Industri Coating Kian Semarak, 230 Brand Coating dari 15 Negara Menonjolkan Inovasi
Sebanyak 230 brand coating dari 15 negara menyuguhkan inovasi serta kerjasama bisnis antar produsen, pemasok bahan baku, distributor, para ahli kimia, SDM formulasi hingga teknisi spesialis di ajang Asia Pacific Coatings Show di Jakarta Convention Center (JCC) pada 11-13 September 2024. PT Mata Pelangi Chemindo (Matapel Chemicals), misalnya, menyodorkan beragam produk coating (pelapis) yang diperoleh dari inovasi.
Handri Gunadi, Presiden Direktur Matapel Chemicals, menyampaikan apresiasinya terhadap industri coating yang bertumbuh pesat di Indonesia dan penyelenggaraan Asia Pacific Coatings Show tahun ini. "Kegiatan ini selalu menjadi tempat kami untuk memperkenalkan produk baru kami dan untuk bertemu dengan pelanggan lama serta calon pelanggan baru untuk memperkenalkan produk Matapel terbaru," ujar Handri pada siaran pers di Jakarta, Rabu (11/9/2024) kemarin
Perusahaan dari Indonesia yang beroperasi sejak 1982 itu turut serta dalam pameran ini dengan memperkenalkan kembali beberapa produk inovasi terbaru dari lini produksi Matapel Chemicals, yaitu Matacide dan Matacare yang merupakan merek Biocide non-Eropa pertama yang diproduksi sendiri oleh Matapel yang memiliki aplikasi yang sangat luas baik untuk produk industri, pertanian, hingga untuk personal care. Tujuan dari Biocide ini adalah untuk memberikan perlindungan dan manfaat lebih bagi setiap pelanggan dengan harga terjangkau.
Matapel Chemicals, yang memiliki dan mengelola jenama Matapel, menyodorkan Transparent Oxide (TO) sebagai coating yang diaplikasikan di di kayu maupun di besi untuk industri otomotif. Produk ini diklaimmemberikan hasil kilap yang sangat baik dan halus sebagai hasil akhir dan dengan durabilitas yang lama.
Berikutnya, Uniflo sebagai produk pewarna universal yang cocok digunakan untuk semua aplikasi produk dan dapat digunakan dalam aplikasi POS (Point-of-Sales Tinting) dan berbagai sistem pewarnaan di dalam pabrik. Matapel memiliki tujuan utama yaitu menjadi toko serba ada (all in store) kepada konsumen. Perusahaan ini menawarkan cara yang aman dan nyaman untuk memesan seluruh kebutuhan pelanggan.
Asia Pacific Coatings Show di tahun ini merupakan ajang yang keempat kalinya terselenggara. Sebelumnya, acara ini merupakan pameran coating yang menjembatani para pelaku usaha dari berbagai negara Asia Pasifik dan para pengunjung dari dalam negeri hingga luar negeri.
Pameran yang digelar selama tiga hari itu menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan khusus yang dapat disaksikan oleh peserta, seperti Asia Pacific Coatings Conference, Business Presentations Hub, dan Colour Mixology Competition yang digelar perdana.Para peserta berkesempatan untuk mengelaborasi lebih lanjut tren industri coating , sharing knowledge, dan mempererat relasi bisnis yang berkelanjutan. (*)