Strategy

Gokana Ramen & Teppan Tebar Hadiah Rp 1 Miliar di HUT ke-20

Hingga Agustus 2024, Gokana telah memiliki lebih dari 125 cabang yang tersebar di 15 provinsi di Indonesia (Foto: Gokana)

Ada yang berbeda dengan perayaan hari jadi resto masakan Jepang, Gokana Ramen & Teppan yang ke-20 tahun ini. Resto full service yang menghadirkan variasi masakan Jepang dengan cita rasa Indonesia halal, gurih, dan lezat sejak tahun 2004 menebar hadiah total Rp1 miliar untuk pelanggan.

Strategi pemasaran ini diharapkan meningkatkan animo masyarakat untuk terus menyantap menu di Gokana. Ada menu andalan Ramen dengan berbagai pilihan tingkat kepedasan, Teppan dengan berbagai pilihan jenis daging, Bento yang dikemas dengan premium, serta makanan pendamping seperti Chicken Katsu dan Ebimaki.

Gokana membuka gerai pertama pada 5 Oktober 2004 di Supermal Karawaci, Tangerang. Di bawah manajemen PT Champ Resto Indonesia Tbk (ENAK), Gokana terus melebarkan sayap Gokana sejak tahun 2010 ke luar Jabodetabek dan Jawa Barat, hingga Bali, Medan dan Makassar dengan tingkat penerimaan masyarakat yang antusias. Hingga Agustus 2024, Gokana telah memiliki lebih dari 125 cabang yang tersebar di 15 provinsi di Indonesia termasuk Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

“Target Gokana akan buka di seluruh penjuru Indonesia, sehingga seluruh warga Indonesia dapat menikmati ramen yang enak dan halal,” ujar Hade Mboi, Chief Operating Officer PT Champ Resto Indonesia Tbk dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Gokana berkomitmen untuk selalu memberikan kepuasan kepada para pelanggannya dan berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Pada September 2022, Gokana melakukan rebranding dan berhasil membuat Gokana kini terlihat lebih fresh dan kekinian. Rebranding yang dilakukan sangat terlihat pada menu-menu yang makin variatif dan sesuai dengan trend pasar seperti Collagen Ramen dan Truffle Ramen, tampilan outlet yang lebih menarik dan fresh, serta tampilan logo yang lebih modern. “Rebranding kami lakukan karena Gokana ingin menghadirkan brand yang lebih fresh dan up to date dengan perkembangan zaman,” ucap Hade.

Menurutnya, dalam merayakan ulang tahun ke-20 di tahun 2024, Gokana Ramen & Teppan menggelar berbagai program promo spesial untuk memanjakan para konsumennya. Program yang bertemakan #GokanaKini “Berbagi Hadiah” ini memberikan hadiah spesial berupa program promo undian untuk seluruh pelanggan setianya. Tak tanggung-tanggung, brand dari Champ Resto ini membagikan hadiah total Rp 1 miliar, yang mana hadiah utamanya adalah sebuah unit mobil listrik Wuling Binguo EV-Premium Range. Secara total ada lebih dari 400 hadiah menarik yang akan dibagikan kepada customer Gokana yang beruntung, Hadiah utama berupa 1 mobil listrik, 5 Ipad Air, 5 Iphone 15, 6 smart TV, 150 voucher makan gratis setahun di Gokana, 50 e-voucher dan ratusan voucher Gokana.

Program undian akan dilakukan secara offline dan online. Untuk program undian offline, setiap customer yang bertransaksi minimal Rp 150 ribu sebelum pajak berhak mendapatkan 1 kupon undian (maksimal 10 kupon per 1 transaksi). Ini berlaku untuk seluruh channel pembelian mulai dari dine in, takeaway, online order, maupun big order.

Customer juga bisa mendapatkan tambahan hadiah dengan mengikuti undian online melalui aplikasi Champ Rewards, yang merupakan aplikasi loyalti milik PT Champ Resto Indonesia Tbk. Undian online bisa diikuti dengan menukarkan 1.500 poin dengan 1 kupon undian. Pengundian dilakukan bersamaan,” jelas Hade. Periode pengumpulan kupon undian berlangsung selama tiga bulan, mulai 1 September 2024 hingga 30 November 2024.

Champ Resto menaungi 7 merek dan mengoperasikan lebih dari 330 outlet yang tersebar di 15 provinsi, termasuk Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Resto ini berkonsep farm to fork dan didukung oleh lebih dari 7.000 karyawan. Beberapa merek tersebut adalah Raa Cha, Gokana (makanan Jepang), BMK atau Bakso Malang Karapitan (makanan Indonesia), Platinum dan Platinum Grill (makanan Barat dan Fusion), Chopstix (makanan Asia), dan Monsieur Spoon (toko roti dan kafe). Hingga tahun 2021, perseroan telah memiliki total lebih dari 276 gerai di wilayah Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi.

Sebagai perusahaan publik, saham ENAK dimiliki sejumlah pihak. Sebut saja Ali Gunawan Budiman membeli 3.941.000 saham (16,61%) senilai Rp 5,2 miliar pada Juli 2023, Alba Cipta Rasa 15,89%, Barokah Melayu Foods Pte. Ltd merupakan pemilik 37,85%, PT Cipta Rasa Juara 11,07%, dan pemegang saham lainnya 18,76%.

Dari sisi kinerja, ENAK meraup penjualan bersih tahun 2022 senilai Rp 1,26 triliun. Hal itu berimbas pada kinerja bottom line perusahaan, di mana ENAK berhasil membalik rugi menjadi laba. ENAK melaporkan meraih laba Rp 70,04 miliar, dari sebelumnya rugi Rp 20,77 miliar pada 2021. Kinerja postif berlanjut pada Kuartal I/2024 yang membukukan pendapatan bersih mencapai Rp397,46 miliar, atau naik 27,53% dari periode yang sama tahun 2023. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved