Salurkan Rp1 Triliun untuk UMKM: Grab Cetak 2,3 Juta Lapangan Kerja
Grab berkomitmen mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. Terhitung sejak tahun 2020, para UMKM yang tergabung dalam GrabMerchant telah berhasil mendorong terciptanya sekitar 2,3 juta kesempatan kerja melalui digitalisasi di platform Grab.
Grab juga telah menyalurkan lebih dari Rp1 triliun dengan pinjaman modal usaha untuk UMKM melalui GrabModal Mantul dan OVO Modal Usaha untuk mendukung lebih dari 25.000 UMKM sejak tahun 2020.
Dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional 2024, Grab bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) menyelenggarakan acara bertajuk Percaya UMKM Indonesia, yang menjadi ajang berkumpul dan berbagi kisah inspiratif untuk para Mitra Merchant Grab.
Acara ini juga sekaligus merayakan lima tahun kesuksesan kolaborasi Grab dengan Kemenkop UKM dalam memberdayakan UMKM Indonesia. Kemitraan ini turut mendorong digitalisasi bisnis dan menciptakan peluang ekonomi yang signifikan.
Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, mengapresiasi Grab yang telah menunjukkan komitmen yang kuat untuk membantu para UMKM, “Berkat kolaborasi dengan Grab, kita berhasil membantu banyak UMKM beradaptasi dengan era digital, terutama pada masa pandemi. Saat itu menjadi momentum yang krusial bagi kita dalam mengakselerasi UMKM untuk go digital, mengingat kala itu banyak pelaku UMKM yang masih asing dengan platform online,” ujar Teten seperti dikutip, Kamis (12/9/2024).
Neneng Goenadi, Country Managing Director, Grab Indonesia, menjabarkan Grab dan Kemenkop UKM sejak 2020 telah menjalin kemitraan strategis guna mendukung perluasan digitalisasi dan peluang ekonomi bagi UMKM di Indonesia. Kemitraan ini telah berhasil menciptakan sekitar 2,3 juta kesempatan kerja melalui para UMKM yang tergabung di GrabMerchant.
"Selain itu, bantuan pinjaman modal sebesar lebih dari Rp1 triliun telah disalurkan melalui GrabModal Mantul dan Ovo Modal Usaha kepada lebih dari 25.000 UMKM. Berbagai program telah kita laksanakan bersama, yang berfokus pada edukasi dan literasi, membantu UMKM untuk dapat langsung berjualan di platform digital yang aman sehingga bisa menjangkau konsumen dengan lebih mudah, cepat, dan luas,” ujar Neneng menjelaskan.
Utami Ichda Ramadhanty, Director Rendang Restu Mande sebagai salah satu Mitra GrabFood mengatakan pihaknya melakukan transformasi digital pada masa pandemi dengan mengaktifkan berbagai platform, terutama Grab yang kami nilai paling potensial.
Berkat langkah ini, Rendang Restu Mande berhasil meningkatkan omset sebesar 310% dibandingkan dengan omzet tahun sebelum pandemi Covid-19. (*)
.