Strategy

NCS Ekspansi, Garap Pasar Pengiriman ke China, Hong Kong, Taiwan

Saat ini NCS telah memiliki lebih dari 150 kantor cabang, lebih dari 1.500 mitra agen dan lebih dari 200 armada mobil serta 1.800 kurir motor.

Indonesia mengalami perkembangan pesat dalam ekosistem bisnis online maupun UMKM. Hal ini berdampak positif bagi perkembangan bisnis jasa pengiriman atau logistik. Kondisi pasar global yang makin terbuka, juga memberikan peluang yang sangat besar bagi para pelaku bisnis untuk melakukan pengiriman barang ke luar negeri.

Kesempatan bisnis ini tidak disia-siakan oleh , PT Nusantara Card Semesta (NCS) seiring dengan strategi ekspansi yang tidak hanya terfokus di dalam negeri saja. “Hambatan geografis yang selama ini sering menjadi momok, bisa diatasi dengan memilih mitra terpercaya yang bisa diandalkan. Dan NCS ingin memanfaatkan peluang ini bersama para pelaku bisnis di Indonesia,” ujar Direktur Utama PT Nusantara Card Semesta, Reni Sitawati Siregar.

Apalagi, pemerintah juga sedang mendorong peningkatan angka aktivitas ekspor dari para pelaku UMKM. Sebagai tulang punggung ekonomi nasional, kontribusi UMKM terhadap ekspor secara keseluruhan masih rendah. Menurut data Kementerian Koperasi danUsaha Kecil Menengah (UKM), kontribusi UMKM terhadap ekspor nasional baru menyentuh15,7 persen pada tahun 2023 dan tahun ini ditargetkan bisa mencapai 17 persen. “Kami ingin mengambil peran penting dalam penyediaan layanan pengiriman internasional yang mumpuni dengan harga yang kompetitif,” jelas Reni.

Reni menambahkan dalam keterangan tertulis (5/9/2024), selama ini masalah klasik yang seringkali ditemui dalam pengiriman internasional, yakni ongkos kirim. “Tidak hanya pengirim perorangan, mahalnya biaya ongkir ini juga dikeluhkan oleh para pelaku UMKM, karena terkadang ongkos kirimnya bisa lebih mahal dari harga barang itu sendiri,” dia menambahkan.

Sebagai kado bagi para pelanggannya, NCS memberikan penawaran menarik untuk pengiriman barang ke tiga negara di Asia, yakni Tiongkok, Hong Kong dan Taiwan, berupa program ‘Diskon Ongkir hingga 45%’. “adi pelanggan NCS, utamanya ritel, tidak usah banyak berpikir. Mereka bisa langsung kirim barang keTiongkok, Hong Kong atau Taiwan, door to door, dengan harga ekonomis, mulai Rp114 ribu per kilogram. Promo ini bisa digunakan sampai 31 Desember 2024, oleh pelanggan perorangan dan UMKM,” Reni menguraikan.

Dipilihnya ketiga negara tersebut didasarkan beberapa pertimbangan, antara lain dari data BPS per Juni 2024, Tiongkok adalah salah satudari tiga negara tujuan ekspor nonmigas Indonesia terbesar, selain Amerika Serikat dan India. Sementara Hong Kong dan Taiwan, dari data BP2MI untuk periode Juli 2024 adalah dua negara dengan penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) terbesar, dengan lebih dari 15 ribu orang di sana, atau sekitar 70% dari seluruh penempatan.

Pangsa pasar yang besar ini diharapkan mampu menjadi salahsatupenggerak produktivitas ekspor Indonesia. “Dan bagi NCS, kami ikut bangga dapat berkontribusi secara nyata dalammengembangkanUMKM hingga ke pasar global,” ucap Reni.

Sebagai bagian dari komitmen untuk selalu memberikan solusi inovatif, pengiriman cepat, aman dan akurat, NCS tetap melayani pelanggan yang ingin melakukan pengiriman barang ke belahan dunia lainnya. Sejak didirikan tahun 1994, NCS dikenal sebagai perusahaan jasa pengiriman paket, barang, dan dokumen yang dengan konsep “The Best For Express”. Saat ini NCS telah memiliki lebih dari 150 kantor cabang, dan lebih dari 1.500 mitra agen yang tersebar di seluruh Indonesia, serta memiliki lebih dari 200 armada mobil dan 1.800 kurir motor. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved