Trends

Syngenta Berkomitmen Mendukung Petani Indonesia Maju

Syngenta Berkomitmen Mendukung Petani Indonesia Maju

Syngenta Indonesia punya cara tersendiri dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79, yang berlangsung sejak 17 – 31 Agustus 2024. Sejumlah acara digelar dalam dua pekan bersama lebih dari 10.000 petani di seluruh Indonesia. Peringatan ini dilakukan melalui serangkaian kegiatan-kegiatan edukasi lapangan, olah raga dan aneka lomba menarik dengan tema #JejakBaruPetaniMaju. Kegiatan ini dilakukan di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Palembang, Lampung, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Tengah.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Syngenta Indonesia dalam mendukung pemerintah dalam mencapai Indonesia Maju 2045. Tentu saja dari sektor pertanian dengan mengedukasi petani mengenai teknologi-teknologi Syngenta Indonesia yang dapat mendukung peningkatan produktivitas hasil panen,” ungkap Wahyu Pradipta, Campaign and Digital Manager Syngenta Indonesiadalam keterangan resmi (28/08/2024).

Melalui kegiatan #JejakBaruPetaniMaju Syngenta Indonesia melakukan kegiatan edukasi mengenai teknologi pertanian untuk peningkatan produktivitas pertanian dan berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan petani. Sebab, melalui peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dari para petani, maka transfer teknologi dapat berjalan dengan baik dan efektif. Transfer teknologi dari hasil penelitian selama puluhan tahun diharapkan akan memampukan petani untuk memecahkan permasalahan usaha tani dan menghasilkan produktivitas lebih tinggi, yang mana pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia.

“Kami mendesain pola edukasi yang baru yang lebih kreatif dan menarik untuk para petani Indonesia. Pola edukasi di lapangan, kegiatan-kegiatan di lahan pertanian yang melibatkan keseruan dan keceriaan karena disertai dengan permainan yang menarik dan seperti Jambore Petani, Kegiatan Pameran dan Aktivasi Teknologi, Kegiatan kultural, serta perlombaan-perlombaan yang menarik lintas generasi yang membuat para peserta dan penonton tertawa bahagia karena acara tersebut,” kata Suhendro, Marketing Head Syngenta Indonesia, menambahkan.

Jambore Petani dilaksanakan di Karawang, Jawa Barat, Pringsewu, Lampung, dan Solo, Jawa Tengah bersama hampir 3,500 petani dengan edukasi teknologi Vestoria pengendali hama wereng cokelat, kemudian dilanjutkan dengan edukasi teknologi Score sebagai “real booster padi” dan pengendalian cendawan penyebab penyakit padi, serta teknologi Amistar untuk memaksimalkan pengisian bobot pada gabah padi.

Pameran teknologi Adepydin sebagai teknologi yang memberikan performa tanaman yang sehat dan bebas penyakit dimana tanaman yang sehat akan mendorong peningkatan kualitas dan produktivitas panen. Teknologi Adepydin ini ditujukan untuk tanaman bawang daun, tomat, dan kentang dilakukan di Magelang, Jawa Tengah, Kuburaya, Kalimantan Barat, dan Kerinci, Sumatra Barat kepada 3,000 petani sayuran. Hal ini dilakukan dengan aktivitas yang menyehatkan bagi petani yaitu senam sehat bersama untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia.

Wahyu memaparkan bahwa untuk menambah semarak kemerdekaan Indonesia, proses edukasi transfer teknologi Plinazolin, teknologi Adepydin, teknologi Tinivion, teknologi Amistar, dan teknologi Score juga dilakukan dengan mempromosikan relevansi kultural seperti Kesenian Irama Minang di Sumatra Barat, Perlombaan Menangkap Hewan di Sumatra Utara, serta perlombaan khas kemerdekaan Kompetisi Olahraga, Perlombaan Tarik tambang, Perlombaan lari, Lomba tanaman sehat, Perlombaan Memancing atau Mandurung, Perlombaan Hias Kapal, di sebagian besar wilayah di Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi dengan melibatkan lebih dari 10,000 petani padi dan sayuran.

Kegiatan-kegiatan yang bersifat olah raga dan menarik untuk dilakukan, sesuai dengan permintaan petani akan tetap dilakukan dan akan menjadi kebiasaan agar Syngenta Indonesia dapat selalu berinteraksi dengan petani secara lebih dekat lagi. Salam #JejakBaruPetaniMaju Dirgahayu Republik Indonesia 79 Tahun, Nusantara Baru Indonesia Maju.

“Kegiatan-kegiatan tersebut seperti edukasi di lahan pertanian merupakan salah satu komitmen kami dalam meningkatkan pemahaman petani akan teknologi pertanian yang lebih maju dan mampu memberikan hasil yang lebih baik,” ucap Wahyu.

Syngenta Indonesia akan terus melanjutkan banyak kegiatan serupa di Indonesia diikuti dengan pelatihan dan edukasi petani mengenai teknologi-teknologi Syngenta serta praktek budidaya yang baik untuk mendukung keberhasilan budidaya petani. Syngenta Indonesia akan terus berkomitmen untuk menjadi pusat inovasi teknologi pertanian dan menjadi mitra terpercaya petani Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan keluarga.

Syngenta Indonesia adalah bagian dari Syngenta Group, perusahaan pertanian global, yang terdiri dari Syngenta Crop Protection dan Syngenta Seeds. Ambisinya adalah membantu menyediakan pangan dunia dengan aman dengan tetap menjaga Bumi. (***)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved