Entrepreneur

Nyaris Bangkrut, Bisnis Pemuda Bali Ini Bisa Bangkit, Apa Kuncinya?

Berbagai produk Denara Bali yang dapat dibeli via e-commerce. (dok Tokopedia)

Denara Bali, usaha kosmetik dan perawatan tubuh lokal Bali yang berdiri tahun 2008 pernah nyaris bangkrut. Namun, berkat kegigihan dan kejelian Sathya Narayana (26) (CEO Denara Bali) melihat peluang, bisnis ini bisa bangkit dan berkembang hingga dapat mengirimkan produk ke seluruh Indonesia.

Bisnis ini berawal dari kedua orang tua Sathya, Made Diksa Wimona dan Ni Wayan Kesumawati Dewi yang pintar melihat peluang bisnis di industri kosmetik dan perawatan tubuh, terutama di produk spa Bali yang sangat menjanjikan pada tahun 2007. Setelah melakukan riset dan belajar meracik produk seperti body scrub dan sabun alami selama satu tahun, akhirnya Made Diksa dan istri mendirikan Denara Bali pada Agustus 2008.

Pandemi Covid-19 yang melanda membuat hampir semua sektor industri lesu, tak terkecuali sektor industri perawatan tubuh. Denara Bali termasuk usaha yang terimbas pandemi hingga nyaris tutup karena saat itu seluruh sistem pemasarannya masih offline. Melihat dampak dari pandemi, Sathya Narayana turun tangan membantu bisnis tersebut.

Lalu, Sathya memegang tongkat komando untuk memimpin upaya pemulihan bisnis Denara Bali dengan berinovasi dari segi strategi penjualan. Jika sebelumnya hanya mengandalkan ritel, Denara Bali kini juga memanfaatkan platform online seperti Tokopedia dan ShopTokopedia.

Di samping pemasaran, Sathya juga fokus mengembangkan beragam produk yang memanfaatkan bahan baku lokal dari kekayaan alam Indonesia. “Contohnya, kami memakai kunyit untuk produk Heritage Edition varian turmeric, lidah buaya, bengkoang, dan rumput laut. Kami juga melibatkan puluhan karyawan untuk berkarya karena kami ingin memberi dampak bagi masyarakat sekitar, termasuk dengan ibu rumah tangga yang kesulitan mendapatkan pekerjaan karena keterbatasan usia dan pendidikan,” kata Sathya dalam bincang bersama Tokopedia, Selasa (3/9/2024).

Dirinya mengaku, sejak ikut beragam kampanye dan menggunakan fitur di Tokopedia dan ShopTokopedia, omzet bisnisnya meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan sebelum mengikuti kampanye dan fitur Tokopedia dan ShopTokopedia, yang berkontribusi sebesar 25% terhadap penjualan keseluruhan Denara Bali.

Melalui Tokopedia dan ShopTokopedia, Denara Bali juga mampu menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi, di luar Pulau Bali. Beberapa produk terlaris Denara Bali seperti body scrub, hand and body lotion, dan natural soap. Denara Bali pun serius memanfaatkan ShopTokopedia dengan membentuk tim marketing yang di dalamnya mencakup content creator yang fokus membuat beragam konten menarik serta mengamati berbagai tren.

“Bagi kami, kehadiran ShopTokopedia menjadi strategi soft selling yang menggabungkan tren di masyarakat dengan tema khusus dan identitas Denara Bali yang menghadirkan harmoni antara keindahan alam dan rangkaian kecantikan, memberikan sentuhan alami yang memancarkan pesona Pulau Dewata,” ucapnya. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved