Business Update

25 Tahun Quantum Group Garap Industri Springbed

Yufardis - Direktur PT Quantum Tosan Internasional

Quantum Group di bawah bendera PT Quantum Tosan Internasional telah menapaki perjalanan panjang dengan penuh inovasi dan dedikasi selama 25 tahun dalam melayani pelanggan. Perusahaan ini pun menyeruak menjadi pemain utama springbed di negeri ini.

Berdiri pada 24 Agustus 1999, Quantum Group telah berkembang pesat dari sebuah home industry di Pamulang, Tangerang Selatan, hingga menjelma menjadi perusahaan berskala besar dengan memiliki pabrik utama di kawasan industri di Parung, Bogor, di atas lahan seluas 15 hektare. Perusahaan ini memulai dengan visi yang kuat, yaitu menyediakan kasur berkualitas yang terjangkau oleh semua kalangan, dengan fokus pada kenyamanan dan kesehatan dengan tidur yang optimal.

Hal tersebut dilakukan Quantum Group dengan memperluas portofolio produknya melalui pengembangan multibrand yang menyasar berbagai segmen pasar. Saat ini, Quantum Group memasarkan beberapa merek springbed terkenal, antara lain Quantum, Uniland, Uniland Sleep, Dreambox, dan Domi. Merek-merek ini melayani berbagai kebutuhan dan preferensi konsumen, mulai dari segmen atas hingga menengah-bawah, serta yang khusus menggarap pasar anak muda (Gen Y dan Z).

“Produk dari Quantum Group beragam, yaitu kasur springbed, kasur busa, dan busa (polyurethane foam). Kami juga memproduksi pelengkap tidur, seperti bantal, guling, pelindung kasur, topper, dan trifold,” kata Yufardis, Direktur PT Quantum Tosan Internasional.

Dengan strategi menyuguhkan beragam merek dan produk, Quantum Group mampu menjangkau berbagai lapisan masyarakat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi konsumen dalam menemukan springbed yang sesuai dengan kebutuhannya.

Memang, sejak awal, Quantum Group menempatkan inovasi sebagai salah satu pilar utama dalam strategi bisnisnya. Hal ini sejalan dengan industri kasur di Indonesia yang terus mengalami perubahan signifikan selaras dengan peningkatan ekspektasi konsumen terhadap kualitas dan kenyamanan produk kasur. Pengelola perusahaan ini pun menyadari hal tersebut sejak dini dan mengambil langkah berani untuk mengembangkan produk yang tidak hanya mengikuti tren, tetapi juga memimpin perubahan dan inovasi di industrinya.

Itu sebabnya, Quantum Group terkenal dengan produk kasur springbed-nya yang orthopedic, yang dirancang untuk memberikan dukungan optimal bagi tubuh, khususnya untuk kesehatan tulang belakang dan sendi. Produk ini menjadi fondasi keberhasilan Quantum Group sehingga menciptakan reputasi sebagai merek yang peduli kesehatan pelanggan.

Inovasi Quantum Group tidak berhenti di sana. Perusahaan ini juga menjadi pionir dalam produksi kasur bebas timbal pertama di Indonesia. Langkah ini menunjukkan komitmennya terhadap kesehatan konsumen dan keberlanjutan lingkungan. Semua busa polyurethane foam yang diproduksi Quantum Group telah bebas dari kandungan logam berat dan bersertifikasi TUV-Rheinland, sebuah pencapaian yang memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam teknologi ramah lingkungan di industri springbed.

Inovasi lainnya, Greentea Latex, produk busa bebas timbal yang memiliki karakteristik serupa dengan lateks alami, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau. “Produk ini menjadi solusi bagi konsumen yang menginginkan kualitas dan kenyamanan dari lateks alami namun tetap peduli terhadap keberlangsungan lingkungan,” Bunli dari Mattress Department PT Quantum Tosan Internasional menjelaskan.

Quantum Group juga menunjukkan kepeduliannya pada kesehatan konsumen melalui penerapan teknologi vacuum cleaning dalam proses produksi. Teknologi ini digunakan untuk membersihkan partikel debu dan tungau pada setiap kasur sebelum dikirim ke konsumen. “Ini merupakan komitmen kami agar konsumen mendapatkan kasur yang siap pakai dan aman bagi kesehatan,” ujar Yus, panggilan keseharian Yufardis.

Perusahaan ini juga tidak hanya berfokus pada produk, tetapi juga berupaya keras memberikan customer experience yang optimal. Kesadaran ini mendorongnya membuka ruang pajang di BSD City, Tangerang Selatan (ruang pajang kedua segera dibuka di PIK 2 Jakarta). Selain itu, Quantum Group juga menawarkan layanan custom: konsumen dapat memesan kasur dengan bentuk dan ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Dalam upaya menjaga kepuasan pelanggan, Quantum Group telah membangun sistem layanan pelanggan yang solid. Antara lain, dibuat Divisi Customer Care yang tidak hanya menangani garansi dan informasi produk, tetapi juga memberikan solusi cepat untuk setiap keluhan pelanggan. Dengan fokus pada kepuasan pelanggan, Quantum Group berhasil mempertahankan rating tinggi pada berbagai platform online, dengan penilaian konsisten di angka 4,9 dari 5,0.

“Kami selalu memastikan bahwa setiap pelanggan merasa dihargai dan mendapatkan pengalaman terbaik ketika berinteraksi dengan produk dan layanan kami,” Yus yang menapak kariernya sebagai Manajer Marketing & Sales Perusahaan Polyurethane Foam and Spring Mattarss di Bandung (1989-1999) ini menegaskan.

Dalam upaya membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, Quantum Group juga menggelar berbagai program yang bertujuan untuk meningkatkan loyalitas dan customer engagement. Salah satu program andalannya dikaitkan dengan perayaan Hari Pelanggan Nasional, 4 September.

“Kami ingin memastikan bahwa setiap pelanggan merasa dihargai dan mendapatkan pengalaman terbaik ketika berinteraksi dengan produk dan layanan kami,” kata Yus. Program tersebut berlangsung selama 1-5 September, yang mencakup berbagai aktivitas, antara lain diskon produk, giveaway di media sosial, dan hadiah langsung saat pelanggan membeli produk Quantum Group ─antara lain hadiah vacuum cleaner.

Perusahaan ini pun memahami pentingnya kehadiran di medsos sebagai sarana untuk berinteraksi dengan konsumen dan membangun loyalitas. Quantum Group pun rutin membagikan konten edukasi yang relevan, seperti tips memilih kasur yang tepat dan pentingnya tidur yang nyaman dan sehat.

Lalu, tak lupa mengadakan giveaway di medsos dan e-commerce resminya sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan. Langkah ini tidak hanya meningkatkan loyalitas pelanggan, tetapi juga memperluas jangkauan perusahaan ke pasar yang lebih luas, terutama di kalangan generasi muda.

Untuk lebih mendekatkan diri dengan konsumen, Quantum Group memastikan produk-produknya tersedia di seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Perusahaan ini menggandeng sejumlah reseller atau distributor resmi, serta hadir di semua marketplace besar di Indonesia. Dengan demikian, Quantum menjamin bahwa setiap konsumen, di mana pun mereka berada, dapat dengan mudah mengakses produknya.

Bahkan, perusahaan ini memiliki perwakilan di Ceko untuk menyasar pasar Eropa. Ceko dipilih karena berada di tengah-tengah benua Eropa, untuk menjangkau pasar Jerman dan Swedia, dengan menggunakan brand Quantum.

Perusahaan ini tidak hanya berfokus pada produksi, tetapi juga sangat memperhatikan pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan berbagai cara. Salah satunya, rajin mengikuti pameran untuk mengetahui tren perkembangan di industrinya.

“Kami selalu mengikuti pameran-pameran, baik di dalam maupun luar negeri, untuk melihat perkembangan teknologi terbaru yang bisa kami adaptasi,” ungkap Yus yang pernah menjadi Kepala Cabang PT Colombia Dharma Pertiwi (Columbia Cash & Credit) Cabang Bandung tahun 1986-1989 ini.

Ini menunjukkan betapa seriusnya Quantum Group dalam mengejar inovasi dan memastikan bahwa karyawan mereka selalu berada di garis depan dalam memahami tren terbaru di industrinya. Selain itu, perusahaan ini juga rajin menjalankan pelatihan internal secara rutin, sebuah langkah yang sangat penting untuk menjaga kualitas SDM mereka tetap kompetitif di pasar yang terus berubah.

Kiprah Quantum Group di industrinya telah menuai sukses. Ini bisa terjadi karena adanya visi yang kuat, yang didukung oleh dedikasi terhadap inovasi dan kepuasan pelanggan sehingga dapat mengubah sebuah perusahaan kecil menjadi pemain empat besar industrinya.

Di tengah perubahan yang cepat dalam tren dan teknologi, Quantum Group juga dapat tumbuh dan berkembang selama 25 tahun. Kuncinya, memahami pelanggan dengan menciptakan customer satisfaction dan customer engagement sehingga pelanggan menjadi loyal. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved