Baru 19,8% Market Share: LG Terus Berambisi Dominasi Pasar Smart TV, Ini Strateginya
LG Electronics Indonesia (LG) terus menunjukkan keseriusannya dalam menggarap pasar smart TV, dengan hasil yang semakin terlihat baik dari sisi pertumbuhan penjualan maupun popularitas mereknya yang meningkat pesat tahun ini.
Keberhasilan LG menjadi merek terpopuler dan paling diinginkan konsumen tidak lepas dari tiga parameter utama yang digunakan untuk mengukur kinerja sebuah merek. Ketiga parameter tersebut adalah Top of Mind Awareness yang menunjukkan merek paling diingat, Last Used yang mewakili merek pada kategori produk yang terakhir digunakan, serta Future Intention yang menggambarkan merek yang paling diinginkan di masa mendatang.
Jay Jang, Marketing and Relations Director of LG Electronics Indonesia, menjelaskan bahwa aktifnya LG dalam memperkenalkan produk-produk inovatif melalui Consumer Electronics Show, sebuah ajang global tahunan bagi inovasi produk elektronik konsumer, menjadi salah satu faktor kunci dalam meningkatkan kesadaran publik terhadap teknologi canggih LG. Dari sinilah terbentuk persepsi positif masyarakat terhadap kecanggihan teknologi LG dan menginspirasi mereka untuk memilikinya.
Selain itu, LG juga menerapkan strategi komunikasi yang melibatkan partisipasi publik dalam berbagai kegiatan, sehingga konsumen dapat langsung merasakan pengalaman menggunakan produk LG. Strategi ini semakin memperkuat posisi LG sebagai merek yang diinginkan oleh konsumen.
Lee Taejin, Presiden LG Electronics Indonesia, menambahkan bahwa sejak awal peluncuran berbagai inovasi produk terbaru, LG telah berfokus pada program pemasaran yang lebih melibatkan interaksi dengan konsumen. Menurutnya, LG memastikan layanan pembelian produk dan purna jual yang paripurna untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.
Sepanjang tahun ini, LG gencar memperkenalkan berbagai produk terbaru di kategori smart TV. Mulai dari kategori premium seperti OLED evo G4 dan C4, hingga QNED dengan layar 98 inci. Produk-produk premium ini dilengkapi dengan pembaruan pada Alpha AI Processor, yang semakin mengukuhkan posisi LG sebagai pemimpin dalam teknologi visual dan audio untuk smart TV.
Vincent Martana Wenas, Head of Product Marketing Home Entertainment PT LG Electronics Indonesia, mengungkapkan bahwa untuk beberapa kategori tertentu, seperti TV OLED, LG telah menjadi market leader. Menurut Vincent, permintaan pasar TV OLED di Indonesia mencapai 1000 unit per bulan, dan LG berhasil menguasai lebih dari 50 persen pangsa pasar.
Meski demikian, Vincent mengakui bahwa secara keseluruhan LG belum menjadi market leader untuk kategori smart TV. “Secara keseluruhan untuk smart tv, kami belum menjadi market leader, mungkin tahun depan,” kata Vincent.
Dari sisi pangsa pasar untuk smart TV, LG terus berupaya meningkatkan pangsa pasarnya, yang tahun lalu berada di angka 15%, dan pada Juli tahun ini mencapai 19,8%. Hingga akhir tahun, LG menargetkan pangsa pasar di atas 20%.
Untuk mencapai target ini, LG semakin agresif dalam melakukan promosi, baik melalui branding di media sosial, billboard, maupun kampanye above the line seperti iklan video di bioskop, YouTube, Instagram, dan media sosial lainnya.
Di sisi lain, LG juga menggelar aktivitas below the line seperti pameran di mal, product demo, experience zone di CGV Grand Indonesia, dan sponsorship di berbagai acara.
Keseriusan LG dalam meraih hati konsumen terbukti dengan diraihnya penghargaan Top Brand Award 2024 untuk lima kategori produk, yaitu audio, kulkas, mesin cuci, smart TV, dan perangkat pendingin udara (AC). "Lebih dari sekadar menjadi yang paling populer, penghargaan ini merupakan cerminan jujur atas upaya LG dalam membangun kepercayaan publik melalui inovasi, kualitas, dan layanan kami," pungkas Lee Taejin. (*)