Strategy

Upaya Bluebird (BIRD) Menjaga Reputasi Pariwisata di Bali

Foto : Istimewa/

Jumlah kunjungan wisatawan asing ke Bali pada Januari-Mei 2024 tumbuh sebesar 27,46% atau menjadi 2.392.336 kunjungan. Tren positif kunjungan wisman ke Bali ini PT Bluebird Tbk (BIRD) atau Blue Bird berpartisipasi aktif menjaga suasana yang kondusif, aman dan nyaman agar Bali tetap menjadi destinasi pariwisata favorit. Bluebird yang selama 35 tahun menjadi bagian dari pertumbuhan pariwisata Bali, tergerak untuk ikut menjaga reputasi pariwisata di Pulau Dewata. Oleh karena itu, BIRD meluncurkan kampanye dan edukasi bertajuk #TrueBlue.

Kampanye ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya wisatawan agar dapat dengan mudah membedakan armada Bluebird asli dengan yang serupa. Dengan begitu, diharapkan wisatawan dapat terhindar dari pengalaman tidak menyenangkan selama berada di Bali.

Komitmen Bluebird adalah memberikan pengalaman perjalanan tak terlupakan kepada wisatawan saat berkunjung ke Bali dengan layanan Standar Nyaman Indonesia (SNI). Perseroan meyakini pengalaman positif wisatawan memainkan peranan penting dalam meningkatkan industri pariwisata di Bali. "Kami prihatin dan menyayangkan maraknya kriminalitas yang kerap menimpa wisatawan belakangan ini. Sehingga kami tergerak untuk mengampanyekan #TrueBlue sebagai bentuk edukasi dalam mendapatkan layanan Bluebird yang asli,” ungkap Mediko Azwar, Chief Marketing Officer BIRD di Nusa Dua Bali, Rabu (28/8/2024) kemarin.

Guna memperkuat pesan kampanye ini, Bluebird menyelenggarakan diskusi yang bertemakan Safeguarding Bali’s Wonders with #TrueBlue” untuk membahas lebih lanjut mengenai peran Bluebird sebagai penyedia solusi mobilitas dapat bersinergi dengan pemangku kepentingan untuk memecahkan permasalahan yang terjadi di Bali dengan bersama-sama menciptakan pariwisata yang aman dan nyaman.

Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali, Tjokorda Bagus Pemayun mendukung gerakan yang diinisiasi Bluebird. “Kami sangat menyambut baik inisiatif dari Bluebird ini. Kampanye ini merupakan langkah konkret yang sangat dibutuhkan untuk menjaga citra positif Bali sebagai destinasi wisata yang aman dan nyaman,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Bali, I Gde Wayan Samsi Gunarta, turut menyoroti pentingnya sektor transportasi dalam mendukung keamanan pariwisata.“Aspek keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi pengalaman wisatawan. Dengan adanya kampanye Bluebird ini dapat mendorong kepercayaan wisatawan terhadap layanan mobilitas di Bali," tuturnya.

Sementara itu, Ni Luh Putu Ary Pertami Djelantik, sebagai tokoh masyarakat Bali menekankan pentingnya kolaborasi antar pihak pemerintahan dan swasta. Kerja sama yang baik antara pemerintah dan sektor swasta adalah kunci untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi wisatawan dan masyarakat lokal. Inisiatif seperti #TrueBlue perlu didukung oleh semua pihak agar dapat mencapai tujuan bersama.

Bluebird berharap dapat terus mendukung upaya pemerintah Bali dalam menjaga keamanan dan kenyamanan pariwisata. Bluebird berkomitmen untuk menyediakan layanan mobilitas SNI, serta berkontribusi secara aktif dalam menciptakan pengalaman yang positif bagi wisatawan selama berlibur di Bali.

Mediko mengapresiasi para mitra yang turut mendukung kampanye #TrueBlue. “Kolaborasi menjadi bagian penting dalam menyukseskan kampanye ini. Kami senang karena dapat bersinergi dengan mitra-mitra dari sektor swasta. Hal ini membuktikan bahwa banyak pihak siap bersatu untuk menjaga citra Bali,” sebut Mediko. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved