Trends

Inovasi Cold Brew: Senjata Djournal Coffee dalam Persaingan Caffeine War

Djournal terus berinovasi agar tetap di garis depan persaingan (Dok. Djournal)

Dalam satu dekade terakahir, "Caffeine War" berjalan keras di Indonesia. "Caffeine War" adalah istilah yang merujuk pada persaingan ketat di industri kopi yang semakin intensif dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen terhadap kopi berkualitas tinggi.

Fenomena ini melibatkan berbagai pemain, mulai dari kedai kopi lokal, jaringan kopi internasional, hingga produsen kopi instan yang terus berlomba-lomba menghadirkan produk kopi inovatif, beragam varian, serta pengalaman minum kopi yang unik.

Di tengah persaingan "caffeine war" yang ketat, Djournal Coffee, bagian dari Ismaya Group, kembali mengandalkan inovasi. Yang terbaru, mereka meluncurkan rangkaian produk baru, Cold Brew Sensation.

Menghadirkan empat varian rasa unik yang dibuat dengan biji kopi premium dari Enrekang, Sulawesi Selatan, Djournal Coffee mempertegas posisinya sebagai salah satu pelopor dalam kancah kopi lokal. Melalui inovasi ini, Djournal Coffee berusaha memenuhi permintaan yang semakin meningkat untuk pilihan kopi yang halus, kaya rasa, dan tidak terlalu pahit, sesuai dengan selera masyarakat Indonesia yang semakin beragam.

Cold brew adalah metode penyeduhan kopi yang menggunakan air dingin atau suhu ruang, di mana biji kopi yang sudah digiling direndam dalam air selama jangka waktu yang cukup lama, biasanya antara 12 hingga 24 jam. Tidak seperti kopi yang diseduh dengan air panas, cold brew mengandalkan waktu, bukan panas, untuk mengekstrak rasa dari biji kopi.

Proses ini menghasilkan minuman kopi yang lebih halus, lebih manis, dan memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah dibandingkan kopi yang diseduh secara tradisional, dan sangat cocok untuk dikonsumsi di iklim tropis seperti Indonesia. Ini adalah salah satu keunggulan utama yang dihadirkan Djournal Coffee, memberikan pengalaman baru bagi pecinta kopi.

Dalam inovasi ini, rantainya dimulai di hulu. Perjalanan cold brew Djournal Coffee dimulai dari pemilihan biji kopi unggulan dari Enrekang, Sulawesi Selatan. Daerah ini dikenal memiliki kopi dengan karakter rasa yang unik, yang ketika diproses melalui metode slow-steeping selama 16 jam, menghasilkan cold brew dengan kehalusan dan kedalaman rasa yang oke punya.

Dalam seri Cold Brew Sensation ini, Djournal Coffee menghadirkan empat varian rasa. Empat varian tersebut antara lain: Djournal Mont Blanc, perpaduan kopi cold brew dengan krim infus madu, kulit jeruk segar, dan kayu manis, menciptakan minuman yang seimbang antara rasa kuat kopi dan kelembutan krim.

Lalu, Orange Cold Brew menawarkan kombinasi rasa citrusy dari jeruk Sunkist. Kemudian Jasmine Cold Brew memadukan aroma bunga melati dengan cold brew yang halus. Terakhir, Caramel Cream Cold Brew, dengan campuran cold brew sparkling, krim butterscotch, dan swirl karamel yang manis.

“Di Djournal Coffee, kami percaya pada pentingnya inovasi dan terus menghadirkan pengalaman kopi yang baru bagi pelanggan kami,” ujar Cendyarani, Presiden Direktur Ismaya Group.

Lebih dari sekadar peluncuran produk baru, Cold Brew Sensation adalah bagian dari strategi Djournal Coffee untuk terus memimpin dalam inovasi kopi di Indonesia. Dengan inovasi yang terus diperbarui, Djournal Coffee ingin tetap berada di garis depan dengan terus menghadirkan produk-produk inovatif. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved