Serangkaian Inisiatif Keberlanjutan Samsonite untuk Para Traveller
Brand koper global, Samsonite, terus memberikan definisi baru dalam kenyamanan bepergian melalui solusi bagasi yang inovatif dan stylish. Kali ini, kembali hadir dengan kampanye keberlanjutan, Luggage Trade-in.
Program signature tahunan yang mengedukasi para traveller akan mudahnya berpartisipasi dalam misi sustainability ini memungkinkan konsumen untuk menukar koper preloved mereka dan mendapatkan diskon hingga 40% untuk lini produk pilihan Samsonite.
Selain itu, tahun ini Samsonite Indonesia juga bekerja sama dengan beberapa mitra seperti FFFAAARRR (badan arsitektur), Sone Acoustics (konsultan desain akustik), serta NGO untuk serangkaian inisiatif keberlanjutan.
Sudah dimulai sejak 4 September dan akan terus berlangsung hingga 13 Oktober 2024, konsumen dapat berpartisipasi dalam program trade-in Samsonite. Pelanggan dapat menukarkan koper preloved mereka - ukuran, merek, dan kondisi apapun.
Adapun produk Samsonite yang bisa ditukarkan adalah Enow, Interlace, Lite Frame dan Maagnum Eco. Program ini tersedia secara nasional di seluruh gerai Samsonite Indonesia, department store, online dan berbagai marketplaces.
Nadya Pertiwi, Country Head PT Samsonite Indonesia, mengungkapkan bahwa program Luggage Trade-in merupakan salah satu langkah nyata dalam bidang keberlanjutan. “Program trade-in Samsonite bermitra dengan FFFAAAR dan Sone Acoustics untuk memberikan second life bagi koper preloved guna membangun panel peredam kebisingan untuk sekolah. Kami juga berdonasi untuk membuat penghalang sampah bagi sungai-sungai di Bali,” ungkapnya (14/9/2024).
Dikutip dari hasil riset yang dilakukan oleh peneliti di London, Inggris melalui situs Sciencedirect yang mengungkapkan bahwa dampak selisih rata-rata skor tes membaca murid-murid yang lebih rendah di kelas yang bising dengan polusi suara jika dibandingkan dengan kelas yang tenang.
Selain itu, orang yang sering terpapar polusi suara berdesibel tinggi (75-85 dB) beresiko tinggi mengalami gangguan pendengaran dalam jangka panjang. Oleh karena itu, Samsonite Indonesia bertekad untuk untuk mulai cari solusi dengan bangun panel peredam bising dari koper preloved. Panel ini akan dipasang di SDN Kamal 09 Pagi, Jakarta Barat.
“Kami antusias berbagi misi yang serupa dengan Samsonite Indonesia. Ide ini tidak hanya kreatif, tetapi juga solutif dan valuable bagi sebuah komunitas, yaitu solusi pengelolaan limbah kreatif dan solusi positif bagi proses belajar generasi muda Indonesia,” ujar Andro Kaliandi, Co-Principal Architect FFFAAARRR.
Sone Acoustics sebagai partner dalam menciptakan desain akustik terbaik untuk keperluan pembelajaran yang lebih nyaman di SDN Kamal 09 Pagi, Jakarta Barat menambahkan, proses pencernaan informasi sungguh bergantung pada kualitas akustik di dalam sebuah ruangan.
“Kemitraan ini memberikan kami kesempatan untuk berkontribusi dengan memberikan expertise kami sebagai konsultan akustik audio terkemuka, sehingga panel peredam kebisingan ini bisa dimanfaatkan secara optimal oleh murid-murid di SDN Kamal 09 Pagi, Jakarta Barat,” kata Joey Setiadi, Founder & Engineer Sone Acoustics.
Pada Kuartal IV tahun 2024 identik dengan berbagai rencana liburan akhir tahun untuk merangkai memori baru bersama keluarga dan sahabat. Program trade-in ini juga berlaku di pop-up spesial di Pondok Indah Mall dan Mall Kelapa Gading selama 9-22 22 September 2024. Pop up ini, tidak hanya menyapa pengunjung saja tetapi pengunjung bisa merasakan pengalaman menggenggam koper Enow, Interlace, Lite Frame dan Magnum Eco. (*)