Ninja B2BR, Layanan Ninja Xpress Menyokong Industri Ritel
Sebagai bentuk dukungan dan untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh dinamika industri ritel di Indonesia, Ninja Xpress, perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi di Indonesia berkomitmen untuk menjadi mitra logistik yang terpercaya. Dengan fokus utama pada efisiensi operasional untuk mendukung solusi komersial, Ninja Xpress menawarkan ekosistem logistik terintegrasi yang komprehensif, dari hulu hingga hilir.
Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress, menyatakan perkembangan bisnis ritel dapat terlihat dari pertumbuhan konsumsi barang yang menjadi kebutuhan sehari-hari. Sejalan dengan Suara UKM Negeri Vol III, yang mana barang yang paling banyak dibeli oleh pembeli online atau e-shopaholics adalah Food and Beverages. “Melihat salah satu kebutuhan dalam mendukung operasional bisnis ritel yang terletak pada efisiensi pengiriman logistik, Ninja Xpress membantu perusahaan menjaga kelancaran operasional bisnis mereka,” jelasnya di Jakarta, Selasa (27/8/2024).
Hanya saja, sektor ini masih menghadapi berbagai tantangan. Salah satu tantangan utama yang dihadapi perusahaan ritel adalah memastikan ketersediaan stok di toko sekaligus menghindari penumpukan stok di gudang. Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Business Review menunjukkan bahwa perusahaan ritel dapat kehilangan hampir setengah dari penjualan yang diharapkan ketika konsumen menghadapi situasi kehabisan stok.
Mengingat kebutuhan dan tantangan tersebut, Ninja Xpress hadir sebagai mitra logistik melalui layanan Ninja B2BR (Business-to-Business-Restock) yang bertujuan untuk mengoptimalkan proses pengiriman operasional bagi bisnis ritel. Dalam hal ini penyebutan antaran praktis didukung oleh kelebihan Ninja Xpress yaitu: pengantaran multiparcel hanya dengan satu airwaybill.
Lalu proses multidrop yaitu pick up dan pengiriman ke banyak titik dalam satu kali pengantaran. Juga, mengimplementasikan teknologi Polygon Routing yang membantu memperkirakan waktu pengiriman sesuai SLA yang telah ditentukan, sehingga dapat menjaga kualitas produk.
Selain itu, antaran ekonomis didukung oleh kelebihan pengiriman Ninja Xpress yaitu: customized handling sesuai kebutuhan ritel seperti pengembalian Delivery Order (DO) atau bukti kirim barang yang tidak dipungut biaya tambahan; Hub and spoke, ekosistem logistik Ninja Xpress memungkinkan ritel mempersingkat beberapa step pengiriman per poin, sehingga biaya menjadi lebih murah.
Rifani Budi, VP of Corporate Sales Ninja Xpress, menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk menghadirkan solusi logistik yang inovatif dan disesuaikan dengan kebutuhan klien, membantu mereka mengatasi tantangan dalam manajemen stok dan distribusi barang serta dapat memberikan solusi komersial bagi bisnis klien.
Salah satu contoh sukses dari layanan B2BR Ninja Xpress adalah kolaborasinya dengan Kopi Kenangan dalam pengiriman “Cerita Roti.” Tantangan dalam pengiriman roti, seperti menjaga kesegaran dan kualitas produk termasuk juga tantangan penjemputan dan pengiriman barang, dapat teratasi dengan Layanan Ninja B2BR.
Welderson Napitupulu, Supply Chain Senior Manager Kopi Kenangan menyampaikan, kemitraan Kopi Kenangan dengan Ninja Xpress telah menjadi game-changer bagi operasional logistik. “Dengan pendekatan just-in-time Ninja Xpress, kami telah melihat transformasi dalam operasional kami. Sebelumnya jam pick up kami adalah di jam 6.00 WIB, yang mana pengantaran roti ke oulet dilakukan pada siang menuju sore hari. Dengan menggunakan Ninja Xpress penjemputan dilakukan pada malam hari saat roti baru jadi, dan pengiriman dilakukan paling lambat jam 12 siang. Dalam hal ini kami dapat memaksimalkan penjualan. Selain itu, customized solution seperti pengembalian tray setelah roti diantarkan juga dapat membantu kami menjaga biaya operasional pengiriman,” ungkapnya.
Dalam kerja sama dengan Kopi Kenangan, Ninja Xpress memastikan bahwa roti diantarkan mulai pukul 6.00 WIB setiap hari ke 188 gerai Kopi Kenangan di Jabodetabek dalam waktu 4-6 jam dan saat ini berhasil mencapai Service Level Agreement (SLA) hingga 95%. Selain itu Ninja Xpress terus menjaga kualitas pengiriman, yang terbukti dengan rendahnya Damage rate atau kerusakan yang timbul dalam pengiriman Food category. Pada akhirnya, kerja sama ini membantu Kopi Kenangan mempertahankan kesegaran produk dan opportunity bisnis.
Tidak hanya logistik terintegrasi yakni Ninja B2BR, Ninja Xpress juga menawarkan berbagai solusi, termasuk Ninja Fulfillment, untuk mendukung layanan pergudangan, meminimalkan biaya penyimpanan inventaris, dan menyediakan tenaga profesional untuk manajemen gudang.
Sampai sekarang Ninja Xpress dapat mengirimkan paket ke hampir 100% wilayah Indonesia dengan jangkauan lebih dari 1.000 station dan hub di seluruh Indonesia. Hadir sejak tahun 2015, Ninja Xpress bantu mengantarkan produk UKM sampai di tujuan dengan memberikan pilihan layanan fleksibel dan menghadirkan kemudahan sistem yang memungkinkan pelacakan paket secara real-time. (*)