Pameran Yuguo Memberdayakan UMKM untuk Membuka Peluang Baru
Dengan cepatnya globalisasi dan perkembangan pesat e-commerce membawa peluang baru yang belum pernah terjadi sebelumnya di Indonesia. Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berhasil memanfaatkaan peluang-peluang bisnis baru, seperti yang tecermin di 2024 Yuguo Indonesia E-Commerce Exhibition & 2024 Indonesia SME Conference and E-Commerce Product Expo di ICE BSD City, Tangerang pada 30 Agustus-1 September 2024.
Pameran ini bertujuan untuk menyediakan platform profesional bagi pemilik usaha dan pelaku e-commerce di Indonesia dalam berkolaborasi, belajar, dan berkembang, serta menghadirkan lebih banyak produk berkualitas dari supplier tangan pertama untuk menciptakan peluang bisnis baru untuk UMKM di Indonesia.
“Selama tiga hari acara ini, jumlah total pengunjung mencapai 9.579 orang. Kolaborasi pemerintah, dunia usaha, dan artis mampu menghidupkan suasana acara lebih meriah,” jelas Nancy Shen, Co-founder & Vice President Yuguo Ecommerce dikutip, Senin (2/9/2024).
Pameran ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk memamerkan produk dan memperluas jaringan bisnis. Peserta tidak hanya dapat menampilkan produk dan layanan, tapi juga berinteraksi langsung dengan calon pelanggan dan mitra bisnis, serta dapat memperluas saluran bisnis mereka. Pengunjung dapat memperoleh informasi terbaru tentang industri dan meningkatkan kemampuan bisnis mereka melalui berbagai aktivitas yang diadakan
Nancy menceritakan para pejabat pemerintah dan dunia usaha dari Indonesia berkumpul untuk menyaksikan seremonial pembukaan pameran. Selain itu, wakil-wakil dari berbagai kalangan menyampaikan pidato yang penuh inspirasi. Pameran ini juga menampilkan sesi khusus yaitu "Talkshow Artis", di mana sembilan selebritas terkenal berkumpul untuk menyebarkan dan mengungkapkan peluang dan potensi kerjasama antara merek dan artis.
Sesi khusus dalam Menawarkan Konten dan Tips Praktis untuk UKM Pameran ini fokus pada bidang-bidang inti dalam industri e-commerce, dengan berbagai sesi khusus yang dirancang dengan cermat, mulai dari talkshow artis, operasional ShopTokopedia, hingga penjualan multichannel dan pemasaran merek. Setiap detail acara memberikan wawasan industri yang berharga dan saran praktis yang berguna. Melalui sesi-sesi ini, peserta tidak hanya mendapatkan informasi terkini tetapi juga berinteraksi langsung dengan para ahli industri, berbagi pengalaman, dan mengeksplorasi ide-ide baru.
Salah satu sesi yang sangat diperhatikan adalah sesi operasional ShopTokopedia, di mana penjual sukses membagikan pengalaman mereka dalam mengoptimalkan penjualan. Sementara lembaga MCN terkemuka membahas peluang baru dalam siaran langsung. Untuk perusahaan yang ingin memperluas bisnis di berbagai platform, para ahli dari Amazon Global dan Shopify Plus juga membagikan strategi sukses dalam sesi multi-platform, membantu peserta memahami rahasia perkembangan multiplatform.
“Selama pameran, banyak peserta, ahli industri, dan raksasa e-commerce terkemuka hadir, dengan santai membagikan pengalaman sukses dan wawasan mendalam mereka. Sesi dialog artis mengundang tokoh-tokoh penting dan ahli untuk membahas strategi merek dan pemasaran yang dapat membantu perusahaan berkembang lebih baik. Kehadiran para tamu ini tidak hanya meningkatkan profesionalisme acara, tetapi juga memberikan inspirasi berharga bagi peserta dan pengunjung,” ungkap Nancy.
Pameran mendatang akan lebih menekankan inovasi dan penerapan teknologi, menghadirkan lebih banyak teknologi, produk, dan model baru untuk membantu perusahaan Indonesia mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan di era digital. Yuguo juga dikenal sebagai platform terintegrasi bagi brand yang ingin tersebar luas, dengan mengembangkan jalur e-commerce internasional selama 10 tahun, menggabungkan sumber daya tautan lengkap e-commerce. (*)