Kolaborasi Blibli dengan Adrie Basuki dan Evan Hartono: Streetwear Peduli Lingkungan dan Hewan
PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung industri fashion lokal melalui kolaborasi terbaru dengan desainer tanah air, Adrie Basuki.
Dalam proyek ini, koleksi kapsul bertajuk PURE (Unconditional Love) resmi diluncurkan secara eksklusif di platform Blibli. Koleksi yang hadir dengan desain unik ini turut menampilkan karya seniman neurodiverse berbakat, Evan Hartono, yang menggambarkan ilustrasi playful bertema ‘Dogs’ pada streetwear dengan konsep modular fashion—sebuah inovasi di mana setiap item dapat dikenakan dalam beberapa gaya.
Mengusung inklusivitas dalam berkarya, koleksi PURE tak hanya memprioritaskan estetika, tetapi juga menerapkan prinsip keberlanjutan dan circular fashion, sejalan dengan tren global yang mengarah pada penggunaan material ramah lingkungan.
Data Kantar memperlihatkan bahwa material berkelanjutan kini menjadi sorotan dalam industri fashion dunia. Kehadiran koleksi ini juga diharapkan memperkuat ekosistem fashion lokal, yang berkontribusi sebesar 17,6% dari total nilai ekonomi kreatif Indonesia.
“Saya dan Evan ingin membuktikan bahwa keterbatasan hanya soal perspektif. Dengan ilustrasi Evan yang playful, kami mengangkat tema cinta antara pecinta hewan dan peliharaannya dalam koleksi PURE,” jelas Adrie Basuki.
Setiap item dalam koleksi ini menggabungkan kain perca dengan wastra tradisional Indonesia, seperti kain lurik dari Jepara, memberikan sentuhan lokal yang otentik. Selain itu, sebuah karpet unik hasil karya Evan juga dipamerkan, dengan sisa potongannya diolah kembali oleh Adrie menjadi kain marmer, menguatkan komitmen pada circular fashion.
Blibli, sebagai mitra e-commerce eksklusif, siap mendukung pemasaran koleksi ini mulai 6 September hingga 6 Desember 2024. Para pelanggan dapat menikmati berbagai keuntungan, mulai dari metode pembayaran yang fleksibel hingga cicilan 0% dan cashback.
Fransisca Krisantia Nugraha, Group Head of Groceries and Lifestyle Blibli, menyampaikan, “Blibli sangat bangga mendukung talenta lokal melalui kolaborasi ini. Kami percaya kolaborasi ini akan memberi dampak positif tidak hanya bagi industri fashion, tetapi juga komunitas serta dog shelter di Indonesia.” Sebagai bentuk kepedulian, 10% dari penjualan koleksi PURE akan didonasikan ke tempat penangkaran anjing di Jakarta dan sekitarnya. (*)