Ninja Xpress Melatih UKM Agar Go Ekspor!

Layanan Ninja International Deliveries. (dok. Ninja Xpress)

Ninja Xpress menyokong pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk memiliki kemampuan untuk melakukan penetrasi pasar, khususnya dukungan pengiriman ke luar negeri di wilayah Asia Tenggara melalui upaya pelatihan dan pemberdayaan UKM. Upaya ini sejalan dengan visi Pemerintah Indonesia untuk mendorong UKM agar Go Ekspor, guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi menuju Visi Indonesia Emas 2045.

Ninja Xpress di awal tahun ini meluncurkan layanan International Deliveries untuk memudahkan UKM mengekspor produknya. Pada layanan ini, UKM bisa dengan mudah melakukan pengiriman barang keluar negeri, khususnya ke Singapura dan Malaysia secara end to end, mulai dari pengurusan dokumen sampai dengan penyediaan fasilitas cash on delivery (COD) lintas negara.

Peran vital yang dimainkan oleh UKM dalam perekonomian nasional tidak bisa diabaikan, Menurut Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, kinerja ekspor Indonesia di Mei tahun ini mencatat hasil positif dengan total mencapai US$22,33 miliar, mengalami peningkatan sebesar 13,82% secara month-to-month dan 2,8% secara tahunan Berdasarkan data dari The Observatory of Economic Complexity tahun 2022, Indonesia menempati peringkat keenam sebagai negara pemasok barang impor ke Singapura dan Malaysia, dengan pangsa pasar mencapai 3-5%.

Perihal potensi ekspor produk UKM Indonesia, Yogia Prihartiny, Kepala Bidang Kemitraan UKM Kementerian Koperasi dan UKM, menyampaikan data ASEAN Investment Report tahun 2022 menyebutkan Indonesia masih menempati peringkat ke-6 dari 10 negara di Asia Tenggara dalam kontribusi UKM terhadap ekspor dengan persentase 14,4% masih tertinggal dari Singapura, Thailand, dan Myanmar padahal jumlah UKM kita menjadi terbesar di Asia Tenggara.

Hal tersebut menunjukkan masih kurang primanya performa ekspor produk UKM Indonesia yang dapat disebabkan masih rendahnya pemahaman pelaku UKM terkait ekspor, pasar internasional, dan terbatasnya akses layanan ekspor itu sendiri, sehingga adanya pelatihan dan penyediaan akses layanan pengiriman logistik ke luar negeri sangat diperlukan.

Melihat peluang dan tantangan tersebut, Ninja Xpress mendukung UKM untuk Go Ekspor, salah satunya adalah pelatihan pemasaran produk ekspor keluar negeri. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 250 UKM dari berbagai kota di Indonesia dan beberapa perusahaan pendukung seperti Meta Indonesia dan Lincah.id.

Dalam pelatihan tersebut, beberapa langkah kunci diidentifikasi sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman tentang potensi ekspor, yang mencakup pemahaman, tata cara ekspor di berbagai negara, peningkatan kualitas produk agar dapat bersaing di pasar internasional, serta adaptasi digital dan promosi lintas negara.

Tidak hanya fokus pada peningkatan kapasitas digital, Ninja Xpress juga menekankan pentingnya memahami aspek logistik dalam pengiriman ke luar negeri guna mendukung tercapainya target ekspor produk UKM Indonesia yang diharapkan mencapai 17% pada tahun 2024.

"Pengaturan logistik untuk pengiriman internasional merupakan tantangan tersendiri bagi UKM. Oleh karena itu, Ninja Xpress tidak hanya menyediakan layanan pendukung pengiriman lintas negara melalui Ninja International Deliveries, tetapi juga menyediakan pelatihan berkelanjutan tentang tata cara ekspor produk UKM,” kata Andi Djoewarsa, Chief of Marketing Ninja Xpress di Jakarta, Senin (9/9/2024).

Ninja International Deliveries menyediakan berbagai fasilitas yang memudahkan pelaku UKM dalam melakukan ekspor, termasuk dukungan pengurusan dokumen dan layanan COD lintas negara. (*)

# Tag