kami, Kenangan Coffee telah membuktikan diri sebagai salah satu pemain utama di pasar Asia Tenggara, dengan pertumbuhan signifikan di Malaysia dan Singapura. Pencapaian luar biasa ini tidak hanya mencerminkan kekuatan merek kami, tetapi juga memberikan keyakinan bahwa kami berada di jalur yang tepat untuk terus berkembang.”

Ekspansi ke Filipina dan India

Pada perayaan HARMANAS ke-7, Kopi Kenangan secara resmi mengumumkan ekspansi internasional ke Filipina dan India, menjadikannya negara ketiga dan keempat yang disasar. Seperti di Malaysia dan Singapura, kedua negara ini akan beroperasi dengan merek internasional Kenangan Coffee. Kopi Kenangan berharap dapat mempercepat ekspansi globalnya melalui strategi lisensi bisnis dengan mitra F&B lokal di masing-masing negara.

Filipina, yang memiliki selera kudapan manis mirip dengan Indonesia, menjadi pilihan yang tepat sebagai negara ketiga dalam ekspansi ini. Popularitas kopi fresh brew, terutama es kopi, semakin meningkat di kalangan generasi muda Filipina—segmen utama pelanggan Kenangan Coffee. Dari tahun 2021 hingga 2023, penjualan kopi di Filipina tumbuh dengan Compound Annual Growth Rate (CAGR) lebih dari 20%.

Memasuki tahun 2025, Kopi Kenangan akan melangkah keluar dari Asia Tenggara dengan berekspansi ke India. Di India, konsumsi kopi tengah mengalami peningkatan, terutama di kalangan Gen Z dan Millennials.

Tren ini tercermin dalam pertumbuhan penjualan chained cafés di India yang mencapai 29% pada tahun 2020-2022. Ekspektasi pertumbuhan pasar café diprediksi akan terus meningkat 19-21% dalam lima tahun mendatang.

"Di ulang tahun ke-7 Kopi Kenangan, kami merayakan perjalanan luar biasa yang telah membawa kami dari sebuah kedai kecil di Indonesia ke panggung internasional. Ekspansi kami ke Malaysia dan Singapura adalah bukti komitmen kami untuk menyajikan kopi berkualitas kepada lebih banyak orang di seluruh dunia. Ke depan, harapan kami adalah terus memperluas jangkauan dengan membuka 500 gerai internasional Kenangan Coffee yang akan tersebar di berbagai negara," ungkapnya. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved