Marketing

Optimalkan Momen Mega Sales, TikTok Kenalkan Empat Persona Audiens

(ki-ka) Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing TikTok Indonesia, Yolanda Tuasela, E-Commerce Assistant Manager Herborist dan Hanssen Benjamin sebagai content creator. (foto: Jeihan Kahfi/SWA)

Pada akhir tahun, momen mega sales tanggal kembar seperti 9.9, 10.10, 11.11, dan 12.12 telah menjadi fenomena besar yang menarik perhatian konsumen dan brand di seluruh dunia. TikTok, sebagai salah satu platform media sosial yang kini menyajikan konten shoppertainment atau kombinasi antara konten hiburan dan aktivitas berbelanja memanfaatkan momentum ini untuk mendorong promosi dan penjualan dengan strategi yang cermat.

Riset terbaru dari Kantar Profile bersama TikTok di tahun 2024 yang menunjukan bahwa 90% konsumen TikTok telah berbelanja selama periode Mega Sales pada tahun 2023 lalu, dan diperkirakan setengah dari konsumen TikTok di Indonesia akan kembali berbelanja pada Mega Sales tahun ini.

Selaras dengan hasil riset konsumen oleh Accenture Song bersama TikTok di tahun 2023 yang mengungkapkan bahwa 60% pengguna TikTok secara aktif mencari konten untuk mendapatkan rekomendasi produk yang lebih baik. Hal ini menunjukkan bahwa konten memiliki peran lebih dari sekadar hiburan semata, tetapi juga mampu untuk dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

"Konsumen saat ini menganggap konten sebagai faktor penting dalam berbelanja, yang mempengaruhi kebiasaan dan keputusan pembelian mereka saat mencari tren dan inspirasi. Mereka tidak hanya tertarik dengan konten video yang menghibur tetapi juga dengan konten yang dapat membantu dalam keputusan pembelian. Di TikTok, konten-konten brand yang menawarkan konten informatif & otentik, promosi menarik, pengalaman belanja yang seamless akan lebih disukai oleh konsumen," jelas Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing TikTok Indonesia di Jakarta, Rabu (18/9/2024).

TikTok memperkenalkan beragam karakter atau persona konsumen berdasarkan kebiasaan dan perilaku mereka saat menikmati konten di TikTok. Dengan demikian, brand dapat menciptakan konten video yang kreatif dan relevan sesuai dengan setiap persona, sehingga pada akhirnya bisa menginspirasi jutaan konsumen TikTok di Indonesia dan memengaruhi keputusan belanja mereka.

Pertama adalah Bargain Hunters (pemburu diskon), persona yang tertarik pada diskon besar dan promo menarik lantaran 77% dari tipe ini akan langsung membeli atau memasukkan produk ke wishlist saat melihat penawaran menarik tersebut.

Kedua, Inspirational Hunters (pencari inspirasi), persona yang aktif mencari tren dan inspirasi. Sekitar 95% dari persona ini melakukan riset lebih lanjut sebelum memutuskan untuk membeli barang yang telah mereka temukan di TikTok.

Ketiga, Effortless Shoppers (pembeli praktis), menyukai kemudahan berbelanja tanpa harus berpindah aplikasi dengan data menunjukkan bahwa sebanyak 89% dari persona ini menikmati pengalaman belanja yang mulus di TikTok.

Dan keempat, Purposeful Shoppers (pembeli berdasarkan tujuan), persona ini mencari brand yang dinilai sejalan dengan prinsip pribadi mereka, di mana 95% dari mereka mencoba menemukan produk yang menarik dan sesuai dengan nilai mereka di TikTok.

Setelah memahami persona konsumen, brand dapat memanfaatkan ekosistem kreatif TikTok untuk membangun strategi pemasaran yang efektif dalam menyambut momen Mega Sales mendatang.

Sebagai contoh, Herborist, brand lokal dengan produk kecantikan yang mengandung ekstrak bahan alami untuk kecantikan tubuh, telah memanfaatkan ragam fitur kreatif dan solusi pengembangan bisnis di TikTok yang mampu menjangkau konsumen di setiap tahap perjalanan belanja mereka mulai dari penemuan produk, pertimbangan, munculnya niat beli, dan melakukan pembelian.

“Berbagai strategi di TikTok telah membantu kami dalam meningkatkan efektivitas promosi selama momen Big Sales dan Mega Sales. Seperti saat Ramadan kemarin, kami berhasil meningkatkan penjualan hingga 3,8% meskipun biaya iklan yang dibelanjakan lebih sedikit. Selain berdampak positif pada penjualan, kampanye lain di TikTok juga mampu memperluas jangkauan produk Herborist ke seluruh wilayah Indonesia,” ujar Yolanda Tuasela, E-Commerce Assistant Manager Herborist. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved